Surah dan Hadist Mengenai Tugas Malaikat Izrail Sang Pencabut Nyawa

Sabtu, 02 Oktober 2021

Islam sebagai agama yang senantiasa mengajarkan yang namanya kebaikan, ada banyak aturan yang telah dituangkan dalam Al-Quran sebagai kitab dan pedoman hidup seorang manusia. Salah satunya adalah rukun iman yang merupakan sebuah rukun iman yang harus senantiasa ditaati dan juga diimani.

Salah satu dari rukun iman yang ada adalah beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT, sebagai seorang umat muslim yang baik maka Anda jangan sekali-kali mengingkari keberadaan malaikat-malaikat Allah. Sebab sesuai dengan rukun iman poin tersebut maka Anda harus menyakini serta mempercaya keberadaan serta tugas-tugas yang diembannya yang diberikan oleh Allah SWT.

Di dalam Al-Quran telah disebutkan bahwa ada 10 nama malaikat yang memiliki tugas masing-masing dan harus senangtiasa Anda percayai setiap tugas serta keberadaannya di dunia ini. Salah satu nama malaikat yang paling mudah diingat nama beserta tuganya adalah malaikat Izrail yang merupakan malaikat maut yang sangat ditakuti oleh orang-orang.

Lantas apa sebenarnya tugas malaikat izrail sehingga sangat ditakuti oleh orang-orang? Maka simak informasi berikut ini mengenai tugas yang diemban malaikat izrail sebagai salah satu malaikat yang diistimewakan oleh Allah SWT. Malaikat itu sendiri merupakan makhluk yang diciptakan Allah untuk menjalankan sebuah tugas penting dari Allah, malaikat terbuat dari seberkas cahaya sehingga teramat sangat terang dan juga begitu suci.

Untuk tugas dari malaikat izrail sendiri bisa Anda simak pada beberapa surah Al-Quran berikut ini yang mennjelaskan baik secara tersirat ataupun tersurat mengenai tugas-tugas dari malaikat maut yang penting untuk diketahui.

QS. As-Sajdah Ayat 11

Pada surah As-Sajdah ayat 11 ini menjelaskan mengenai tugas dari seorang malaikat izrail sebagai malaikat pencabut nyawa. Adapaun dalam QS As-Sajdah ayat 11 menyebutkan bahwa katakanlah bahwa malaikat maut yang diberikan untuk mencabut nyawamu, akan mematikan kamu serta mengembalikan kamu kepada Tuhan sebagai tempat akhir dari kehidupan.

QS. Ali Imran Ayat 185

Pada surah ini menjelaskan bagaimana tugas dari seorang malaikat izrail yang mana berperan dalam sebuah proses perpisahan Roh dengan jasad Anda.. Pada QS tersebut dijelaskan bahwa “setiap yang berjiwa akan menemui ajal kematiannya masing-masing dan tidak boleh untuk dielakkan.. Dan pada saat perpisahan antara roh dengan jasadlah waktu dimana malaikat maut yakni malaikat Izrail turun ke bumi untuk mencabut nyawa dari seorang hamba tersebut, dimanapun dan kapanpun itu pastinya kematian akan selalu datang.

Demikianlah informasi mengenai tugas malaikat izrail sebagai malaikat pencabut nyawa yang akan memisahkan antara roh dengan jasad seorang hamba untuk kembali ke Allah SWT.

1 komentar

  1. Buat yang masih terlena sama dunia bisa ingat tentang malaikat satu ini yang bisa sewaktu-waktu mencabut nyawa kita. Yuk, segera bekali diri untuk di akhirat nanti sebelum Malaikat Izrail menjemput. :)

    BalasHapus

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td