KALKULATOR MASA SUBUR

Selasa, 16 Juli 2019


Sekarang ini untuk mengetahui masa subur pada wanita bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara manual dan online. Untuk mengetahui masa subur pada wanita dengan cara manual bisa dilihat dari ciri-ciri fisiknya, tetapi untuk mengetahuinya dengan cara online bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi, melalui android yang anda miliki. 

Berikut beberapa cara untuk mengetahui masa subur wanita secara manual dan online :

1. Aplikasi Hitung Masa Subur

Dengan menggunakan aplikasi kalkulator masa subur, bisa membantu anda untuk menghitung masa subur berdasarkan siklus menstruasi. Sehingga dengan mengetahui masa subur, anda bisa memperbesar kemungkinan untuk memiliki keturunan. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan bagi anda yang ingin mengetahui tentang kalender masa subur untuk mendapatkan anak laki-laki. Pada aplikasi ini juga terdapat fitur Usia Kehamilan. Dimana pada fitur ini anda bisa menghitung usia kehamilan saat ini hingga perkiraan lahir. Sedangkan untuk memperkirakan berat badan pada fitur Usia Kehamilan ini menggunakan skala BMI sebagai standarnya. 

2. Memprediksikan Masa Subur Wanita Melalui Tanda-tanda Pada Tubuh

Jika anda kesulitan untuk memperkirakan masa subur melalui siklus menstruasi, ada cara lain yang bisa memprediksikan masa subur anda yaitu dengan cara mengetahui tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh. Selain itu juga, tubuh biasanya akan menunjukkan tanda-tanda saat ia siap melakukan ovulasi. Sehingga, hal ini tentunya bisa membantu anda dalam mengetahui masa subur dan bisa merencanakan untuk hamil. Untuk tanda-tanda di dalam tubuh yang sedang terjadi ovulasi, biasanya akan mengalami seperti suhu tubuh basal sedikit naik, perubahan pada lendir serviks (cairan dari vagina), perubahan ketegangan mulut rahim, dan lain-lainnya.

3. Period Calculator & Ovulation Calculator

Aplikasi Period Calculator & Ovulation Calculator ini selain digunakan untuk melacak siklus menstruasi, juga bisa digunakan sebagai kalkulator masa subur haid tidak teratur. Perlu diketahui bahwa siklus seperti ini biasanya kerap terjadi pada wanita-wanita muda yang jarang mencatat tanggal menstruasi setiap bulannya. Jika sudah demikian, maka tentu saja yang harus anda lakukan adalah mulai mencatat dan melakukan penyesuaian. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mencari tahu apakah seorang wanita tersebut sedang hamil atau tidak. Bahkan aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merencanakan KB.

4. Perhitungan Masa Subur Dari Suhu Basal Tubuh

Bisanya ketika terjadi ovulasi maka suhu tubuh akan meningkat hingga siklus haid datang. Sesaat setelah suhu tubuh anda meningkat maka itulah masa paling subur. Cara ini akan lebih akurat karena bukan hasil dari perhitungan, namun langsung diketahui dari kondisi tubuh. Dalam hal ini, anda harus mengukur suhu basal ketika bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas apapun. Ketika anda bangun tidur dan masih dalam posisi berbaring, jangan langsung bangun mapun meregangkan badan. Namun, anda harus langsung mengukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer. Lakukanlah cara ini setiap bangun tidur pada jam yang sama. Perlu diketahui, bahwa biasanya suhu normal itu berkisar antara 35 C hingga 36 C. Jadi, jika suhu tubuh anda meningkat pada kisaran 37 C - 38 C dan tidak menurun hingga keesokan harinya, maka saat itulah masa subur anda.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui masa subur wanita secara manual dan onlie, semoga ada manfaatnya. Terutama bagi anda yang sedang menjalankan program kehamilan.

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td