Langsung ke konten utama

WIRAUSAHA MANDIRI WUJUDKAN IMPIAN PARA PENGUSAHA MUDA



Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya kemarin heboh. Suasana meriah dan gegap gempita terasa sampai di luar gedung. Kemarin adalah acara penganugerahan penghargaan pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2018 oleh Bank Mandiri yang terus merealisasikan peran sebagai agen pembangunan melalui generasi muda kreatif dan inovatif. Ada 28 pelaku usaha muda terbaik sebagai hasil penjaringan program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018. Acara dibuka oleh Paduan Suara Universitas Brawijaya yang membawakan beberapa lagu daerah. Kemudian juga ada standup comedy Dicky Diffie yang kocak dan berahsil membuat penonton terpingkal-pingkal. Acara selanjutnya dipandu oleh MC Zivanna Letisha Siregar, Putri Indonesia 2008 dan Altaf Vicko. Tak lupa Rektor Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS juga memberikan sambutannya.

Pagi itu aku meluncur dari Bandara Abdulrahman Saleh  Malang, langsung menuju ke Universitas Brawijaya. Sehari sebelumnya aku memang ada undangan di Jakarta, nyaris saja aku membatalkan kehadiranku ke acara WMM ini, tiket kereta sudah habis dan tiket pesawat Jakarta Malang ternyata mehong juga hehehe... Awalnya aku akan membeli tiket ke Surabaya dulu baru nanti aku lanjut jalan darat ke Malang. Tetapi setelah kupikir-pikir aku memutuskan untuk langsung ke Malang saja, karena aku khawatir terjebak macet di jalan dan akan terlambat sampai di acara. Bila mengingat semua finalis yang kujumpai di acara Expo di MOG minggu lalu, aku benar-benar ingin mengetahui siapa akhirnya yang menjadi jawaranya. Itulah mengapa aku memutuskan tetap berangkat ke Malang. Alhamdulillah perjalanan lancar, tidak delay. Tepat pukul 9 pagi aku sudah duduk manis di dalam gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya ini.

Acara penganugerahan penghargaan pemenang WMM 2018 ini dihadiri oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno serta disaksikan sejumlah menteri Kabinet Kerja, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo,  Rektor Universitas Brawijaya Malang Prof Nuhfil Hanani serta ribuan mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Malang, semua tumplek blek di Kampus Universitas Brawijaya Malang ini.

Menurut Rini M. Soemarno, program Wirausaha Muda Mandiri merupakan aktivitas berkelanjutan  untuk pengembangan ekonomi nasional yang nantinya selaras dengan pengembangan industri kreatif dan usaha kecil atau menengah (UKM) binaan dalam meningkatkan penetrasi pasar. Hal tersebut sejalan dengan program Kementerian BUMN, yakni Rumah Kreatif BUMN. Sehingga, perlu terus didukung agar dapat menciptakan lapangan kerja baru. “Oleh karena itu, WMM dan Rumah Kreatif BUMN (RKB) perlu terus disinergikan dan ditingkatkan, antara lain melalui keterlibatan alumni program WMM sebagai mentor pendamping mitra binaan di RKB,” ungkap Menteri BUMN ini.

Sedangkan Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pelaksanaan program Wirausaha Muda Mandiri diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda, agar menjadi generasi pencipta lapangan kerja yang peduli dan mau berkontribusi dalam pembangunan ekonomi negara. Untuk itu, peserta ajang WMM 2018 ini bukan hanya berasal dari kalangan mahasiswa aktif, namun juga pengusaha muda berlatar belakang non akademis yang potensial. “Kami bangga dan turut bahagia karena setelah satu dekade pelaksanaan program ini, WMM dapat terus menuai respon positif dan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan serta berhasil memberikan kontribusi yang signifikan pada upaya pemerintah untuk melipatgandakan jumlah pelaku usaha di Tanah Air,” ujar Direktur Utama Bank Mandiri ini.

Pada tahun ini, tercatat 898 wirausaha muda menyerahkan dokumen pendaftaran dan profil usaha. Dari jumlah tersebut, 70 peserta lolos untuk mengikuti seleksi nasional, hingga terpilih 26 pemenang untuk seluruh kategori dan bidang usaha, serta masing-masing 1 orang pemenang kategori Best of The Best dan kategori terfavorit. Selain gelar wirausaha muda terbaik, para jawara WMM 2018 tersebut juga berhak memperoleh hadiah uang pembinaan senilai total lebih dari Rp 3 miliar, akses kepada berbagai skema pembiayaan di Mandiri Group serta program pendampingan dan pelatihan yang komprehensif guna mengoptimalisasi peluang usaha. Benar-benar Wow deh bank Mandiri...

Sejak pertama kali digelar pada  2007, program WMM telah diikuti 36.000 pengusaha di seluruh Indonesia dan telah berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 45.000 individu. Diharapkan, para alumnus WMM juga bisa menjadi agen inspirator untuk mendukung penciptaan 1.000 digital start up dan program Rumah Kreatif BUMN.

Sebelum acara pengumuman pemenang, diadakan talkshow dengan Moderator Adrian Gunadi, CEO Investree, dan para panelis, sebagai berikut:

  1. Bapak Hari Santosa Sungkari – Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif RI
  2. Bapak Kartika Wirjoatmodjo – Direktur Utama Bank Mandiri
  3. Bapak Andreas Eddy Susetyo – Ketua Pansus RUU Kewirausahaan Nasional
  4. Jodhi Palgunadi – Akun.biz
  5. Jeremia Allan – Gedhang Nugget


Ada beberapa kategori usaha dalam ajang ini, yaitu antara lain: Wirausaha Industri, Perdagangan dan Jasa, Wirausaha Boga, Wirausaha Kreatif, Wirausaha Sosial, Wirausaha Teknologi Digital, Wirausaha Teknologi Non Digital dan Wirausaha Digital Financial Technology.  

Dan Para Pemenang program WMM 2018 tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Kategori Mahasiswa

Pemenang I Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa adalah Arnandiza Amirul Khadifa – Balon Kado
Pemenang II adalah Agus Wibowo – Agro Lestari Merbabu.

Pemenang I Bidang Usaha Boga adalah I Putu Agi Pratama – Umah Lokal
Pemenang II adalah Sentanah Limmase – Fermenation Indonesia

Pemenang I Bidang Usaha Kreatif adalah Malinda Amalia – Linean
Pemenang II adalah Nabila – Batik Kanawa

Pemenang I Bidang Usaha Sosial adalah Reno Pati – Rumah UPPO (Unit Pengelolaan Pupuk Organik)  
Pemenang II adalah M Zulfikri Al Qowy – Paccoo.com

Pemenang I Bidang Usaha Teknologi Digital adalah Aditya Pratama Ghifary – Media BIMBINGAN BELAJAR GRATIS Berbasis Website & Aplikasi
Pemenang II adalah Rafliansyah Ruslan – SCOLA (Learning Management System)

Pemenang I Bidang Usaha Teknologi Non Digital adalah Alwy Herfian Satriatama – Majapahitech
Pemenang II adalah Aprial Syahputra – HerbalFoam

2. Kategori Non Mahasiswa 

Pemenang I Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa adalah Juwita – Golden Berry
Pemenang II adalah Reza Rizky Hermawan - Hermawan Propertindo Utama

Pemenang I Bidang Usaha Boga adalah Endro Firdaus – GreenSmoothie factory
Pemenang II adalah Bintang Priyambodo – Papa Buncit

Pemenang I Bidang Usaha Kreatif adalah Bella Kartika Aprilia – Sepiak Belitong
Pemenang II adalah Ray Abdul Fatah – Ravy 26 House

Pemenang I Bidang Usaha Sosial adalah Andhika Mahardika – CV Agradaya Indonesia
Pemenang II diberikan kepada Mohammad Andriza Syarifudin – Nusa Berdaya

Pemenang I Bidang Usaha Teknologi Digital adalah Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin
Pemenang II adalah Yudhis Thiro Kabul Yunior – Detron Engineering

Pemenang I Bidang Usaha Teknologi Non Digital adalah Achmad Arbi – Lightning Advanced Solution Technology
Pemenang II adalah Nugroho Hari Wibowo – ENCOMOTION



Pemenang I Digital Financial Technology adalah Adjie Wicaksana – Halofina – LPIK ITB

Pemenang II adalah Bong Defendy – Zend Money



Adapun kategori khusus pada kompetisi ini adalah kategori Best of The Best WMM 2018 yang diraih oleh Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin dan kategori Finalis Terfavorit WMM 2018, direbut oleh Ardana Noor Octaviandi - Bolunesia pemenang Terfavorit adalah berdasarkan pilihan masyarakat melalui media sosial Facebook dengan Jumlah Like dan Share terbanyak yang telah diverifikasi keabsahannya oleh panitia dan yang telah dimulai sejak tanggal 06 September hingga 13 September 2018.

Berikut ini adalah hadiah bagi para pemenangnya: 



Kategori
Pemenang
Total Hadiah
Akses
Perkreditan
Trophy + Sertifikat
Pembinaan Bisnis
Non Mahasiswa
1
Rp 200 juta
2
Rp 100 juta
Mahasiswa
1
Rp 100juta
2
Rp 50 juta
Best of The Best
Rp 100 juta
Terfavorit
Rp 40 juta

Bank Mandiri memang benar-benar totalitas membina para wirausaha muda ini, mungkin kita sering dengar Coffee Tofee, Nonaku, Coklat Klasik yang sekarang outletnya sudah tersebar dimana-mana. Sesungguhnya mereka semua adalah alumnus dari Program WMM ini. Keren sekali bukan? 

Acara semakin meriah dengan kehadiran Via Vallen, penyanyi dangdut yang sedang naik daun ini mampu membuat seluruh hadirin asyik bergoyang, tak ketinggalan pula Ibu Menteri dan Bapak Dirut Bank Mandiri. Keseruan acara hari ini ditutup dengan talkshow dan sharing session bersama para pemenang WMM tahun lalu yang kini sudah sukses menguasai pasar bisnis di tanah air yaitu Nonaaku dan Coklat Kasik.

Rasanya bersyukur banget bisa mengikuti seluruh rangkaian acara Wirausaha Muda Mandiri kali ini, nggak rugi aku bela-belain datang spesial dari Jakarta untuk meliputnya. Semoga di tahun-tahun mendatang acara ini tetap terus dapat dilaksanakan. Sukses Terus Bank Mandiri!!

Komentar

  1. Bangga banget ya mbak sama wirausahawan yang ada di sana, ternyata untuk menjadi sukses itu tidak perlu menunggu lama. Mereka sudah membuktikan bahwa yang muda juga bisa berkarya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td