TIPS MENCARI KOST-KOSTAN





Bagi para orang tua yang mempunyai anak-anak yang sudah lulus SMA tentu banyak hal yang dipikirkan. Apalagi ketika anaknya ternyata belum mendapatkan kampus yang diinginkan. Tetapi bukan berarti setelah mendapatkan kampus semuanya menjadi beres. Ada hal lain lagi yang harus dipersiapkan, yaitu dimana anaknya akan tinggal selama kuliah. Maka ritual lain yang harus dilakukan adalah mencari kost-kostan.
Rumah kost atau rumah yang disewakan pasti bertebaran di sekitar kampus. Mudah saja bagi kita sebetulnya kalau mau mencari kost-kostan. Berbeda sekali apabila kita mencari kontrakan untuk perkantoran atau untuk tempat usaha yang disewakan. Apabila memilih tempat untuk usaha banyak hal yang harus kita pikirkan seperti lokasi yang strategis dan siapa saja calon pembelinya. Walaupun begitu, untuk memilih rumah kost juga tetap mempertimbangakn banyak hal, kita harus mencaria rumah kost seperti apa yang kita inginkan. 



Beberapa hal yang harus kita pikirkan ketika mencari rumah kost antara lain:
1.      Berapa orang satu kamar
Banyak anak-anak yang biasanya sekamar sendirian di rumah, malas untuk berbagi kamar bila mencari kost-kostan. Takut tidak cocok, takut lain kebiasaannya dan lain-lain. Akhirnya mereka memutuskan untuk mencari kamar yang satu kamar untuk satu orang. Kebanyakan orang tua akan menyarankan untuk sekamar berdua, bagaimanapun hidup di rantau lebih enak kalau ada temannya. Bisa buat diajak berdiskusi membahas banyak hal dan bisa juga untuk teman curhat. Lagian bukankah kita makhluk sosial yang harus belajar sosialisasi, makanya memutuskan sekamar berdua itu tentu baik untuk belajar hidup bermasyarakat. Bahkan bagi kalangan menengah kebawah, yang sudah terbiasa selalu berbagi, mereka bisa hidup sekamar berempat lhoo.. tentu saja lebih murah ya, yang penting bisa belajar dengan baik dan kuliah lancar, yee kaan??

2.      Jarak dari kampus
Bagi mereka yang tidak membawa kendaraan, sebaiknya mencari kost-kostan yang dekat dengan kampus sehingga bisa ditempuh dengan jalan kaki. Kalau yang membawa kendaraan sih, mau yang jauh juga tidak masalah kaliii..

3.      Fasilitas
a.      Kamar mandi
Bagiku kamar mandi adalah hal yang paling penting dan harus dilihat pertama kali. Kalau kamar mandi bersih kita akan nyaman membersihkan diri dan tentu nyaman tinggal di kost-kostan. Ada yang menyediakan kamar mandi dalam ada pula yang kamar mandinya harus berbagi. Bila kamar mandi berbagi maka harus ada piket membersihkan kamar mandi itu bersama-sama.

b.      Dapur
Ada kost yang memperbolehkan kita untuk memasak tetapi ada juga yang tidak boleh dengan alasan kalau memasak bisa membuat semuanya menjadi kotor. Tetapi ada pula yang tidak memperbolehkan memasak, tetapi mereka menyediakan nasi putih dan air minum yang bisa bebas dinikmati anak kost.
Bahkan ada pula kost yang menyediakan makannya sekalian. Jadi anak kost tidak perlu memikirkan makan apa setiap harinya. Tetapi mungkin sudah jarang ya di saat ini, yang ada mungkin pemilik kost juga mempunyai kafe sehingga anak-anak kost tidak perlu jauh-jauh membeli makan.

c.       Parkir
Bagi yang membawa kendaraan sendiri, maka tempat parkir menjadi hal yang penting, agar kita merasa aman dan nyaman tidak terlalu khawatir dengan kendaraan kita.

d.      Wifi
Bagi anak millenials maka wifi saat ini menjadi hal yang sangat penting. Bila ada Wifi maka mereka bisa tetap bermain sosmed tetap bisa berselancar di dunia maya tanpa memikirkan kuota. Apalagi jaman now pasti tugas-tugas kuliah harus dicari di internet, dan itu semua tentu membutuhkan data internet, bukaaann??? So, kost yang ada Wifi


e.      Terpisah laki dan perempuan
Bagi para orang tua tentu merasa lebih nyaman kalau anaknya tinggal di kost yang terpisah antara laki dan perempuan, tahu sendiri pergaulan jaman sekarang harus hati-hatiii deehh...

f.        Lokasi strategis
Kalau bisa lokasinya yang strategis, dekat dengan bank atau ATM, warung makan, supermarket, apotik, rumah sakit dan lain-lain. Sehingga mudah bila kita mendadak butuh sesuatu.

g.      Ibu Kost
Bagi sebagian orang tua pasti banyak yang menginginkan anaknya kost di tempat yang ada ibu kostnya, karena diharapkan ibu kostnya lah yang akan menjadi pengganti mereka, yang bisa mengingatkan tentang banyak hal dan menjaga anak-anak kost itu. Tetapi kebanyakan anak-anak juga nggak suka karena pastilah lebih banyak aturan kalau ada ibu kostnya hehehe..

Itu tadi diantaranya hal-hal yang perlu diperhatikan kalau mencari kost-kostan. Tetapi fenomena saat ini yang juga menarik adalah banyak anak-anak mahasiswa yang lebih suka tinggal di apartemen. Kira-kira delapan tahun yang lalu bisnis kost-kostan  pernah mati di sekitar kampus Universitas Kristen Petra di daerah Siwalankerto Surabaya, ketika di depan kampus itu dibangun sebuah apartemen baru. Kalangan mahasiswa Petra yang memang berasal dari keluarga menengah ke atas tentu lebih memilih tinggal di apartemen daripada di rumah kost biasa. Aduh udah kayak mencari rumah aja ya. Begitulah, jaman berubah dan semua memang lebih menyukai yang lebih canggih dan praktis. Terkadang apartemen tidak melulu menyediakan rumah tinggal tetapi juga menyediakan ruang kantor untuk disewakan, entahlah begitu mendengar kata apartemen pasti langsung terbayang hunian yang nyaman dan kekinian. itulah mengapa banyak yang lebih suka memilih tinggal di apartemen.


Beberapa mahasiswa mengatakan mereka lebih memilih apartemen karena dianggap lebih aman dan nyaman. Selain karena pasti kamarnya mempunyai Air Conditioner, ada Wifi gratis, tempat parkir yang aman, ada Satpam, laundry dan juga banyak kafe dan resto di sekitarnya. Semua itu pasti lebih membuat mereka nyaman daripada harus tinggal di kost-kostan biasa. Apalagi bila apartemen itu juga dijual, maka bagi mereka tentu bisa sekalian berinvestasi. Daripada dibayarkan tiap bulan kepada pemilik kost maka lebih baik uangnya untuk mengangsur apartemen.  Tetapi apartemen di sekitar kampus juga masih jarang koq, yang ada juga kost-kostan biasa. Buat kalian yang, kuliah di sekitaran Jakarta, silahkan klik www.kostjakarta.com yaaa, gak perlu ribet, tinggal pilih aja hehehe So, bagaimana? mau tinggal di kost-kostan atau di apartemen? Hidup memang banyak pilihan bukan? Life is a choice, so selamat memilih dehh hehehe..





Komentar

  1. Wah bener banget tuh Mbak, tapi terkadang ada lho yang menghitungnya itu per orang biayanya bukan per kamar

    BalasHapus
  2. Ada koneksi internet menurut saya itu memang sangat penting nih ya Mbak

    BalasHapus
  3. Mencari kosan itu memang kalau bisa sekalian gitu ya Mbak, ada dapurnya juga hihi

    BalasHapus

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td

Postingan Populer