Jumat, 25 Maret 2016

MEGILAN itu Gileee Beneeerrrrr...

      Sebagai pendatang di Lamongan, saya sempat heran ketika pertama kali mendengar kata MEGILAN.
    Tentu saja kita tidak bisa menjumpainya di Kamus Besar Bahasa Indonesia hehehe karena kata MEGILAN ini adalah dialek bahasa di Lamongan yang berarti bukan termasuk kosa kata bahasa Indonesia. Baiklah saya akan menconba menjelaskan apakah arti kata Megilan ini dan bagaimana menggunakannya dalam kalimat.
     Biasanya untuk menekankan atau menyangatkan sesuatu,  menggunakan kata SEKALI atau SANGAT atau kadang-kadang BANGET. Misalnya kita akan mengatakan bahwa jarak antara rumah dan sekolah anak itu jauh, begitu jauhnya sehingga kita menggambarkannya dengan mengatakan: 

      Rumahnya jauh SEKALI  atau
      Rumahnya SANGAT jauh atau
      Rumahnya jauh BANGET
      
      Nah orang Lamongan akan mengatakannya menggunakan kata MEGILAN, menjadi :
      
      Omahe adohe MEGILAN..
     ( Omah = Rumah, Adoh = Jauh)
      
     Contoh lain :
     1.    Masakannya enak sekali = Masakan e enake megilan
     2.    Anak perempuan itu sangat cantik = Bocah Wedok iku ayune megilan
    Dalam konteks lain, Megilan bisa juga berarti Wow, Keren atau Hebat... yaitu ungkapan yang digunakan untuk menyatakan kekaguman kepada sesuatu atau seseorang.

      Misalnya : 
      Anak itu hebat sekali
      Bisa menjadi 
      Bocah iku megilan tenan.
      (Bocah = anak, tenan = beneran)
      Misalnya lagi :
      Murid itu Pintar sekali = Murid itu megilan tenan pinter e...
      Dalam bahasa daerah di Jepara kata megilan juga digunakan, tetapi artinya lebih kepada menakutkan atau menjijikkan. Oya kalau di Bojonegoro orang lebih suka menggunakan kata Matoh daripada Megilan.

      Nah, makanya seperti judul diatas, kalau di Jakarta orang sering bilang Gileee Beneeeerrrr!!....  maka orang Lamongan akan bilang MEGILAN TENAANNN!!...
    Jadi sebetulnya Megilan tenan itu bisa juga berarti Gile bener hehehe... sebagai ungkapan untuk mengungkapkan sesuatu yang keren atau hebat sekali.
      Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat dan membuat anda mengerti arti kata Megilan.          Semoga kita semakin mencintai keanekaragaman bahasa dan budaya kita.

     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar