Sebetulnya aku bukan orang Lamongan asli. Aku pendatang disini. Sebelumnya aku tinggal di Surabaya dan kedua orang tuaku tinggal di Jakarta. Jangan ditanya soal jajanan di kedua kota besar itu, hampir di setiap belokan jalan pasti ada penjual jajanan yang enak-enak, tentu berbeda sekali dengan di Lamongan. Awal-awal ketika baru pindah ke Lamongan, aku sempat kaget juga, kotanya kecil dan sepiiiii.. hehehe

Eh tapi tak terasa, aku sudah lima belas tahun lhoo tinggal di Lamongan.. daan tentu saja sudah semakin banyak penjual jajanan di Lamongan. bahkan udah mirip di kota besar deh, karena sekarang hampir di setiap sudut kota dan perempatan jalan juga sudah banyak para penjual makanan..

Oya pasti bingung yaa baca judul tulisanku, ada kata MEGILAN hehehe.. Megilan digunakan oleh orang Lamongan untuk menekankan atau menyangatkan suatu kata, misalnya kita mau bilang JAJAN ITU ENAK SEKALI maka orang Lamongan bisa mengatakan Jajan e enake Megilan.  Megilan bisa juga digunakan untuk menggantikan kata hebat atau keren. Ketika orang Jakarta kagum terhadap sesuatu, lalu bilang Gileee Beeneerr maka orang Lamongan akan mengatakan MEGILAN TENAN.. hehehehe.. Selengkapnya tentang arti kata Megilan bisa dibaca disini

Baiklah, sekarang saya mulai cerita tentang lima jajanan yang paling megilan di Lamongan, yang paling enaak dan paling lariiissss...

     1. Tahu sumedang dan Pisang Kipas



 Jangan heran yaa.. tahu sumedang juga sampai Lamongan lhoo.. rasanya juga seperti tahu Sumedang biasanya, gurih dan lembut tekstur tahunya, tidak sama dengan tahu di Lamongan pada umumnya. Tahunya dimakan bersama saus petis yang membuat rasanya semakin megilan enaknya.
Pisang Kipas itu pisang yang dipotong dan dibentuk seperti kipas lalu diberi tepung dan digoreng. Jadi kalau mau datang ke tempat penjual tahu sumedang ini kita bisa mendapatkan dua jajanan dengan dua rasa yang berbeda yaitu tahunya yang gurih dan pisangnya yang manis.
Penjual tahu sumedang ini biasa mangkal di pojokan perempatan jalan Andanwangi Lamongan. Bukanya siang hari mulai jam 12 atau sehabis dhuhur sampai malam. Tetapi kalau sore sudah habis ya langsung tutup. Harga tahunya ini murah sekali cuma Rp. 500,- sedangkan harga pisangnya Rp. 1000,-, memang besaran pisangnya sih.. hehehe..


    2. Gorengan



Maksudnya gorengan disini adalah segala macam jajan yang dibalut tepung kemudian digoreng. Misalnya: pisang goreng, ubi goreng, tape goreng, tempe goreng, dadar jagung (bakwan jagung), bakwan (bala-bala), tahu isi dan masih banyak lagi. Makannya sendiri dilengkapi dengan cabe rawit dan saus petis. Tempat mangkalnya yang strategis yaitu di jalan Sunan Drajat di depan apotik Praja membuat gorengan ini laris manis. Kadang belum selesai penjualnya menggoreng, yang beli sudah mengantri. Selain rasanya enak, harganya yang murah cuma lima ratus rupiah membuatnya banyak disukai. Apalagi bukanya cuma sore hari sekitar pukul 15.30 setelah sholat Ashar membuat para pembeli sudah tak sabar menanti.


     3. Onde-onde mini dan pisang molen





Onde-onde mini adalah onde-onde tetapi dalam bentuk kecil, isinya juga sama yaitu kacang hijau. Hanya bentuknya saja yang kecil. Sedangkan pisang moleh adalah pisang yang dibalut dengan kulit semacam kulit lumpia kemudian digoreng. Bentuknya yang imut dan rasanya yang enak membuat jajanan ini selalu laris manis. Apalagi lokasinya berada di perempatan di depan pasar tingkat dan alun-alun Lamongan, persis di samping Pos Polisi, benar-benar strategis. Harganya perbutirnya juga murah, hanya Rp.200,- sehingga terjangkau semua kalangan.


   4.  Donat



Mungkin donat sudah menjadi makanan yang tidak asing lagi. Semua kalangan menyukainya, baik anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Di Lamongan ada toko roti dan bakery terkenal bernama Lily yang sangat laris manis dan melegenda. Baru-baru ini Lily membuka Dapur Roti yang menjual khusus Donat dengan beraneka warna dan bermacam-macam toping. Donatnya ada yang besar ada pula yang kecil. Booth tempat berjualan donat ini ada tepat di samping Lily Bakery, yaitu di Jl. Sunan Drajat 54 Lamongan. Tokonya mulai buka pukul 10.00 sampai pukul 21.00.Dandanan pegawainya yang lucu tapi modis membuat daya tarik tersendiri bagi para pembeli. Belum lagi pernak pernik boothnya yang diatur sedemikian keren dan memukau, seperti gambar badut, aneka balon dll membuat anak kecil yang lewat pasti minta mampir. Menurut saya Lamongan menjadi semakin megilan karena mempunyai stand donat ini hehehe..


   5. Marmut



Aih ini bukan marmut temannya kelinci lho yaa.. Marmut ini singkatan dari MARtabak iMUT hehehe.. yaitu martabak manis atau di Lamongan biasa dikenal dengan terang bulan tetapi dicetak dalam bentuk kecil-kecil makanya disebut Imut. Rasanya yang beraneka macam membuat banyak pembeli tergoda, apalagi ini tergolong jenis jajanan baru di Lamongan. So hampir setiap saat ramai sekali pembelinya. Harganya juga murah, dengan uang lima ribu rupiah kita bisa mendapatkan tiga marmut yang yummy. Penjual marmut banyak kita jumpai di Lamongan, ada yang di depan indomaret di Jl. veteran ada juga yang di dekat alun-alun. Jam bukanya cukup lama, yaitu siang sekitar jam 14 sampai larut malam.


Demikianlah lima jajanan yang menurut saya paling megilan di Lamongan, baik dari segi rasa, harga dan kualitasnya. Nggak percaya?? Ayo silahkan mampir ke kota saya hehehe..


 Tulisan ini diikutsertakan dalam Advencious dan JengSri First Giveaway




LIMA JAJANAN PALING MEGILAN DI LAMONGAN

Sebetulnya aku bukan orang Lamongan asli. Aku pendatang disini. Sebelumnya aku tinggal di Surabaya dan kedua orang tuaku tinggal di Jakarta. Jangan ditanya soal jajanan di kedua kota besar itu, hampir di setiap belokan jalan pasti ada penjual jajanan yang enak-enak, tentu berbeda sekali dengan di Lamongan. Awal-awal ketika baru pindah ke Lamongan, aku sempat kaget juga, kotanya kecil dan sepiiiii.. hehehe

Eh tapi tak terasa, aku sudah lima belas tahun lhoo tinggal di Lamongan.. daan tentu saja sudah semakin banyak penjual jajanan di Lamongan. bahkan udah mirip di kota besar deh, karena sekarang hampir di setiap sudut kota dan perempatan jalan juga sudah banyak para penjual makanan..

Oya pasti bingung yaa baca judul tulisanku, ada kata MEGILAN hehehe.. Megilan digunakan oleh orang Lamongan untuk menekankan atau menyangatkan suatu kata, misalnya kita mau bilang JAJAN ITU ENAK SEKALI maka orang Lamongan bisa mengatakan Jajan e enake Megilan.  Megilan bisa juga digunakan untuk menggantikan kata hebat atau keren. Ketika orang Jakarta kagum terhadap sesuatu, lalu bilang Gileee Beeneerr maka orang Lamongan akan mengatakan MEGILAN TENAN.. hehehehe.. Selengkapnya tentang arti kata Megilan bisa dibaca disini

Baiklah, sekarang saya mulai cerita tentang lima jajanan yang paling megilan di Lamongan, yang paling enaak dan paling lariiissss...

     1. Tahu sumedang dan Pisang Kipas



 Jangan heran yaa.. tahu sumedang juga sampai Lamongan lhoo.. rasanya juga seperti tahu Sumedang biasanya, gurih dan lembut tekstur tahunya, tidak sama dengan tahu di Lamongan pada umumnya. Tahunya dimakan bersama saus petis yang membuat rasanya semakin megilan enaknya.
Pisang Kipas itu pisang yang dipotong dan dibentuk seperti kipas lalu diberi tepung dan digoreng. Jadi kalau mau datang ke tempat penjual tahu sumedang ini kita bisa mendapatkan dua jajanan dengan dua rasa yang berbeda yaitu tahunya yang gurih dan pisangnya yang manis.
Penjual tahu sumedang ini biasa mangkal di pojokan perempatan jalan Andanwangi Lamongan. Bukanya siang hari mulai jam 12 atau sehabis dhuhur sampai malam. Tetapi kalau sore sudah habis ya langsung tutup. Harga tahunya ini murah sekali cuma Rp. 500,- sedangkan harga pisangnya Rp. 1000,-, memang besaran pisangnya sih.. hehehe..


    2. Gorengan



Maksudnya gorengan disini adalah segala macam jajan yang dibalut tepung kemudian digoreng. Misalnya: pisang goreng, ubi goreng, tape goreng, tempe goreng, dadar jagung (bakwan jagung), bakwan (bala-bala), tahu isi dan masih banyak lagi. Makannya sendiri dilengkapi dengan cabe rawit dan saus petis. Tempat mangkalnya yang strategis yaitu di jalan Sunan Drajat di depan apotik Praja membuat gorengan ini laris manis. Kadang belum selesai penjualnya menggoreng, yang beli sudah mengantri. Selain rasanya enak, harganya yang murah cuma lima ratus rupiah membuatnya banyak disukai. Apalagi bukanya cuma sore hari sekitar pukul 15.30 setelah sholat Ashar membuat para pembeli sudah tak sabar menanti.


     3. Onde-onde mini dan pisang molen





Onde-onde mini adalah onde-onde tetapi dalam bentuk kecil, isinya juga sama yaitu kacang hijau. Hanya bentuknya saja yang kecil. Sedangkan pisang moleh adalah pisang yang dibalut dengan kulit semacam kulit lumpia kemudian digoreng. Bentuknya yang imut dan rasanya yang enak membuat jajanan ini selalu laris manis. Apalagi lokasinya berada di perempatan di depan pasar tingkat dan alun-alun Lamongan, persis di samping Pos Polisi, benar-benar strategis. Harganya perbutirnya juga murah, hanya Rp.200,- sehingga terjangkau semua kalangan.


   4.  Donat



Mungkin donat sudah menjadi makanan yang tidak asing lagi. Semua kalangan menyukainya, baik anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Di Lamongan ada toko roti dan bakery terkenal bernama Lily yang sangat laris manis dan melegenda. Baru-baru ini Lily membuka Dapur Roti yang menjual khusus Donat dengan beraneka warna dan bermacam-macam toping. Donatnya ada yang besar ada pula yang kecil. Booth tempat berjualan donat ini ada tepat di samping Lily Bakery, yaitu di Jl. Sunan Drajat 54 Lamongan. Tokonya mulai buka pukul 10.00 sampai pukul 21.00.Dandanan pegawainya yang lucu tapi modis membuat daya tarik tersendiri bagi para pembeli. Belum lagi pernak pernik boothnya yang diatur sedemikian keren dan memukau, seperti gambar badut, aneka balon dll membuat anak kecil yang lewat pasti minta mampir. Menurut saya Lamongan menjadi semakin megilan karena mempunyai stand donat ini hehehe..


   5. Marmut



Aih ini bukan marmut temannya kelinci lho yaa.. Marmut ini singkatan dari MARtabak iMUT hehehe.. yaitu martabak manis atau di Lamongan biasa dikenal dengan terang bulan tetapi dicetak dalam bentuk kecil-kecil makanya disebut Imut. Rasanya yang beraneka macam membuat banyak pembeli tergoda, apalagi ini tergolong jenis jajanan baru di Lamongan. So hampir setiap saat ramai sekali pembelinya. Harganya juga murah, dengan uang lima ribu rupiah kita bisa mendapatkan tiga marmut yang yummy. Penjual marmut banyak kita jumpai di Lamongan, ada yang di depan indomaret di Jl. veteran ada juga yang di dekat alun-alun. Jam bukanya cukup lama, yaitu siang sekitar jam 14 sampai larut malam.


Demikianlah lima jajanan yang menurut saya paling megilan di Lamongan, baik dari segi rasa, harga dan kualitasnya. Nggak percaya?? Ayo silahkan mampir ke kota saya hehehe..


 Tulisan ini diikutsertakan dalam Advencious dan JengSri First Giveaway




25 komentar:

  1. Ini ceritanya ikut GA mepet2 DL ya mba? Hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa sayaaang, aku ini dateliner wkwkwk...

      Hapus
  2. Ini ceritanya ikut GA mepet2 DL ya mba? Hiks..

    BalasHapus
  3. Mba yang donatnya Lily kecil2 itu belum buka cabang di tempat lain ya? He..he..di Tuban masih bakery spt itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kayaknya belum deh mbak.. namanya dapur roti koq, mgkn anak buahnya Lily.. hihihi.. makasih udah bw yaa..

      Hapus
  4. Enak semuaaa.... Belikaaaan, Mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ke Lamongaaan yantiii pasti kubelikaan hehehe..

      Hapus
  5. Balasan
    1. hahaahhaa abis baca langsung lapar yaa..

      Hapus
  6. semoga menang. kalo menang harus ngirimi jajanan seng megilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiinnn bereess mbaak, tak uncalno nang Alhikmah langsung yaaa..

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. oalah.. aku kirain Megilan dalam artian Nggilani :D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaaaha lak yoo gak enak nek nggilaniii wkwwkwkk

      Hapus
  9. Waah marmut itu awalnya kukira daging kelinci hihihi... semuanya bikin ngiler deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iyaa samaan namanya.. ayo main ke lamongan dikkk..

      Hapus
  10. Donat ama martabaknya lucuu, warna warni

    BalasHapus
  11. Selain soto, banyak juga jajanan megilan, ya, di sana.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes of course... ayo main ke lamongan...

      Hapus
  12. Ada lagi .....dawet ental (siwalan) uenake puooolll.

    BalasHapus
  13. Ini liputan tentang dawet bathil
    http://surabaya.tribunnews.com/2015/09/18/digoyang-kenyalnya-es-dawet-bathil-bu-yana

    BalasHapus
  14. Aduh rombong tahuku ada di blog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa benarkaahh itu rombongmuu???

      Hapus