Rabu, 03 Februari 2016

KELAS INSPIRASI


Tentang Kelas Inspirasi
Bermula dari teman-teman Indonesia Mengajar dan beberapa teman profesional yang ingin berkontribusi  pada pendidikan Indonesia, lahirlah konsep Kelas Inspirasi. Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional volunteer dari berbagai latar belakang diharuskan untuk cuti 1 hari secara serentak untuk mengunjungi dan mengajar Sekolah Dasar, yaitu pada Hari Inspirasi.
Kegiatan Kelas Inspirasi yang pertama diadakan pada tanggal 25 April 2012 dengan tema career day. Para profesional diajak untuk menceritakan mengenai profesinya. Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar. Bagi para profesional volunteer, Kelas Inspirasi dapat memberikan pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa. Interaksi antara para professional dengan siswa dan guru SD diharapkan dapat berkembang nantinya menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum professional.

7 Sikap Dasar Kelas Inspirasi
Menyaksikan kerja keras dan perjuangan para pegiat Kelas Inspirasi serta para guru dan kepala sekolah yang terlibat di dalamnya, maka di bawah ini dirumuskan pelajaran tentang sikap dasar terbaik agar kegiatan dan tujuan Kelas Inspirasidapat tercapai.

Ada 7 sikap yang selalu terlihat di antara pegiat Kelas Inspirasi. Bila ingin terlibat di dalamnya maka Anda diharapkan dapat bersikap:
1.      Sukarela. Semua pihak yang terlibat mengikuti kegiatan ini dengan penuh kerelaan hati. Mereka terlibat tanpa paksaan, baik sekolah maupun relawan/pegiatnya.
2.       Bebas kepentingan. Kegiatan ini bebas dari relasi dengan institusi perusahaan/lembaga tempat pegiat bekerja, relasi dengan motif pemasaran perusahaan dan berbagai kepentingan nonpendidikan yang tidak relevan. Satu-satunya kepentingan yang ada adalah demi masa depan anak-anak Indonesia.
3.      Tanpa biaya. Tidak ada biaya, baik yang dipungut dari relawan, sekolah atau siapapun. Tidak juga melibatkan pendanaan dari perusahaan atau lembaga lain. Satu-satunya pendanaan yang mungkin hanyalah iuran dari relawan/pegiat.
4.      Siap belajar. Bersikap terbuka dan saling belajar, baik sekolah, pegiat/relawan dan semua pihak yang terlibat. Relawan terbuka belajar khususnya bagaimana mengajar di depan kelas, sekolah juga terbuka dengan masukan dari relawan khususnya tentang penyelenggaraan kegiatan ini.
5.    Turun tangan langsung. Para pegiat dan juga pihak sekolah selalu siap turun tangan langsung, fokus pada aksi dan dampak bagi siswa dan kemajuan sekolah. Kesiapan turun tangan juga dibuktikan dengan siap mengambil cuti pada hari H dan siap untuk berkorban menyiapkan berbagai hal sebelum hari H.
6.    Siap bersilaturahmi. Terbuka untuk membangun silaturahmi, baik relawan maupun sekolah. Relawan dan sekolah terbuka, saling rendah hati dan tulus untuk terus menjalin silaturahmi demi kemajuan sekolah dan pendidikan bersama.
7.      Tulus. Semua pihak percaya bahwa ini bukan tentang diri relawan, bukan tentang para pengurus sekolah tetapi demi anak-anak Indonesia yang akan lebih percaya diri dan siap berjuang menyongsong cita-cita mereka.

3 Tujuan Dasar Kelas Inspirasi
Kelas Inspirasi merupakan aktivitas belajar mengenal beragam profesi. Kegiatan ini dibangun dengan 3 tujuan sederhana:
1.  Menyediakan kesempatan bagi siswa-siswa untuk belajar dan membangun imajinasi tentang profesi dan karir di masa depan serta juga memperkuat rasa percaya diri dan tekad untuk terus berjuang mencapai cita-cita.
2.      Menyediakan media untuk kaum profesional meraba, menyentuh dan merasakan langsung tantangan pendidikan di sekolah serta memantik mereka untuk terus terlibat turun tangan dalam ikut membangun kemajuan sekolah.
3.   Menyediakan wahana bagi guru, kepala sekolah serta pemangku kepentingan lain di sekolah untuk membangun jejaring dengan kalangan luas yang dapat dilibatkan dalam berbagai kegiatan demi kemajuan sekolah.

2 Sasaran Pelaksanaan Kelas Inspirasi
Atas tujuan dasar seperti tertulis di atas, secara jangka panjang Kelas Inspirasi dirancang untuk membidik 2 sasaran utama:
1.       Terjadinya relasi positif antara komununitas sekolah dengan sekolah luar. Relasi positif ini akan menguatkan kedua entitas tersebut, memupus kecurigaan dan prasangka negatif yang menjadi penghalang sinergi di antaranya.
2.   Terbentuknya jiwa yang siap turun tangan pada diri setiap relawan Kelas Inspirasi, sehingga  mereka selalu tergerak berkontribusi aktif ketika menghadapi masalah pendidikan.

5 Kunci Sukses Pengelolaan Kelas Inspirasi.
Belajar dari pengalaman selama ini, kegiatan terbaik pengelolaan Kelas Inspirasidapat tercapai dengan menerapkan prinsip-prinsip:
1.   Sosialisasi ke calon pegiatan dan relawan tidak hanya jelas tetapi khususnya juga menekankan pada resiko, pengorbanan dan tantangan yang akan dihadapi. Pengalaman menunjukkan bahwa bila seseorang memutuskan terlibat dengan memahami tantangan dan pengorbanan yang akan dihadapi maka motivasinya akan lebih kuat.
2.  Membangun relasi dengan sekolah dan pemangku kepentingan lain. Pengalaman menunjukkan bahwa kerelaan dan dukungan merupakan kunci dalam penyelenggaraan di sekolah. Semua ini hanya dapat diperoleh dengan komunikasi dan relasi yang baik sebelum pelaksanaan dengan pihak sekolah, dinas pendidikan dan pihak terkait.
3.      Seleksi sekolah. Kelas ini hanya akan terselenggara dengan dukungan baik dari sekolah. Karena itu kuncinya adalah memilih sekolah hanya yang bersedia dan mendukung kegiatan ini secara sukarela.
4.     Seleksi relawan/pegiat. Pengorganisasian kelas ini rumit, kompleks dan membutuhkan waktu serta tenaga yang cukup banyak. Dan kelas ini diorganisasi sepenuhnya secara sukarela oleh para relawan dan pegiat. Kerja keras dan tantangan seperti ini membutuhkan motivasi yang tinggi dan kuat dari relawan apalagi mereka juga harus tetap ceria dan bersemangat di depan siswa-siswanya.
5.    Briefing. Pengalaman menunjukkan bahwa menyelenggarakan briefing dan pertemuan koordinasi memegang kunci keberhasilan kegiatan. Tujuan pertemuan ini adalah mempertemukan dan membangun koordinasi antara relawan dengan pihak sekolah serta menjadi ajang belajar bagi relawan untuk menyiapkan diri dalam mengajar di sekolah.

Pembeda Kelas Inspirasi Indonesia Mengajar
Kegiatan semacam hari profesi (career-day) di sekolah bukan barang baru di Indonesia. Namun yang membedakan Kelas Inspirasi dengan kegiatan serupa di tempat lain adalah:
1.    Melibatkan beragam profesi dan latar belakang secara bersama di satu sekolah serta secara serentak di sekolah-sekolah lain.
2.   Tidak ada sponsor, tidak terkait dengan perusahaan tertentu serta swadana sepenuhnya. Ada beberapa hal yang dapat didukung oleh pihak lain namun bukan bersifat uang dan tidak ada kontraprestasi apapun dalam pemuatan logo atau pencitraan apapun, misalnya peminjaman gedung untuk briefing.
3.    Dilakukan di hari kerja dan dinas sekolah. Karena itu relawan disarankan untuk mengambil cuti.
4.       Dilakukan di sekolah negeri/swasta yang membutuhkan (marjinal). Sekolah-sekolah yang bagus umumnya sudah memiliki hal yang sama dengan melibatkan orang tua untuk mengisinya.
5.    Dilakukan di sebuah lembaga pendidikan yang formal. Kelas Inspirasi juga bertujuan untuk menciptakan relasi yang kuat antara sekolah formal dengan komunitas sehingga memang sasarannya adalah sekolah formal.
6.       Relawan/pegiat adalah penyelenggaranya. Jadi kita semua melayani diri kita sendiri, tidak ada event organizer apalagi PR agency yang melayani para relawan dan pegiat ini. Juga Indonesia Mengajar bukan penyedia layanan ini, pemilik kegiatan ini adalah semua relawan dan pegiat Kelas Inspirasi.

                 Di Lamongan kelas inspirasi sudah terlaksana sebanyak tiga kali. Kelas Inspirasi Lamongan #3 diadakan serentak pada tanggal 30 Januari 2016 di sebelas kecamatan yang tersebar di seluruh Kabupaten Lamongan. 



sumber : www.kelasinspirasilamongan.wordpress.com

2 komentar:

  1. Keren tulisannya, terima kasih Mb atas inspirasinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha makasihh mbk Milda, udah mampir..

      Hapus