LIMA HAL YANG HARUS DIPATUHI AGAR FINANCIAL GOALSMU TERCAPAI





     Boncafe pagi itu bernuansa merah-merah. Ada acara talkshow yang diadakan oleh HomeCredit dan dihadiri oleh beberapa komunitas di Surabaya. Aku baru saja datang ketika seorang panitya mengulurkan selembar post it dan menyuruhku menulis Financial Goalsku apa. Lalu memintaku  menempelkannya di sebuah tempat yang sudah disediakan. Aku tersenyum-senyum sendiri membaca beberapa Financial Goals teman-teman yang sudah tertempel duluan. Ada yang ingin travelling keliling dunia, ada yang ingin membeli rumah, ada yang ingin mobil baru, bahkan ada yang ingin menikah dengan pujaan hati qiqiqi lucu-lucu sekali. Financial Goalsku sendiri tidak muluk-muluk, aku hanya ingin mengantarkan keempat anakku menjadi orang yang sukses dan berhasil di bidangnya masing-masing dan sholeh sholihah tentunya.




Talkshow berjudul CEO In The Making Financial Tips to Transform Your Passion Into a Business ini menampilkan Dipa Andika seorang financial Planner dan Co-founder of Hahaha Corp. Sedangkan pembicara berikutnya adalah Christie Erin Co-Founder Basha market &Of Sort. Acara berlangsung meriah dipandu oleh host Arditya Erwandha. Sudah kebayang kan gimana serunya?


Dari hasil talkshownya aku bisa menyimpulkan bahwa ada 5 hal yang harus dipatuhi agar Financial Goals kita bisa tercapai. Apa sajakah itu?


1.       Meminimalisasi Latte Factor

Latte Factor adalah pengeluaran yang terlihat kecil, namun tanpa disadari hal tersebut dilakukan berkali-kali. Misalnya membeli kopi, yang sebetulnya bukanlah hal yang urgen buat kita. Di rumah kita sudah minum kopi, ternyata ketika sampai kantor teman-teman lagi pada asyik menikmati kopi, akhirnya kita tergoda juga untuk membeli. Padahal kita udah kenyang dan tidak butuh ngopi, tetapi tetap saja kita beli biar tampak kompak. Lha mending kalau ngopinya sekali, kalau berkali-kali dalam sehari? Mari kita hitung, misalnya sekali ngopi 15 ribu, sehari dua kali sudah tiga puluh ribu. Sebulan sudah 900ribu rupiah. Nah kalau setahun, nah bagaimana kalau setahun? Jadi banyak kaaannn?? Lalu lalu marilah kita berhemat dengan tidak  minum kopi berkali-kali, kita sudah menghemat banyak uang ternyata yaa..



2.       Jangan jadi pemuja promo

Siapa yang tidak kenal istilah HARBOLNAS, hari Belanja Online Nasional yang segitu hebohnya yaa, semua marketplace memberikan diskon besar-besaran. Aduh mana tahan kekep dompet kalau begini yaaa, mana tahan imron kita untuk tidak belanja? Padahal barang-barang yang kita beli juga bukan barang-barang yang urgent juga bukan barang-barang yang penting, yee kaann?? Ayo berusahalah untuk tidak tergoda promo. Biarlah promo menggonggong, si Sista cantik tidak akan tergoda. Aseeekk...



3.       Siapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang harus ada di simpanan kita dan tujuannya untuk uang cadangan kalau terjadi hal-hal darurat yang tidak kita inginkan. Untuk pasangan yang belum mempunyai anak harus menyimpan uang yang setara tiga kali pengeluaran mereka sebagai dana darurat. Yang sudah mempunyai dua anak bisa menyimpan 6 x dana pengeluaran mereka. sedangkan bagi mereka yang mempunyai tiga anak atau lebih bisa menyimpan dana darurat sebesar 9 sampai 12 kali pengeluaran mereka. Sehingga kalau sewaktu-waktu butuh dana mendadak mereka sudah mempunyai simpanan.



4.       Utamakan investasi bukan menabung

Mengapa harus mengutamakan investasi? Karena investasi itu memberikan lebih banyak bagi hasil daripada menabung. Semakin banyak bagi hasil yang kita dapatkan tentu semakin mudah kita mewujudkan Finansial Goals kita bukan?



5.       Selalu mencatat pengeluaran

Biasakan mencatat pengeluaran dengan detil, walaupun itu hanya uang parkir. Berapapun uang yang kita keluarkan. Suatu saat kalau kita sudah terbiasa mencatatnya kita akan tahu untuk apa sebetulnya pengeluaran terbesar kita, sehingga akhirnya kita bisa mengaturnya dengan bijak.



Nah menurutku lima hal itulah yang harus dipatuhi agar Financial Goals kita bisa terpenuhi. Acara talkshow hari itu berlangsung dengan meriah dan ditutup dengan makan siang bersama. Semoga lain kali akan ada acara-acara yang lebih menarik lainnya. Sukses terus Home credit!


Komentar

  1. PR banget Mbak buat nyiapin dana darurat. Kadang memang butuh usaha lebih keras dan cerdas biar pendapatan cukup besar jadi bisa dialokasikan buat dana darurat atau investasi. Ditambah keteledoran pencatatan, bisa berabe deh. Pengeluaran kecil tapi sering bisa bikin tekor akhirnya. syik acaranya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas beneran deh, kita memang harus pintar2 ya mengelola semuanya, ilmunya benar2 bermanfaat yaa..

      Hapus
  2. Acaranya seru banget ya kemarin itu, punya wawasan baru soal pengelolaan keuangan

    BalasHapus
  3. Oh No. Jangan menjadi pemuja promo. Wkwkwk.. Emak2 banget ini. Keren ini tips keuangannya. Mau nyoba semoga 2020 lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa niihhh... emak2 gila diskon kitaaa.. wkwkwk semoga bermanfaat dik..

      Hapus
  4. Iya ya Mbak, investasi itu lebih penting banget dari sekedar menabung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa dik katanya karena lebih menjanjikan bagi hasilnya qiqiqi..

      Hapus

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td

Postingan Populer