Langsung ke konten utama

KE JAKARTA TIDAK AFDOL KALAU TIDAK KE ANCOL




Selalu ada aplikasi traveloka di handphone saya


Sebagai seseorang yang tinggal di desa, maka pergi ke Jakarta, ibu kota negara kita adalah selalu membahagiakan. Apalagi Jakarta adalah kota metropoils yang semuanya pasti serba wah dan serba megah. Gedung-gedungnya  yang tinggi dan jalanan yang beruas-ruas rapi benar-benar terasa canggih, dan membuat selalu ingin kembali ke Jakarta. Di Jakarta semua terasa modern, hidup seperti harus berlomba dengan waktu. Fasilitas sangatlah lengkap. Tak jarang banyak hal yang membuat saya terbengong-bengong melihat perubahannya. 


Misalnya sekarang di Jakarta semuanya serba menggunakan kartu, bisa dibilang cashless. Mulai membayar tol, naik kereta, naik trans Jakarta, belanja di Mall, makan di restaurant dan lain sebagainya, kita sudah tak perlu repot-repot membayar dengan uang tunai. Banyak jenis kartu mulai kartu kredit, kartu debet dan bahkan e-money. Sangat canggih sekali. Waktu berubah dengan cepat, membuat teknologi dan semua harus berderap mengikutinya. 


Begitulah hidup, kita harus bersiap mengikuti semua perubahannya dengan tangkas. Pergi ke Jakarta mungkin dulu adalah hal yang biasa dan mudah bagi saya, karena masih ada suami. Ketika akhirnya suami saya meninggal, saya benar-benar kewalahan. Saya dulu sangat tergantung kepadanya. Tidak pernah repot-repot memikirkan harus bagaimana, suami saya sudah mempersiapkan semuanya. Termasuk ketika hendak bepergian, saya nggak perlu pusing-pusing memikirkan bagaimana membeli tiket dan tetek bengeknya, suami saya sudah mempersiapkan semuanya.

Ketika akhirnya tercetus ide untuk liburan ke Jakarta, anak-anak sangat antusias. Memang sejak ayahnya meninggal dua tahun yang lalu, saya nyaris tidak pernah pergi kemana-mana. Saya menyibukkan diri mengurus keperluan keempat anak saya, dari pagi ke pagi lagi, tak terasa, ternyata kami hanya di rumah saja selama ini. Saya jadi berpikir betapa kasihan anak saya, karena tidak pernah kemana-mana, padahal mereka pasti perlu sekali untuk refreshing.

Pada tahun 2011 kami pernah sekeluarga pergi ke Jakarta. Aduh sudah lama sekali ya, waktu itu pun kami belum sempat pergi kemana-mana. Kami hanya pergi ke Monas dan ke Taman Mini Indonesia Indah. Maka ketika saya mengatakan kepada anak-anak untuk pergi ke jakarta liburan yang akan datang, anak-anak langsung berebutan menyebutkan tempat-tempat yang ingin mereka kunjungi. Mereka ingin sekali pergi ke Ancol. Rasanya memang nggak afdol kan kalau jauh-jauh ke Jakarta tidak pergi ke Ancol. Lalu anak-anak juga ingin pergi ke Taman Mini lagi karena dulu kesana sudah sangat lama sekali. Mereka ,juga menyebutkan beberapa tempat lain seperti Kota Tua, Bunderan HI, Masjid Istiqlal, Perpustakaan Nasional dan masih banyak lagi. Prioritas mereka adalah Taman Impian Jaya Ancol.

Beberapa tujuan wahana di Ancol yang membuat anak-anak saya pengen sekali kesana antara lain yaitu ke Seaworld atau ke akuarium raksasa yang terdapat sekitar 7300 biota air tawar, kemudian ke Ocean Dream Samudra yang menampilkan atraksi cerdas lumba-lumba, singa laut dan lain-lain. Di ancol juga ada Pasar Seni dengan puluhan galeri dan aneka kerajinan. Ada juga tempat outbond Ocean di Ecopark. Dan yang paling mereka impikan adalah ke Dufan yang penuh dengan wahana yang amazing dan fantastis. 


Baiklah, akhirnya saya mulai memutar otak bagaimana agar liburan kami bisa berjalan lancar. Saya ingat suami saya selalu menggunakan traveloka kalau pergi kemanapun, karena mudah dan murah. Dan kami memang sudah membuktikannya, karena kami pernah membandingkan dengan yang lainnya, ternyata memang traveloka ini yang paling murah. Maka tak heran bila semua orang kini lebih memilih traveloka. 

Dulu saya juga sempat mengeluh bagaimana kalau saya harus pergi sendiri, apa saya bisa memesan-mesan semuanya sendiri, suami saya mengatakan saya pasti bisa karena aplikasi traveloka ini memang sangatlah mudah. Dan memang benar, ketika saya membuka apliaksinya wah ternyata sangat mudah menggunakannya. Selain itu ternyata juga sangat lengkap fiturnya, liburan jadi terasa mudah sekali. Kita bisa mencari tiket pesawat atau kereta, kita juga tidak usah khawatir mau menginap dimana, karena traveloka juga menyediakan menu layanan hotel. Selain itu bila kita ingin rental mobil, ingin lihat bisokop, bahkan membeli pulsa dan paket internet pun, semuanya sudah ada di Traveloka. Benar-benar One Stop service deh. Saya merasa nyaman dan tidak khawatir lagi untuk bepergian bersama anak-anak. 

Serunya lagi ternyata di Traveloka kita juga bisa membeli tiket tempat wisata yang akan kita kunjungi. Karena anak-anak ingin ke Ancol maka saya memutuskan untuk melihat tiket masuk ke ancol. Wah ternyata ada lhoo.. Bahkan juga ada penjelasan dan keterangannya yang lengkap. Kita bisa mendapatkan akses ke kawasan wisata Ancol melalui gerbang mana saja, antara lain gerbang Marina ancol, gerbang Hailai/Barat, Gerbang jembatan Ancol/Selatan Gerbang Timur dan Gerbang karnival serta gerbang shelter busway Trans Jakarta tanpa harus membayar uang tunai. Kita juga bisa mendapatkan akses gratis ke Bus Wara Wiri yang akan membawa kita berkeliling. 

Yang perlu diperhatikan lagi yaitu jangan sampai keliru membeli tiketnya, maksudnya tanggalnya jangan sampai salah. Pastikan juga bahwa voucher Traveloka kita sudah siap untuk ditunjukkan sebelum memasuki area tempat rekreasi dan tukarkan paling lambat 90 menit sebelum waktu tutup. Kita bisa menukarkan atau memindai voucher traveloka kita pada handphone kita untuk mendapatkan tiket fisiknya. Wah traveloka benar-benar memudahkan kita untuk merencanakan liburan deh, aduuh jadi tidak sabar pengen segera liburan ke Ancol nih.. Hei, kalian buruan coba juga ya, pakai traveloka ajaa yaa...



Komentar