Lima Perkembangan Anak Usia 1 Tahun Yang Wajib Diketahui

Rabu, 09 Desember 2020

 

Pada tahun pertamanya, bayi sibuk mengenail diri dan fungsi anggota tubuhnya. Pada usia ini anak menyadari bahwa dunia di sekitarnya menarik. Dalam pikiran si anak mungkin sedang tidak sabar untuk mencoba berdiri dan berjalan. Tentunya akan banyak perubahan yang terjadi dalam tumbuh kembang anak usia 1 tahun. Si anak lebih banyak berinteraksi dengan orang tua dan orang-orang di sekitarnya, mempunyai rasa ingin tahu lebih besar, dan semakin aktif bergerak. Proses tumbuh kembang yang dialami setiap anak akan berlangsung unik dan berbeda-beda. Karena setiap organ di tubuh si anak memiliki pola pertumbuhan yang berbeda dan dengan kecepatan yang bermacam-macam. Nah jika kalian ingin mengetahui perkembangan anak usia 1 tahun, simak artikel ini sampai selesai ya:

    1. Berat dan Tinggi Badan

Umumnya, berat badan anak usia 1 tahun berkisar 3 kali dari berat lahirnya. Biasanya memiliki berat badan antara 7 sampai 10 kg. Sedangkan tinggi tubuhnya mencapai 70-77 cm. Jika ingin melakukan perhitungan yang lebih rinci cara menghitung perkiraan tinggi badan normal anak usia 1 tahun adalah: 1,5 x tinggi badan saat lahir. Jangan khawatir jika berat dan tinggi tubuh si anak belum mencapai angka yang disebutkan tadi. Karena pastinya setiap anak memiliki laju perkembangan yang berbeda-beda.

    2. Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik merupakan kemampuan si anak dalam menggerakkan bagian-bagian tubuhnya. Anak usia 1 tahun, perkembangan motorik ini ditandai dengan kemampuannya berdiri sendiri, belajar melangkah, dan masih banyak yang lainnya. Tidak hanya itu, salah satu cara memantau perkembangan motorik anak 1 tahun yaitu melihat kemampuannya dalam makan sendiri. Ketika usia 1 tahun ini, si anak semestinya sudah bisa makan menggunakan jarinya, walaupun belum sempurna dan masih berantakan. Setidaknya si anak sudah bisa menggenggam makanan dan memasukkannya ke dalam mulut. Sebagian anak malah sudah bisa makan menggunakan sendok di usia 1 tahun ini.

    3. Kemampuan Berbahasa

Biasanya, anak usia 1 tahun sudah bisa mengerti dan memahami kata-kata tunggal, dapat menunjuk bagian-bagian tubuh, pembendaharaan kata meningkat cepat, dan bisa mengucapkan kalimat yang dimulai dari dua kata atau lebih. Bahkan sudah bisa memanggil kedua orang tuanya dengan sebutan misalnya ibu atau ayah.

    4. Kemampuan Sosial dan Emosional

Kemampuan ini berhubungan dengan bagaimana si anak berinteraksi dengan orang lain. Salah satu ciri tumbuh kembang anak usia 1 tahun yang paling umum yaitu si anak senang memeluk orang tua, meniru aktivitas di rumah, dan mulai berbagi mainan dengan anak lain. Walaupun begitu, kamu sebagai seorang ibu tak perlu heran dan khawatir juga kalau si anak selalu dekat pada kamu saat berada di luar rumah. Si anak mungkin merasa malu ketika berada di dekat orang yang tidak dikenali. Ini merupakan hal yang wajar.

    5. Kemampuan Kognitif

Usia 1 tahun adalah titik awal si anak mulai menyadari keberadaan diri dan lingkungan sekitarnya. Mulai menyadari betapa luas dan menariknya dunia tempat dia hidup selama ini. Ketika dulu si anak senang di dekat kamu atau menggendongnya selalu, sekarang biasanya si anak mungkin lebih sering minta turun dari gendongan dan ingin merangkak atau bahkan berjalan sendiri, apalagi jika baru pertama kali datang ke suatu tempat. Usia ini tahap di mana memori anak mulai berkembang. Saat yang tepat untuk mengenalkan bayi pada bentuk dan warna. Si anak mulai mengetahui punya kemampuan melakukan sesuatu.

Demikianlah lima perkembangan anak usia satu tahun yang wajin kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td