Langsung ke konten utama

GIIAS 2017: PERTAMINA PASTI PRIMA


GIIAS Hadir lagi di Surabaya

GAIKINDO Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) datang lagi di Surabaya, dengan lokasi yang masih sama yaitu di Grandcity convex.Pertamina sebagai partner utama GIIAS kali ini membuka satu booth pameran dengan tiga kegiatan yang merupakan produk unggulan Pertamina.
Ada rangkaian talkshow yang berbeda setiap harinya, yaitu mengenai SPBU Talk yang diadakan pada hari Kamis, kemudian gasoline Talk pada hari Jum'at dan Diesel talk pada hari Sabtu kemarin.

Saya bersama blogger Surabaya lainnya berkesempatan mengikuti SPBU talk  yang membahas tentang Slogan Pertamina PASTI PRIMA. Sejak tahun 2016, Pertamina telah meluncurkan PASTI PRIMA untuk menggantikan PASTI PAS yang dirasa sudah tidak up-to-date lagi. Memang belum semua SPBU menerapkan PASTI PRIMA ini, karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu antara lain:

1. Integrated energy offerings
Setiap SPBU Pasti PRIMA harus menyediakan berbagai macam bahan bakar, tidak hanya Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, DexLite, tetapi juga harus menyediakan ViGas dan Bright Gas yang lebih murah dan lebih ramah lingkungan. Selain itu juga harus menyediakan Oli syntetis fastron maupun Enduro. 

2. Non Fuel Retail
SPBU Pasti PRIMA juga harus mempunyai retail lain yang tidak berhubungan dengan bahan bakar saja, tujuannya bisa memudahkan para pengunjung dengan memenuhi semua kebutuhannya, seperti:
1. Convenience Store seperti Minimarket dan Apotik
    Bisa Alfamart, Bright Food and Drink, Apotik Century dll
2. Restoran/Cafe atau Quick Food
    Bisa McDonalds, KFC, Es Teler 77, ataupun Dunkin Donuts
3. ATM yang memudahkan pengunjung untuk mengambil uang tunai
4. Vehicle Care Services
   Ada pelayanan servis untuk kendaraan seperti Pertamina Enduro, Nitrogen, dan Car Care Center

3. Better Customer Service
Melayani pelanggan harus dengan ramah, smart dan cepat. 
Hal-hal yang harus dilakukan oleh para petugasnya antara lain pandulah kendaraan, ingatkan keamanannya, ketika membuka tanki tunjukkan kalau meterannya nol, tunjukkan hasil akhir, berikan struk dan sampaikan ucapan terima kasih serta doakan perjalanan mereka lancar. Diharapkan penerapan Pasti PRIMA ini bisa menghemat  waktu 12 detik.
Apabila ada keluhan, para petugas diharapkan bisa menyelesaikan dengan bijaksana, jangan lupa meminta maaf dan memberikan penjelasan yang tepat, apabila diperlukan bisa minta tolong kepada supervisor. 

4.Digital Engagement
Di era yang serba digital, Pertamina juga mempunyai aplikasi Pertamina GO. Yang menunya antara lain bisa untuk mengetahui harga-harga seluruh produk Pertamina, mencari lokasi SPBU terdekat,  untuk menulis catatan penting tentang kendaraan kita misalnya kapan harus mengganti oli juga untuk mendokumentasikan perjalanan kita, berita mengenai promo dan discount yang berlangsung di seluruh outlet, berita-berita terhangat dari pertamina juga mini game untuk hiburannya.

5. Ensuring Customer Loyalty
Pertamina mempunyai Kartu My Pertamina yang bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk memudahkan transaksi bagi para pelanggan setianya. Juga banyak bonus  yang diberikan apabila menggunakan kartu ini, antara lain : Point Reward, Promotion dan E-Vocher. 

Apabila sebuah SPBU sudah teruji Pasti PRIMA maka penampilan SPBUnya pun lain dengan SPBU Pasti PAS. Kalau Pasti PAS semua atribut didominasi warna merah maka pada SPBU Pasti PRIMA akan bernuansa biru. Petugasnya pun tidak lagi menggunakan baju berwarna merah, melainkan baju atasan abu-abu dan bawahan merah. Nah kalau kalian menjumpai SPBU seperti ciri-ciri diatas, berarti SPBU tersebut sudah layak menerapkan Pasti PRIMA. Diharapkan tidak lama lagi, semua SPBU sudah teruji Pasti PRIMA sehingga pelayanan Pertamina kepada para pelanggan diharapkan menjadi optimal karena tersedianya berbagai macam fasilitas pendukung tersebut.


Dalam acara GIIAS tersebut, Masyarakat juga bisa berkonsultasi mengenai BBM dan pelumas yang cocok untuk kendaraannya, sekaligus bisa membeli aneka produk Pertamina yang memang dijual disitu mulai voucher BBK, pelumas hingga Converter KIT untuk kendaraan bahan bakar vigas. Selain itu pengunjung juga bisa adu kepandaian menyetir dengan alat stimulator dalam Stimulator Challenge.


Tak ketinggalan ada outlet My Pertamina yang menjual beragam merchandise eksklusif Pertamina termasuk Kemeja Pertamax Turbo dengan branding Lamborghini. Buat yang suka selfi seperti saya, ada Social Box dimana pengunjung dapat mencetak foto secara gratis hanya dengan berfoto di sekitar Booth Pertamina dan mengunggahnya di Instagram dengan menyertakan hashtag #pertaminagiias2017sby. Bagi yang membawa anak, ada Kids Corner yang menyediakan berbagai macam permainan  dan aktivitas seru bagi anak-anak. Salah satunya adalah Lomba Mewarnai Apron Bright Gas. 

Di area Outdoor juga tidak kalah serunya, pengunjung bisa melakukan penggantian oli secara gratis dengan berbagai promo pelumas, bisa membeli tabung perdana ataupun melakukan penukaran Bright Gas dan juga bisa merasakan bagaimana mengemudi kendaraan yang menggunakan bahan bakar Vigas (test drive).

Selain dimanjakan dengan banyak fasilitas oleh Pertamina, pada pameran GIIAS kali ini juga ada pameran mobil dari berbagai macam brand ternama di dunia otomotif. Pengunjung bebas bertanya apa saja mulai perawatan sampai cara pembeliannya. Tentu tersedia banyak diskon dan potongan harga. Pengunjung bebas mencoba masuk dan menaiki mobil yang keren-keren tersebut, apalagi kalau cuma berfoto ria, sangat dibolehkan hehehe...Pokoknya seru deh acara GIIAS kali ini, yang belum berkesempatan melihat, buruan kesana, hari ini hari terakhir lhooo..


Komentar

  1. Acara yang sangat berkesan ini. :D Semoga ada lagi tahun depan

    BalasHapus
  2. Di Surabaya, ya? Kapan ya ada di kotaku?

    BalasHapus

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment!

Postingan populer dari blog ini

LIMA JAJANAN PALING MEGILAN DI LAMONGAN

Sebetulnya aku bukan orang Lamongan asli. Aku pendatang disini. Sebelumnya aku tinggal di Surabaya dan kedua orang tuaku tinggal di Jakarta. Jangan ditanya soal jajanan di kedua kota besar itu, hampir di setiap belokan jalan pasti ada penjual jajanan yang enak-enak, tentu berbeda sekali dengan di Lamongan. Awal-awal ketika baru pindah ke Lamongan, aku sempat kaget juga, kotanya kecil dan sepiiiii.. hehehe
Eh tapi tak terasa, aku sudah lima belas tahun lhoo tinggal di Lamongan.. daan tentu saja sudah semakin banyak penjual jajanan di Lamongan. bahkan udah mirip di kota besar deh, karena sekarang hampir di setiap sudut kota dan perempatan jalan juga sudah banyak para penjual makanan..
Oya pasti bingung yaa baca judul tulisanku, ada kata MEGILAN hehehe.. Megilan digunakan oleh orang Lamongan untuk menekankan atau menyangatkan suatu kata, misalnya kita mau bilang JAJAN ITU ENAK SEKALI maka orang Lamongan bisa mengatakan Jajan e enake Megilan.  Megilan bisa juga digunakan untuk menggantik…

MEGILAN itu Gileee Beneeerrrrr...

Sebagai pendatang di Lamongan, saya sempat heran ketika pertama kali mendengar kata MEGILAN.     Tentu saja kita tidak bisa menjumpainya di Kamus Besar Bahasa Indonesia hehehe karena kata MEGILAN ini adalah dialek bahasa di Lamongan yang berarti bukan termasuk kosa kata bahasa Indonesia. Baiklah saya akan menconba menjelaskan apakah arti kata Megilan ini dan bagaimana menggunakannya dalam kalimat.      Biasanya untuk menekankan atau menyangatkan sesuatu,  menggunakan kata SEKALI atau SANGAT atau kadang-kadang BANGET. Misalnya kita akan mengatakan bahwa jarak antara rumah dan sekolah anak itu jauh, begitu jauhnya sehingga kita menggambarkannya dengan mengatakan: 
      Rumahnya jauh SEKALI  atau       Rumahnya SANGAT jauh atau       Rumahnya jauh BANGET       Nah orang Lamongan akan mengatakannya menggunakan kata MEGILAN, menjadi : Omahe adohe MEGILAN..      ( Omah = Rumah, Adoh = Jauh)      Contoh lain : 1.    Masakannya enak sekali = Masakan e enake megilan 2.    Anak perempuan it…