MENGHASILKAN UANG DARI NGEBLOG

Minggu, 28 Maret 2021




Mungkin kalau saat ini ini orang sudah banyak yang mengetahui bahwa blog bisa menghasilkan uang, sekira tahun 2010 belum banyak orang yang memahami tentang hal itu. Awalnya waktu itu adikku mengenalkan aku tentang blog karena dia melihat aku suka menulis. Terkadang aku mengeluh sering kehilangan fileku sehingga aku kehilangan tulisanku yang bagiku sangat berharga. Akhirnya adikku memberitahukan bahwa aku bisa membuat sebuah blog dan menuliskan semua pengalamanku di situ, menjadi seperti sebuah buku diary sehingga apabila suatu saat aku ingin membacanya lagi buku diary digital itu akan tetap ada. Aku tidak perlu ketakutan kehilangan file lagi.

Aku sempat bingung dan tidak paham tetapi kemudian adikku mengajariku untuk membuat sebuah blog di blogspot. Selain itu ada temanku SMA yang juga mendukungku untuk membuat blog, dan dia mengajariku menulis blog di Opera. Akhirnya Belajarlah aku membuat sebuah blog waktu itu aku memberi nama blogku Amazing Teacher, karena harapanku blog itu akan berisi tentang pengalaman-pengalamanku selama menjadi guru atau selama mengajar murid-murid ku. Tetapi seiring jalannya waktu akhirnya aku menggantinya. Dan sekarang blogku berjudul Writing for Inspiring.

Karena sudah mempunyai blog akhirnya aku googling dan mencari cari tahu tentang blogger dan blog di internet. Hingga akhirnya aku menemukan sebuah komunitas blogger. Karena bergabung dengan komunitas itulah aku menjadi tahu apa itu blog dan bagaimana blog bisa menghasilkan uang. Tak lama kemudian suamiku juga mendukungku dan memutuskan untuk mendaftarkan blogku menjadi blog berbayar sehingga tampak profesional. Aku sangat senang sekali dan semakin rajin mengisi blogku dengan berbagai macam tulisan. Dan lambat laun kemudian blogku mulai banyak dikunjungi orang dan mulai banyak pembacanya. Memang sih syaratnya aku harus rajin menulis untuk mendapatkan pembaca setia, dan untuk konsisten menulis itu tentu sangat susah.

Awal mula mendapat uang di blog adalah ketika suatu saat ada seseorang yang mengirim email dan memintaku untuk menulis artikel tentang kuliner di kota Malang. Dia mengatakan bahwa aku hanya tinggal mengunggahnya karena dia sudah menyediakan bahannya. Ketika itu dia memberiku fee sebesar Rp100.000. Wow aku benar-benar surprise dan kaget karena hanya dengan mengupload tulisan tanpa usaha apa-apa, aku sudah bisa mendapatkan uang. Belakangan aku baru tahu kalau hal seperti  itu namanya content placement. Aduh senang sekali.

Sejak mendapatkan uang pertama kali itulah aku mulai menyadari bahwa sesungguhnya aku bisa mendapatkan uang dari blogku. Oh ya satu hal yang sangat penting adalah kita memang harus bergabung dengan komunitas. Karena dengan bergabung di suatu komunitas kita akan mendapatkan banyak info tentang job blogger.  Dan yang lebih penting lagi kita akan mendapatkan banyak ilmu, seperti bagaimana merawat blog kita. 

Terus terang aku mengetahui banyak hal tentang blog juga dari komunitasku tersebut. Pada saat itu aku rela belajar banyak hal agar aku memahami dan menguasai dunia per blogingan. Sudah banyak sekali yang aku dapatkan dari blog ini. Tidak hanya content placement, tapi aku juga mulai diminta menulis artikel-artikel atau menulis review tentang suatu produk di blogku dengan imbalan uang yang lumayan. Selain itu aku juga menjadi blogger event di mana tugasku adalah menghadiri suatu event, meliput acaranya kemudian aku menuliskan pengalamanku itu di blog dan aku mendapat imbalan dari dari situ. 

Aku sangat bersyukur karena bisa mengenal dunia blog ini. Hal ini sangat membantuku untuk mendapatkan penghasilan sampingan Apalagi setelah suamiku meninggal aku harus membiayai anak-anakku sendirian,  maka dengan mempunyai blog ini aku bisa tetap survive dan tetap bisa merawat anak-anakku. Aku sangat bersyukur bisa menjadi blogger dan berjanji untuk selalu menjadi blogger yang baik dan mengupgrade ilmuku.

Oya satu lagi yang di luar dugaanku, aku juga pernah menjadi pembicara untuk mengisi tentang bagaimana bisa menghasilkan uang dari blog. Wah itu sangat istimewa bagiku karena menurutku aku hanyalah blogger receh tetapi ternyata aku juga dipercaya dan mendapatkan kesempatan untuk berbagi ilmu. Alhamdulillah apabila ilmu yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk orang lain. Kedepannya aku berharap, aku bisa membagikan ilmuku mengenai blog ini kepada banyak orang agar lebih banyak orang yang bisa ngeblog.

1 komentar

  1. Seru.. dari blog juga nambah sedulur ya mba .. semoga lancar terus rejekinya dari blog

    BalasHapus

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td