Langsung ke konten utama

KIRAB OBOR ASIAN GAMES SEBAGAI AJANG PROMOSI WISATA INDONESIA


Perhelatan akbar ASIAN GAMES masih sebulan lagi tetapi semaraknya sudah dimulai beberapa hari yang lalu. ASIAN GAMES adalah event olahraga terbesar di Asia yang pada tahun ini Indonesia menjadi tuan rumahnya. Ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah. Yang pertama yaitu tahun 1962 di masa kepemimpinan Presiden Soekarno. Itulah mengapa Torch Relay sengaja dilewatkan ke kota Blitar, dimana terdapat makam Bung Karno. Menko PMK, Puan Maharani mengaku sangat bangga, "Alhamdulillah, sejarah kembali terulang, 56 tahun lalu, di masa Bung Karno, Indonesia pernah jadi Tuan Rumah dan tahun 2018, Indonesia menjadi Tuan Rumah untuk kedua kalinya. Tentu jadi kebangaan tersendiri bagi kami khususnya Keluarga Bung Karno bahwa Kirab Obor Asian Games ini singgah di Kota Blitar dan menyambangi Makam Bung Karno. Makna dan semangat di masa lalu tentu harus tetap ada di tahun ini.” Hal itu diungkapkan beliau ketika menyambut datangnya api obor Asian Games di situs makam Bung Karno kemarin siang.

Diawali pada tanggal 15 Juli 2018, api obor Asian Games ini diambl dari India. Kenapa Inida? Karena di New delhi, ibu kota Indialah tempat pertama kalinya diadakan Asian games pada tahun 1951. Setelah dinyalakan di  Stadium The Major Dhyan Chand National India, api Obor ini kemudian selanjutnya akan disatukan dengan Api dari Mrapen, Grobogan. dan kemudian baru dibawa keliling Indonesia. Penyatuan api dari India dan Mrapen  di mini Cauldron akan dilakukan pada konser Torch Relay Prambanan yang dihadiri oleh 45 perwakilan peserta Asian Games 2018.
Kirab obor  Asian Games 2018 ini akan dibawa berkeliling di 53 kota dan 18 provinsi di Indonesia sampai akhirnya mendarat di Jakarta yang akan dinyalakan oleh Presiden Joko Widodo tepat pada pembukaan Asian Games XVIII 2018, pada tanggal 18 Agustus 2018 mendatang.

Beberapa manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dengan adanya Torch Relay atau Kirab obor ini adalah :
1. Menjadi simbol pertemanan dan semangat Asian games di seluruh tanah air. Sudah terbukti di beberapa daerah yang dilalui, masyarakat kompak menyambut lewatnya api obor tersebut. Mulai dari anak-anak bahkan orang dewasa berebut menunggu di pinggir jalan. Sejak pagi obrolan dimana-mana membicarakan api obor yang akan lewat. Semua masyarakat merasa memiliki, dan tiba-tiba timbul rasa persaudaraan yang dalam. Bahwa kita sesama rakyak indoensia ingin Asian Games ini berjalan lancar.
2. Menjadi ajang sosialisasi kepada masyarakat mengenai event olah raga terbesar di Asia ini agar gaung dan semaraknya terasa di seluruh Indonesia. Tidak bisa kita pungkiri bahwa belum semua masyarakat tahu akan adanya Asian Games ini. Maka dengan adanya api obor yang lewat di daerahnya diharapkan bisa menjadi sosialisasi.
3. Menjadi ajang promosi banyak destinasi pariwisata di seluruh Indonesia terutama di daerah yang dilewati oleh Kirab Obor ini. Beberapa tempat wisata unggulan yang dilewati antara lain : Gunung Bromo, Kawah Ijen, Danau Toba, Raja Ampat, kepulauan Seribu dan lain-lain.
4. Menjadi ajang promosi seni budaya ke mancanegara, karena ketika menyambut api obor ini mereka akan menampilkan kesenian daerah mereka masing-masing.
5.  Menjadi ajang sosialisasi banyak potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut, misalnya mengenai oleh-oleh dan makanan khas daerah tersebut.
6. Meningkatkan perekonomian masyarakat terutama UKM-UKM  di daerah tersebut.

Itulah beberapa manfaat yang semoga bisa diperoleh dengan adanya Kirab Obor ini. Berikut ini adalah route Torch Relay mulai dari Yogyakarta sampai nanti berakhir di Jakarta. Ayo ikut meriahkan, siapa tahu daerahmu juga dilewati lhooo...











sumber :
www.kemenkopmk.go.id
@kemenko_pmk

Komentar

  1. seru banget ya Mbk perhelatan ini makin seru karena itu maskotnya bikin gemeees, lucu banget

    BalasHapus
  2. Gak sabar, sebentar lagi Asean Games 2018 di mulai :)

    BalasHapus
  3. Di Kota ku juga ada kirab obor :) heheh

    BalasHapus
  4. Wah, saya baru tahu kalau api obor nya dari India.Heheh :D

    BalasHapus
  5. Memang banyak banget manfaat dari kirab obor.Dengan adanya kirab obor dapat menambah perekonomian masyarakat dari daerah tersebut.

    BalasHapus
  6. yey,bentar lagi Asian games dimulai:)

    BalasHapus

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td