KENDALA DALAM NGEBLOG

Minggu, 10 Januari 2021






Memang tidak mudah merawat sebuah blog, apalagi hingga menjadi blog yang bagus. Apa saja kriteria blog yang bagus itu, sehingga pemiliknya atau penulisnya sampai disebut blogger hits hehehe... Menurutku blog yang bagus itu enak dibaca, mempunyai banyak pengunjung setia, design yang keren, dan yang pasti SEO friendly deh. 

Banyak orang pada awalnya ketika melihat seseorang punya blog, dia juga pengen punya. Tetapi kenyataannya ternyata kesulitan ketika harus konsisten menulis, harus konsisten merawatnya. Ada beberapa hal yang menurut pengalamanku menjadi kendala bagi seseorang untuk merawat blognya, yaitu:

1. Meluangkan Waktu

Meluangkan waktu disini maksudku adalah menyediakan waktu untuk menulis blog. Kunci agar semuanya berjalan lancar menurutku adalah manajemem waktu. Kita harus membuat jadwal,  kita harus memilih mana prioritas utama yang harus didahulukan, dan lalu mematuhinya. Sulit memang, aku sendiri aja suka keteteran hihihi...
Satu lagi kebiasaan jelekku adalah deadliner garis keras, jadi aku baru bisa menulis kalau udah mepeett waktunyaa hihihi aduh menulis dengan gedubrakan adalah hobbyku. Herannya ideku justru mengalir deras kalau aku menulis mepet waktu begitu, entahlah akuuu ini kenapa punya penyakit seperti ini hiks.
Kadang udah susah-susah menyusun jadwal akhirnya jadi kacau karena aku gak mood nulis dan tidak bisa mematuhi jadwal yang aku buat sendiri, akhirnya yaaa bubar deh wkwkk.. Sifat jelek ini yang harus aku perbaiki, tak jarang sehari ada beberapa deadline maka aku nyaris pingsan karena menulis secara marathon wkwkwk aduh padahal waktunya lamaaa, kemana sajaa akuuuh hiks.. tak jarang aku juga sering ketinggalan mengikuti lomba karena terlalu mepet waktunyaa.. hmm kena batunya deh pokoknya..

2. Mencari Ide

Mencari ide tentang apa yang akan ditulis juga menjadi kendala tersendiri. Karena terkadang kita suka bingung mau nulis apa lagi hihihi padahal sebetulnya buanyaaak hal lho yang bisa ditulis, tapi terkadang memang kita tuh sukanya yang muluk-muluk, pengennya nulis hal-hal yang hebat yang amazing, padahal akhirnya malah zonk gak nulis-nulis adudu.. Jadi menurutku menulislah hal-hal yang kita kuasai, yang gampang-gampang aja, pasti deh akan mengalir tulisannya. Kata JK Rowling tulislah apa yang kamu bisa apa yang kamu alami itu lebih mudah. Iya juga sih ya, gak usah muluk-muluk pengen nulis tentang bagaimana mengemudikan pesawat yang benar lha mengemudikan truck aja kita belum tentu bisa hihihi...  Jadi tulislah bagaimana naik sepeda onthel ketika pagi hari keliling kompleks, karena itu pasti lebih mudah kita menuliskannya hehehe.. yeekaaann...

3. Menjadi Page One

Ini yang paling sulit menurutku, bagaimana blog kita bisa  berada di page one atau di halaman pertama pada mesin pencarian google. Kita harus menguasai SEO atau search engine optimization heuheuheu... 
Dan aku adalah blogger yang belum begitu memikirkan SEO dan teman-temannya yaa.. entah kapan nih aku mau serius memikirkannya. Saat ini aku lebih memilih menulis untuk menyenangkan hatiku, menulis umtuk healing gitu gitu deh wkwkw aku nggak mau pusing dengan segala macam aturan dulu. Semoga  nanti kedepannya aku semakin mumpuni, semakin pintar merawat  blogku ini yaa.. aammiinn..

4. Mempunyai Pengunjung Setia

Sebaiknya blog kita mempunyai niche tertentu agar kita mempunyai pengunjung setia deh misalnya blog tentang travel, maka para traveler akan rajin menengok blog kita. Atau blog yang khusus nichenya tentang food atau tentang makanan, maka tentu akan lebih disamperin orang yang suka masak, yang mencari referensi dalam memasak daripada blog palugada kayak punyaku ini hiks.. appaaapuun yang kau cari di blog gue adaaaa wkwkkwwk.. kalah tuh  etalase toko sama blogku hahahhaa....

Menurutku empat hal itulah yang paling sulit untuk bisa ngeblog dengan baik hihihi...kalau menurut pengalamanmu apa dong? Kendala ngeblogmu?





Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td