Langsung ke konten utama

Yang Muda Yang Berkarya bersama Bank Mandiri



Aku bersama salah satu finalis yang memproduksi kaca mata dari kayu 

Sangat beruntung sekali aku, berkesempatan untuk  bertemu dengan para finalis Wira Usaha Muda Mandiri 2018  di Mall Olympic Garden Malang yang digelar kemarin tanggal 6 September sampai tanggal 9 September 2018. Sekitar sembilan puluh pemuda dari berbagai daerah di Indonesia menampilkan karya-karya inovasi mereka dengan merek lokal yang sangat membanggakan. Acara ini diadakan oleh Bank Mandiri yang memang selalu mendorong pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) binaan untuk meningkatkan penetrasi pasar melalui kegiatan sosialisasi produk.


Sejumlah produk kreatif dan inovatif bernuansa milenial ditawarkan kepada pengunjung, seperti Cokelat Klasik (produksi wirausaha muda asal Malang), sepatu pria merek Men’s Republic (Juara WMM kategori kreatif 2015) dan Tenun Samarinda Aemtobe. 

Vice President Bank Mandiri Theresia Pratiwi Hastari mengatakan, penyelenggaraan WMM Expo 2018 ini merupakan rangkaian acara Penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2018, dimana perseroan akan memberikan apresiasi kepada mahasiswa dan alumni yang telah merintis usaha serta mampu memberikan nilai tambah kepada masyarakat. “Melalui WMM Expo ini, Bank Mandiri ingin menunjukkan komitmen dalam upaya penciptaan pelaku usaha muda yang kreatif, mampu bersaing serta dapat menciptakan lapangan kerja baru melalui program yang komprehensif, mulai dari penjaringan pelaku usaha muda potensial, pelatihan pengelolaan usaha, pengenalan metode pemasaran, pengenalan akses pembiayaan serta identifikasi peluang pengembangan usaha,” ungkap Theresia.

Penampakan Expo WMM dari lantai tiga, seru dan meriah

Selain produk UKM, WMM Expo ini juga menampilkan program talkshow yang menampilkan pembicara dari Alumni WMM tahun sebelumnya, seperti Florentia J. Sutanto, pengusaha fesyen merek Noonaku Signature (alumni WMM 2016) dan Odi Anindito, pengusaha kuliner Coffee Toffee (Alumni WMM 2011) “Pastinya, para pembicara di talkshow tersebut akan memberikan sharing pengalaman dan tips tentang pengelolaan usaha kreatif. Harapannya, ini bisa memotivasi pengunjung, khususnya yang masih berstatus mahasiswa agar berani memulai usaha,” katanya.

Theresia melanjutkan, para finalis dan alumni WMM yang menampilkan produknya pada Expo tersebut merupakan bagian dari komunitas Wirausaha Muda Mandiri yang telah digelar sejak 2007. Total, lebih dari 36.000 wirausaha muda dari 656 perguruan tinggi di seluruh Indonesia tercatat menjadi bagian dari komunitas ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta, wah keren sekali bukan?
Adapun kepesertaan WMM terbagi atas dua kategori, yakni kategori Mahasiswa program SI atau Diploma dan kategori pengusaha muda non-Mahasiswa. Dan meliputi tujuh kategori Wirausaha yaitu:
a.    Wirausaha Industri, Perdaganagan dan Jasa
b.    Wirausaha Boga
c.    Wirausaha Kreatif
d.    Wirausaha Sosial
e.    Wirausaha Teknologi Digital
f.     Wirausaha Teknologi Non-Digital
g.    Wirausaha Digital Financial Technology

Kompetisi kewirausahaan WMM 2018 telah dimulai sejak bulan Maret lalu, dimana sebanyak lebih dari 800 pengusaha muda dari 34 perguruan tinggi dan 10 Komunitas/ Inkubator Bisnis ikut ambil bagian pada acara ini. Berdasarkan hasil penjurian tahap awal, sebanyak 70 wirausaha muda terpilih untuk mengikuti seleksi nasional pada 12 September 2018, di hadapan dewan juri yang terdiri dari perwakilan pemerintah, akademisi, praktisi, media, dan Bank Mandiri. Puncak rangkaian program WMM, yakni pemberian Penghargaan WMM (WMM Award) 2018, akan dilaksanakan pada 15 September 2018 di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya, Malang. Aduh rasanya sudah tidak sabar untuk mengetahui siapa pemenangnya.

Mungkin kalau jadi juri, aku pasti bingung akan memilih siapa pemenangnya, karena masing-masing produk mempunyai keunggulan dan keunikan tersendiri. Ada yang berinovasi dengan beras sehingga bisa menghasilkan beras rendah gula tapi tetap berprotein tinggi. Ada yang berinovasi dengan bimbingan belajar onlinenya, dengan KPR online bahkan ada yang pinjaman syariah online juga. Atau mau berinvestasi di tambak ikan bisa juga. Yang seru lagi ada yang menampilkan kaca mata dari kayu, ada juga yang menawarkan mengolah limbah sayuran menjadi pupuk. MasyaAllah idenya itu lho bikin tercengan-cengan deh. Mall Olympic Garden jadi meriah banget ketika ada acara ini, baik di lantai satu maupun di lantai tiga. Dua jempolku buat Bank Mandiri yang sudah memprakarsai acara ini deh, malah sudah sejak tahun 2007 lho acara ini diadakan, bayangkan alumninya yang keren-keren pasti sudah banyak dan sudah siap membantu meningkatkan perekonomian negara kita yaa..

Bank Mandiri sendiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, SME, Micro, Consumer Banking serta Treasury. Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (Kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution) dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura).
Dalam acara itu semua transaksi menggunakan e- money

Hingga Juni 2018, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 4.948 jaringan kantor, meliputi 2.633 cabang dan 2.315 jaringan mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 17.404 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14.000. 
Semakin tidak sabar rasanya menunggu pengumuman siapa pemenangnya. Tunggu ceritaku selanjutnya yaa..

Komentar

  1. Acaranya keren dan mantab djiwa banget!

    BalasHapus
  2. Sangat menginspirasi sekali isi blognya.

    BalasHapus
  3. Ternyata jaringan Bank Mandiri luas juga ya, hebat.

    BalasHapus
  4. Produk-produknya menarik semua, tidak bisa dibayangkan pasti para juri susah sekali menentukan pemenangnya.

    BalasHapus
  5. Jadi ingin ikut berwirausaha juga hehe

    BalasHapus
  6. Dengan banyaknya finalis, pasti persaingannya sangat ketat sekali ya.

    BalasHapus
  7. Ternyata banyak sekali ya pemuda-pemuda indonesia yang kreatif dan berinovatif, jadi salut hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td