Langsung ke konten utama

TIPS MENGATASI GANGGUAN PENCERNAAN



Gangguan pencernaan bisa menyerang siapa saja. Dalam kasus yang sering terjadi dikarenakan pola makan yang tidak sehat. Akan tetapi gangguan pencernaan bukanlah maslaah yang serius, masih diatasi dengan bantuan beberapa ramuan yang bisa dibuat sendiri atau dengan mengonsumsi sayur dan buah.
Gangguan pencernaan paling sering adalah sulit untuk BAB atau sembelit. Hal ini dikarenakan kurangnya mengonsumsi sayur dan buah, akibatnya tubuh jadi kekurangan serat dan mempengaruhi sistem pencernaan.

Adapun beberapa tips untuk mengatasi gangguan pencernaan adalah sebagai berikut:

1. Banyak minum air putih
Hal terpenting untuk membantu memperlancar sistem pencernaan adalah tercukupinya kebutuhan mineral dalam tubuh. Sudahkah cukupkah kalian meminum air putih dalam sehari? Jika belum, ini bisa jadi penyebab terganggunya sistem pencernaan.

Dalam sehari, kita wajib mengonsumsi air putih minimal 8 gelas. Biasakan untuk mengonsumsi air putih tidak kurang dari 8 gelas, agar tubuh tidak kekurangan mineral.

2. Mengonsumsi buah
Jika kalian mengalami gangguan pencernaan, mungkin saja kebutuhan serat dalam tubuh kalian belum tercukupi. Kita bisa mengonsumsi buah yang kaya akan serat untuk mengatasinya.

Salah satu buah yang banyak menjadi rekomendasi untuk mengatasi gangguan pencernaan adalah pisang atau papaya. Selain banyak kandungan serat, pisang dan papaya juga banyak mengandung air yang bagus untuk pencernaan.

3. Olahraga rutin
Orang yang rajin melakukan olahraga cenderung memiliki sistem pencernaan yang sehat. Orang yang banyak melakukan kegiatan dan aktif bergerak terbukti memiliki pencernaan yang bagus dibandingkan dengan orang yang lebih sering berdiam diri tanpa melakukan aktivitas.

Oleh karena itu disarankan untuk melakukan olahraga rutin minimal satu kali dalam seminggu agar sistem pencernaan lancar. Selain itu dengan rutin berolahraga, racun dalam tubuh juga akan ikut dikeluarkan melalui keringat yang dihasilkan selama berolah raga. Sistem imun tubuh akan lebih kebal dan tidak mudah terkena gangguan pencernaan.


4. Mengonsumsi jahe
Selain jahe bisa digunakan untuk menghangatkan badan, ternyata jahe juga bermanfaat untuk pencernaan lho. Kandungan jahe baik bagi pencernaan, cara mengonsumsinya juga mudah. Kalain tinggal menyeduh jahe dengan air hangat.

5. Jangan tidur setelah makan
Kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah tidur setelah makan. Padahal ini tidak baik bagi sistem pencernaan lho. Setelah makan, harusnya kita menunggu setidaknya 2 jam sebelum memutuskan untuk tidur. Dikarenakan sistem pencernaan harus bekerja untuk mengolah makanan yang baru masuk ke dalam tubuh.

Jika kita langsung tidur, maka kinerja sistem pencernaan akan lebih lambat dan tidak maksimal. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Terlebih lagi makanan yang masuk ke dalam tubuh dan tidak terolah dengan baik akan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh.

6. Pebanyak konsumsi probiotik
Probiotik adalah bakteri baik untuk system pencernaan. Dengan kita banyak mengonsumsi probiotik, dijamin jika sistem pencernaan akan lancar. Kandungan probiotik bisa diperoleh dari beberapa makanan seperi tempe, kedelai, oncom, yogurt dan masih banyak makanan lainnya.

7. Konsumsi jus lidah buaya
Nah, salah satu bahan alami yang bisa memperlancar sistem pencernaan adalah lidah buaya. Kalian bisa membuat jus lidah buaya untuk dikonsumsi sendiri di rumah. Akan tetapi membuat jus lidah buaya tidak boleh sembarangan, ada cara-cara tertentu yang harus dilakukan.

Jika kalian tidak suka ribet membuat jus lidah buaya, sekarang ada Herbadrink Lidah Buaya yang sangat praktis dan mudah untuk dikonsumsi. Herbadrink juga terbuat dari bahan alami lidah buaya yang sangat berguna untuk memperlancar pencernaan.

Herbadrink ini sudah berlabel HALAL dari MUI jadi aman dikonsumsi untuk semua orang. Dikemas dalam bentuk sachet yang mudah untuk dibawa ke mana saja. Jadi, kalau kalian punya gangguan pencernaan seperti sulit BAB, boleh nih dicoba buat mengonsumsi Herbadrink Lidah Buaya.




Itu tadi beberapa tips mengatasi gangguan pencernaan yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa jaga pola hidup sehat!

Komentar