CIRI-CIRI KEHAMILAN TRIMESTER PERTAMA

Selasa, 24 November 2020


Trimester pertama saat hamil merupakan masa kehamilan yang secara fisik mempunyai ukuran yang masih kecil. Namun, pada trimester pertama kehamilan ini sang ibu hamil akan merasakan gejala-gejala di fase ini yang memang cukup mengganggu. 

Walaupun demikian, ada beberapa ibu yang tidak mengetahui bahwa ciri-ciri ini merupakan pertanda kehamilan di trimester pertama, sehingga membuat sang ibu bertanya-tanya apakah hal yang mereka alami itu adalah hal yang normal? Maka dari itu, agar tidak keliru maka sebaiknya anda memahami apa saja ciri-ciri hamil pada trimester pertama. Mari kita simak ulasannya berikut ini!


1. Lendir Vagina Lebih Banyak

Pada trimester pertama biasanya seorang wanita akan mengalami keluarnya lendir yang berlebih dari dalam vagina, lendir ini juga biasanya lebih tebal, lebih licin, berwarna putih kecoklatan dan juga tentu sangat sulit untuk dihilangkan. Untuk bau yang muncul pada keputihan ini terbilang sangat wajar, akan tetapi juga jika keputihan tersebut menghasilkan bau yang luar biasa dan membuat anda tidak nyaman maka anda perlu waspada. Dan anda juga bisa langsung untuk memeriksakan kondisi ini pada dokter spesialis kandungan.


2. Diare Tanpa Henti


Pada awal kehamilan ini biasanya ibu hamil akan mengalami diare tanpa gejala apapun sebelumnya, diare ini disebabkan oleh bakteri di dalam usus yang menyebabkan cairan usus menjadi lebih cair dan lebih banyak sehingga tinja lebih lunak. Pada wanita hami, diare disebabkan oleh efek perubahan hormon yang sangat cepat dan biasanya juga terjadi pada minggu pertama kehamilan.


3. Mulut Yang Terasa Asam


Kadar esterogen yang turun dalam tubuh wanita hamil dapat berpengaruh dalam mengurangi fungsi dan kepekaan lidah yang berfungsi sebagai indera pengecap, sehingga ibu hamil harus menghindari makanan pedas yang inilah akan dapat membuat lidah menjadi berbeda pada saat anda hamil. Perasaan pahit dan asam akan menjadi kondisi yang bisa mengindikasikan kehamilan, dan tak heran bila kondisi ini mebuat ibu hamil akan cenderung lebih menginginkan makanan dengan cita rasa asam dan menyegarkan. Dan hal ini pada umumnya dikenal dengan sebutan ngidam, yang pada umunya dialami oleh ibu hamil pada masa awal kehamilan. 


4. Konstipasi


Kontipasi merupakan sebuah kondisi dimana pencernaan yang tidak berjalan dengan lancar, kondisi ini juga membuat feses atau tinja yang dikeluarkan pada saat buang air besar yang menjadi lebih keras dan sulit. Dengan begitu hal inilah yang dapat menyebabkan orang yang mengalami konstipasi akan mengalami kesulitan untuk buang air besar, tentunya juga pada kehamilan kontipasi ini memang sangat erat kaitannya san seringkali dijumpai pada banyak ibu hamil. Pada perubahan hornmon yang terjadi pada masa kehamilan dapat menyebabkan bagian usus besar atau kolon menjadi terganggu, hal inilah yang dapat memperlambat proses pengeluaran tinja dari dalam tubuh. 

Untuk mengatasi masalah tersebut maka perbanyaklah mengkomsumsi sayuran dan buah-buahan dengan kandungan serat yang tinggi, yang akan dapat anda lakukan karen serta berfungsi untuk dapat melancarkan kinerja saluran pencernaan dengan lebih baik. Selain itu juga, komsumsilah air putih dan perbanyak asupan cairan yang sehat dari jus atau susu. Pada masa kehamilan untuk mengatasi kontipasi ini sebaiknya hindari asupan minuman bersoda dan minuman yang mengandung kafein. Dan ibu hamil juga bisa melakukan olahraga ringan yang akan membantu anda dalam mengatasi masalah kontipasi dengan lebih baik, yang salah satunya adalah dengan melakukan olahraga seperti berenang atau yoga.

Demikianlah ciri-ciri kehamilan di trimester pertama yang bisa kita ketahui, semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td