HAKUNA MATATA

Minggu, 20 Juni 2021






Di setiap sosial media ku selalu ada tagline Hakuna Matata. Sebetulnya pertama kali aku mengetahui tentang hakuna matata adalah ketika aku melihat film Lion King, di situ kisahnya sangat seru dan ada lagu tentang Hakuna Matata. Aku sangat terkesan melihatnya. Sejak saat itulah aku mulai menyukai quotes hakuna Matata tersebut

Hakuna matata sendiri artinya adalah no worries atau jangan khawatir. Hakuna Matata adalah sebuah perkataan dalam bahasa Swahili yang biasanya diterjemahkan yang  artinya menjadi jangan khawatir. Pada tahun 1980, grup musik Kenya, Them Mushrooms, mengedarkan sebuah lagu berjudul "Jambo Bwana" yang menjadi hit di dunia. Dan Frasa "Hakuna Matata" diulang-ulang di bagian refrain lagu tersebut.

Dalam film The Lion King (1994), "Hakuna Matata" adalah nama sebuah lagu yang digunakan di film tersebut. Juga dalam salah satu film ini, The Lion King memiliki tempat dan lagu dengan nama yang sama. Lagu tersebut digubah Elton John dan liriknya ditulis Tim Rice. "Hakuna Matata" dinominasikan dalam kategori Lagu Terbapik pada Penghargaan Oscar tahun 1995, dan tahukah kalian oleh American Film Institute dinyatakan sebagai lagu terbaik berperingkat ke-99 dalam sejarah perfilman.

Aku sendiri sangat menyukai arti Hakuna Matata, karena menurutku artinya sangat bagus. No worries itu seperti tawakkal dimana kita tidak khawatir dengan apa yang akan terjadi besok, kita yakin Allah sudah mengaturnya. Allah sudah mengatur hidup kita dengan baik jadi kita tidak perlu khawatir lagi, makanya aku sangat menyukai quote ini. Karena aku sendiri juga berusaha selali seperti itu dalam menjalani hidup ini. Aku selalu berusaha menyerahkan semua urusanku kepada Allah saja. Selalu berusaha sebaik mungkin kemudian lalu menyerahkan hasilnya hanya kepada Allah  karena kita yakin yang terjadi itu adalah yang terbaik buat kita.

Tagline Hakuna Matata di setiap sosial mediaku akhirnya menjadi seperti ciri khusus. Seorang temanku mengatakan bahwa dia yakin bahwa itu adalah akunku karena dia melihat ada tagline Hakuna Matata di situ hihihi…

Saking sukanya aku dengan Hakuna Matata, aku akhirnya juga sangat menyukai film Lion King. Bahkan ketika film itu dirilis ulang aku masih saja ingin melihatnya. Mungkin bagi orang lain terasa aneh karena aku sudah berkali-kali melihatnya tetapi aku masih saja ingin selalu dan selalu melihatnya. Karena aku melihat apa yang disampaikan dalam film itu sangatlah bagus jadi setiap orang wajib melihat untuk melihat pesannya.

Oya aku bahkan sampai memesan kaos bertuliskan hakuna matata saking sukanya aku dengan quote tersebut. Ketika itu suamiku sampai heran betapa aku terniat sekali sampai menuliskannya menjadi sebuah kaos. Tetapi begitulah aku, hakuna matata seperti sudah mengalir dalam nadiku sehingga merasuk dalam kehidupanku eciyee…

Tetapi quote itu memang berpengaruh dalam hidupku. Aku lebih bisa menghargai diriku sendiri, lebih bisa psrah, lebih tawakkal atas apa yang terjadi dalam kehidupanku. Aku yakin semua sudah digariskan dan semua adalah yang terbaik buat kita. 

Aku juga ingin lebih banyak orang yang tahu tentang hakuna matata ini sehingga mereka juga bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak lho yang bertanya apa sih artinya hakunamatata apa sih maksudnya dan akhirnya aku pun menjellaskan. Kan bagus tuh kalai dari pennelasanki banyak orang terinspirasi dan lebih banyak oran bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari yee kaaan..

So kalau kamu lihat ada akun tak dikenal tapi ada tahline hakua matata bisa jadi itu akunku lho hahaha..

1 komentar

  1. aku langsung googling, bahasa Swahili ini berasal dari mana. Awalnya aku kira dari Hawaii gitu haha, ternyata dari Afrika ya.

    BalasHapus

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td