Langsung ke konten utama

ANYANG-ANYANGAN TAK BOLEH MENGGANGGU AKTIVITASKU

         Sejak suamiku meninggal, praktis aku menjadi single parents, harus bisa menjadi ibu sekaligus ayah buat keempat anakku. Sudah kebayang kan gimana rempongnya menuruti keempat permintaan anakku, apalagi ada yang bersekolah di luar kota. Waktuku nyaris habis di jalan untuk memenuhi keperluan mereka. Udah gitu, aku tinggal di kota kecil, yang tentu saja kurang fasilitasnya, tidak seperti kalau hidup di kota besar. Di kota besar, banyak sekali jasa online yang bisa mempermudah urusan kita, tinggal memencet handphone, maka urusan menjadi lancar, kebutuhan bisa terpenuhi, padahal kita hanya di rumah saja. Misalnya kita ingin makan enak tanpa repot memasak, tinggal telepon lalu menggunakan jasa delivery service, tak sampai setengah jam, makanan yang kita inginkan sudah ada di hadapan kita. Mudah sekali hidup di jaman now ini. Eh tetapi aku berbahagia koq hidup di kota kecil, walaupun terpaksa harus wira wiri sendiri memenuhi semua kebutuhanku hehehe...

Prive Uri-cran (plus)

         Aku tinggal lima belas kilo dari tempatku mengajar di sebuah desa di Kabupaten Lamongan. Setiap hari aku harus berangkat pagi agar tidak terlambat sampai di sekolah. Sebelumnya aku harus mengantar dua anakku yang masih sekolah di sekolah dasar, so kalau sampai aku berangkat kesiangan maka ada tiga orang yang bakal terlambat. Itulah mengapa setiap pagi aku selalu gedubrakan menyiapkan semuanya agar kami tidak terlambat. Kadang-kadang begitu terburu-burunya aku sampai tidak sempat untuk pergi ke kamar kecil terlebih dahulu, menuntaskan rasa pengen pipisku. Aku sering sekali menundanya karena takut terlambat. 

Kemanapun aku pergi, selalu ada Prive Uri-cran plus di tasku

         Begitu juga apabila sudah sampai di sekolah, kadang-kadang bel sudah berbunyi, aku harus segera masuk kelas. Kalau aku sampai terlambat masuk kelas, maka akan ada puluhan anak yang juga ikut merasakan ruginya kehilangan jam pelajaran, oleh karena itu aku selalu berusaha datang tepat waktu. Nah, lagi-lagi kalau aku pengen buang air kecil, kalau memang bisa ditahan, maka aku lebih sering menahannya sampai saat istirahat tiba. Tidak hanya sampai situ saja, kalau ternyata nanti kamar mandinya terlalu kotor dan bau, aku bisa menundanya sampai pulang ke rumah. Masyaallah benar-benar kebiasaan yang buruk dan tidak boleh ditiru yaa.. 

           Padahal aku juga tahu bahwa 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih yang gejala awalnya sering disebut sebagai anyang-anyangan atau rasa ingin buang air terus menerus namun hanya sedikit yang keluar. Sebaiknya kita memang tidak boleh menganggap enteng anyang-anyangan ini. Secara anatomi, saluran kemih wanita memang lebih rentan diserang bakteri jahat E-Coli karena jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat dibandingkan pada pria. Bila tidak segera ditangani, maka hal ini bisa mengakibatkan infeksi saluran kemih. Dokter ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U menyampaikan bahwa anyang-anyangan adalah  merupakan suatu gejala yang merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah  dalam penyimpanan air seni di kandung kencing. 

          Infeksi pada saluran kemih yang dapat dibagi  menjadi dua yaitu bagian bawah dan bagian atas, selain ditandai anyang-anyangan, kadang-kadang ada rasa perih dan panas saat kencing. Penyebab anyang-anyangan biasanya terjadi karena sering menahan kencing. Penyebab lainnya bisa karena terlalu banyak minum yang berefek diuretik seperti alkohol, kopi, dan teh. Bisa juga karena kehamilan, cemas, otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, interstitial cystitis, dan diverticulitis. Infeksi saluran kemih sesungguhnya terjadi ketika bakteri menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi saluran kemih bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejala dari kondisi ini meliputi rasa selalu ingin pipis, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, dan bau urin yang menyengat. Sedangkan Infeksi saluran kemih atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal yang gejalanya meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam. Apabila kita merasa hasrat buang air kecil sudah berlebih, dan yang keluar sedikit-sedikit, lalu terasa nyeri pada panggul bagi wanita dan nyeri pada anus bagi pria, ada rasa perih dan kadang-kadang juga demam, maka itu tanda-tanda kita mengalami anyang-anyangan. 

Anyang-anyangan jangan sampai mengganggu aktivitas kita


        Minggu lalu, aku dan anak-anakku berlibur ke Surabaya, ternyata sampai sana, anakku sakit. Dia mengatakan perutnya nyeri sekali, akhirnya aku membawanya ke rumah sakit. Begitu sampai di rumah sakit, dokter menyarankan untuk rawat inap, aku sempat bingung, karena aku tidak membawa persiapan apa-apa. Tetapi karena tidak mungkin membawa anakku pulang ke Lamongan, maka aku mematuhi saran dokter itu untuk opname. Setelah semua urusan anakku beres, dia sudah mendapatkan kamar dan ada ibu mertuaku yang bisa menjaganya, maka aku pulang ke Lamongan untuk menyiapkan baju dan lain-lain. Aku juga memutuskan untuk mampir ke sekolah tempatku mengajar untuk meminta ijin barang satu atau dua hari. Hari itu aku betul-betul sibuk sekali, wira wiri kemana-mana menyelesaikan semuanya. Dan sudah menjadi kebiasaanku, akhirnya aku menahan buang air kecil karena kesibukanku itu. Begitu sampai di Surabaya lagi, tiba-tiba selesai buang air kecil aku merasakan sakit, area vitalku terasa panas dan perih, dan air kencingnya juga sedikit. Aku langsung yakin, wah pasti penyebab sakit saat buang air kecilku ini karena anyang-anyangan nih. Betul-betul tidak nyaman rasanya, apalagi aku sedang di rumah sakit, menjaga anakku yang opname.

Menjaga anak opname perlu ekstra tenaga, jangan sampai anyang-anyangan mengganggu kita

          Malam itu rasanya tidak enak sekali, karena aku harus bolak balik ke kamar kecil. Padahal anakku juga membutuhkan perhatianku. Nyaris semalaman aku tidak tidur. Rasa perih semakin menjadi. Akhirnya keesokan harinya aku bertanya kepada perawat yang sedang mengecheck suhu tubuh anakku mengenai obat anyang-anyangan. Lucunya perawat yang satu mengatakan aku harus mengikat jempol kakiku dengan karet untuk mengurangi rasa anyang-anyangan tersebut. Aku dan perawat satunya tertawa geli, walaupun sebetulnya aku juga pernah mendengar mitos itu. Perawat satunya lagi mengatakan, sekarang sudah ada obat anyang-anyangan yang mujarab, namanya Prive Uri-cran yang mudah didapatkan di apotek-apotek terdekat. Aku langsung ingat sesuatu hal, aku juga pernah disarankan oleh seorang temanku untuk mengkonsumsi obat itu. Tanpa membuang waktu, aku membeli di apotik di dekat rumah sakit tersebut, alhamdulillah ternyata Prive Uri-cran mudah didapatkan. 

Minum Prive Uri-cran tidak seperti minum obat, justru seperti minum sirup segar karena kandungan cranberrynya

        Ada dua produk Uri-cran yaitu yang kapsul dan yang beruba serbuk (prive uri-cran plus). Dan jangan khawatir yang memproduksi adalah perusahaan ternama Combiphar, yang telah berdiri sejak tahun 1971 dan telah memproduksi 170 merk obat bebas di pasaran. Aku suka rasanya ternyata tidak seperti obat justru lebih seperti sirup, apalagi warna kemerahannya membuat kita semangat untuk minum. Bila mengkonsumsi Prive Uri-cran kapsul dosisnya 1-2 kapsul per hari dengan komposisi 250 mg Ekstrak Cranberry. Sedangkan untuk Prive Uri-cran Plus dosisnya 1-2 sachet per hari dengan komposisi 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Dan prive uri-cran ini enaknya bisa diminum kapanpun dan tentu saja dimanapun.


Prive Uri-cran mudah didapatkan di apotek sekitar kita

         Penggunaan Cranberry sebagai solusi alami untuk mengatasi anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih telah lama dikenal di dunia. Kandungan Cranberry dapat mencegah bakteri E. coli menempel pada dinding saluran kemih. Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak pendek atau tanaman yang biasanya tumbuh liar yang biasanya ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Cranberry yang bermanfaat bagi kesehatan jantung ini juga memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu cranberry kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan. Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry juga terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.


Buah Cranberry sumber www.uricran.co.id




       Sejak jaman dahulu, cranberry sudah digunakan untuk berbagai macam pengobatan, dikarenakan kandungannya yang amat sangat beragam dan bermanfaat bagi berbagai macam penyakit dan kondisi tubuh. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Dan kini ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Dan akhirnya pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

       Nah, sekarang sudah yakin kan ternyata Prive Uri-cran sangat ampuh mengatasi anyang-anyangan karena kandungan buah cranberry di dalamnya. Beberapa tips dari aku berikut ini, semoga bisa membantu kita menjalani hidup sehat tanpa anyang-anyangan, tanpa susah buang air kecil :

1. Jangan suka menunda apabila terasa buang air kecil, sebaiknya langsung berlarilah mencari toilet.
2. Makan-makanlah yang mengandung serat dan banyak air, sehingga melancarkan buang air kecil kita.
3. Minumlah air putih yang cukup agar kita terhindar dari dehidrasi.
4. Bawalah tisu basah atau kering di dalam tas, kalau perlu celana dalam pengganti, untuk selalu menjaga kebersihan area kewanitaan kita agar tetap kering dan segar, juga agar bakteri e-coli tidak mudah masuk ke area vital kita.
5. Siapkan selalu Prive Uri-cran apabila sewaktu-waktu kita terkena anyang-anyangan.


Oke, selamat beraktivitas ya, jangan sampai anyang-anyangan mengganggu aktivitas kita!

Sumber bacaan : www. uricran.co.id










Komentar

  1. wah.. kita sama.. aku juga pake ini... enak rasanya..

    BalasHapus
  2. Anyang-anyangan memang bikin nggak nyaman y mb, untung sekarang ada prive uri cran

    BalasHapus
  3. memang kadang kita suka nggak yakin ya kalau harus pipis di luar rumah. padahal kalau ditahan pipisnya malah bisa jadi penyakit

    BalasHapus
  4. alhamdulillah sdh jarang anyang2en.. smg gak deh.. sehat selalu.. info yg sgt brmanfaat nih mb

    BalasHapus
  5. gak enak banget emang kena anyang-anyangan, untung ada uri cran ya Mba

    BalasHapus
  6. Emang ya kalau kena ayang-ayangan bikin gak nyaman, bikin bete apalagi kalau dalam perjalanan jauh hiks

    BalasHapus
  7. Cara menjaga kesehatan adalah mengkonsumsi makanan bergizi dan salah satunya ya itu...

    BalasHapus
  8. wah... anyang-anyangan emang mengganggu ya, untung ada prive uri cran, jadi kita bisa melakukan aktivitas dengan tenang terutama bagi yang suka traveling kayak aku.. gak boleh banget anyang-anyangan.. hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td