AYO BERPETUALANG KE KOTA PAHLAWAN SURABAYA



Surabaya sebagai kota pahlawan tentu menarik minat bagi para wisatawan untuk datang dan berkunjung kesana. Apalagi Surabaya adalah kota Metropolis kedua setelah Jakarta. Ramainya, modernnya bahkan macetnya sudah mirip Jakarta banget hehehe... aku sendiri suka sekali pergi ke Surabaya, karena memang mertuaku tinggal di Surabaya hehehe...
Banyak tempat untuk berpetualang yang bisa dikunjungi di Surabaya lhooo, diantaranya adalah :





1.      Monumen kapal Selam atau bisa disebut sebagai MONKASEL
Sebetulnya adalah sebuah museum kapal selam yang terdapat di daerah Genteng, tepatnya bersebelahan dengan Delta Plaza Surabaya. Monumen ini adalah kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia. Kapal selam ini pernah ikut dalam pertempuran untuk membebaskan Irian Barat. Dengan memotongnya menjadi beberapa bagian, kemudian diangkut ke darat dan lalu disambung menjadi kapal selam yang utuh, monumen ini menjadi tempat wisata yang dikunjungi banyak orang.
Selain kita bisa menikmati interior kapal, di area sekitar monumen ini juga ada kolam renang dan play ground untuk anak-anak bermain. Memasuki kapal selamnya membuat kita terbayang berada ribuan kilo dibawah laut. Bagian-bagiannya ternyata sungguh rumit dan seru. Dengan berpetualang memasukinya kita seperti benar-benar sedang menaiki kapal tersebut. Selain itu juga ada pemutaran film tentang bagaimana TNI Angkatan Laut berjuang melawan penjajahan. Tiket masuk yang hanya 15000 rupiah, cukup murahlah untuk segala fasilitas yang didapat.

2.      MUSEUM TUGU PAHLAWAN
Museum yang terletak di areal Tugu Pahlawan Surabaya ini, terletak di bawah tanah sedalam tujuh meter. Museum ini dibangun untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang bertempur di Surabaya terutama pertempuran 10 nopember 1945 yang terkenal itu. Oleh karena itu begitu memasuki muesum ini kita bisa mendengarkan pidato Bung Tomo yang berapi-api sekaligus membaca pidato beliau yang tertulis disitu. Di Museum itu bisa kita lihat juga diorama-diorama tentang perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan. Selain itu juga ada benda-benda kuno, foto-foto para pahlawan dan juga uang-uang kuno pada jaman dahulu. Dengan tiket masuk yang hanya lima ribu rupiah kita bisa terhibur menyaksikan berbagai macam peninggalannya.

3.      MUSEUM SURABAYA
Museum Surabaya terletak di lantai dasar gedung Siola, gedungnya ada yang  menghadap ke Jalan Genteng Kali dan ada pula yang menghadap ke Jalan Tunjungan. Di museum ini terdapat lebih dari seribu benda bersejarah sejak dipimpin wali Kota pertama hingga wali kota yang sekarang. Plus foto-foto para wali kota tersebut. Banyak benda-benda legendaris yang dipamerkan, membuat kita seperti berada di jaman dahulu kala. Ada boneka maneqin Cak dan Ning Surabaya yang menyambut kita begitu kita memasukinya. Selain itu ada juga puluhan tanda penghargaan yang pernah diraih oleh Kota Surabaya.
Ada benda-benda unik yang membuat museum ini menjadi menarik, seperti lemari penyimpan perabotan makanan, cermin wilhelmina yang telah ada sejak 1907, juga replika model biola yang dipakai WR Supratman.  Yang seru lagi ada kursi dan meja serta papan tulis seperti yang digunakan di sekolah-sekolah pada jaman dahulu kala.  Juga ada mobil-mobil seperti bemo dan angguna. Sungguh unik dan lengkap memang Museum ini.


            Nah setelah membaca ulasanku tentang tempat-tempat yang seru buat dikunjungi di Surabaya, tentu kalian sudah tidak sabar untuk segera terbang ke Surabaya bukan? Jangan khawatir banyak cara untuk bisa ke Surabaya, mau jalur udara, darat atau laut hehehe Dan jangn khawatir ada pegi-pegi yang bakalan memudahkan rencana perjalananmu. Walaupun tiket pesawat ke Surabaya konon sekarang katanya mahal, jangan khawatir semua akan beres. Karena memesan tiket di pegi-pegi itu sangat mudah sekali. Kalian bisa download aplikasinya di playstore. Setelah dibuka akan ada pilihan Hotel, tiket pesawat dan tiket kereta api.  Kita tinggal pilih tiket apa yang kita butuhkan. Selain itu juga ada promo berisi banyaaak potongan harga yang bisa kita gunakan sehingga tiket menjadi tidak mahal, juga ada travel tips yang bermanfaat untuk panduan perjalanan kita, bagaimana seru kan? Yuk mumpung mau liburan buruan meluncur ke pegipegi.com cuuusss....


Komentar

Postingan Populer