MITOS DAN FAKTA SEPUTAR KEHAMILAN MENURUT DR.INDRA NC ANWAR

Kamis, 10 Februari 2022




Karena lamanya menunggu kehamilan anak pertama, sehingga ketika akhirnya aku hamil, banyak sekali larangan-larangan yang diberikan oleh ibuku maupun oleh tetangga tetangga sekitar, padahal bisa jadi larangan yang mereka berikan itu hanyalah mitos lho...

Larangan yang  kuterima antara lain aku tidak boleh makan makanan yang bisa mengakibatkan keguguran, karena panas seperti durian dan nanas. Aku juga tidak boleh membatin atau memikirkan hal-hal yang jelek yang terlihat, karena bisa jadi, nanti akan terjadi kepada anakku. Duh lucu sekali yaa..

Makanya ketika berkesempatan mengikuti kulwap dari Dr. Indra tentang mitos seputar kehamilan aku seneng banget. Yuk kita simak saja beberapa mitos yang sering kita dengar di masyarakat:

1. MAKANAN

Ada beberapa mitos mengatakan ibu hamil tidak boleh makan ini tidak boleh makan itu. Soal makan jamur misalnya sebetulnya beberapa jamur justru baik untuk kesehatan termasuk untuk ibu hamil. Yang paling penting jamurnya harus dimasak dengan baik, kalau mentah justru tidak boleh dimakan ya hihihi 

Ada mitos lagi kalau ibu hamil tidak boleh makan nanas. Memang nanas yang mengandung bromelain berfungsi memecah protein dalam tubuh dapat mengakibatkan pendarahan abnormal, butuh 7 Hingga 10 nanas untuk bisa  memicu perdarahan abnormal, ya kali kita makan nanas 7 sekaligus nggak mungkin kaann.. hihihi..

Ada juga mitos yang beredar bahwa kalau ibu hamil itu harus makan 2 kali lebih banyak karena selain makan untuk dirinya sendiri juga makan untuk bayinya. Sesungguhnya itu mitos yang salah, justru kita tidak boleh terlalu berlebihan kalori ketika makan, karena semua itu hanya menumpuk lemak saja. Jadi sebaiknya kita tetap berkonsultasi dengan dokter makanan apa yang baik untuk kita dan bayi selama hamil.

2. BEPERGIAN

Banyak mitos mengatakan sebaiknya ibu hamil di rumah saja, padahal itu tidak benar, boseeen doong harus di rumah saja... Apa kabar Aurel istri Atta Halilintar yang hamil justru pergi jalan-jalan ke Turki ya? Walaupun memang sebaiknya kita tetap berkonsultasi dengan dokter, apabila hendak melakukan bepergian terutama bila hendak naik pesawat. Karena bagaimanapun kita harus memahami kondisi riwayat kesehatan kita, apabila keadaan memang Fit dan sehat, tentu tidak apa-apa untuk bepergian jauh. Tetapi juga harus ingat bahwa kita tidak bisa berpergian ketika mendekati HPL, karena takutnya bisa melahirkan sewaktu-waktu. Kalau sudah sekat HPL memang sebaiknya di rumah saja.

3. BEROLAHRAGA

Ibu hamil bukan tidak boleh berolahraga l, faktanya justru ibu hamil itu harus tetap melakukan olahraga, karena salah satu manfaatnya adalah agar persalinan menjadi mudah. Kita sering mendengar bahwa ketika kita sedang hamil kita disuruh banyak berjalan agar melahirkan dengan lancar. Semuanya Itu memang betul karena dengan bergerak itu bisa membantu kita memudahkan persalinan. 

Kalau ingin berolahraga, kita juga harus tetap pilih-pilih olahraga apa yang sesuai dengan ibu hamil. Misalnya kita bisa memilih jalan kaki atau senam hamil atau yoga. Hindari olahraga yang berat dan berisiko.  Dan jangan sampai kita mengalami kelelahan, yang penting rutin dan berkualitas.

4. RUMPUT FATIMAH

Sering kita mendengar bahwa rumput fatimah bisa melancarkan persalinan. Banyak orang yang sudah mulai kontraksi lalu disuruh minum rumput fatimah agar bisa melahirkan dengan lancar. Padahal itu sebetulnya mitos karena belum ada penelitian yang khusus yang menyebutkan bahwa rumput fatimah itu bisa membantu persalinan menjadi lancar. 

Dengan pesatnya teknologi saat ini diharapkan kita bisa menjadi netizen yang cerdas dan tidak gampang percaya bila mendengar mitos-mitos yang tidak masuk akal. Kulwap Dr. Indra kali ini sungguh bermanfaat bagiku. Semoga bermanfaat pula untuk kalian yaa..

Oh ya kalian bisa berkonsultasi dengan dokter Indra kapan saja lho. Ini jadwal prakteknya : 

Online:

Bisa via Halodoc mulai dari pukul 7 sampai malam.

Offline:

Morula IVF Menteng setiap hari Senin – Sabtu (pukul 10.00 -14.00 WIB)

RSIA Bunda Menteng setiap hari Senin-Rabu (pukul 14.00 WiB)

Okee Semoga selalu menjadi calon ibu hebat yang cerdas yaa..



  

1 komentar

  1. Wah bagus ya kulwap tentang kehamilan ini jadi membantu kita lebih tahu tentang fakta kehamilan, seringnya sih tersesat dengan mitos dan percaya gitu aja, hehe.

    BalasHapus

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td