5 Hal Ini Wajib Anda Lakukan Sebelum Kirim Paket ke Jasa Pengiriman Barang 

Minggu, 04 September 2022




Di zaman yang serba modern dan dipenuhi dengan bisnis online, pengiriman barang bukan lagi hal baru. Jasa pengiriman barang pun sudah punya banyak layanan atau opsi pengiriman yang memudahkan Anda dan customer dalam proses pengiriman. 

Dengan banyaknya perusahaan jasa pengiriman barang Anda mungkin akan tidak asing jika mendengar Lion parcel. Ya! Benar sekali, Lion parcel adalah jasa pengiriman yang merupakan bagian dari Lion Air Group yang sudah pasti pengiriman terpercaya di Indonesia. 


Jangkauan dari Lion parcel ini sudah tidak perlu diragukan lagi, Anda bisa menemukan Lion parcel dengan cepat terdekat di kota Anda karena Lion parcel sudah memiliki mitra yang bekerja sama kurang lebih 7000 buah dan tersebar di seluruh Indonesia. 


Hal yang Harus Dilakukan Saat Mengirim Barang 





Nah, Anda yang ingin coba mengirim barang ke jasa pengiriman barang seperti Lion parcel harus tahu dulu hal-hal yang wajib diperhatikan, agar paket yang dikirim tidak rusak atau hilang. 


  1. Cari Jasa Pengiriman yang Terpercaya 

Sebelum benar-benar mengirim barang Anda harus cari tahu dulu apakah ekspedisi yang ingin digunakan terpercaya dan aman. Anda bisa mengecek review customer, serta jasa pengiriman yang terpercaya juga memiliki costumer service yang cepat dan tanggap. Hal ini juga bisa meminimalisir kerugian jika ada kejadian barang hilang atau keterlambatan pengiriman.


2. Perhatikan Pengemasan Barang 


Pengemasan barang jadi hal yang penting dan wajib diperhatikan. Pengemasan yang baik bisa menjaga paket dari kerusakan barang karena benturan atau faktor-faktor lain saat proses pengiriman, sehingga barang Anda akan aman sampai tujuan. 


3. Perhatikan Alamat Penerima 


Alamat juga jadi faktor barang sampai tujuan dengan aman. Jadi, sebelum mengirim pastikan Anda menulis alamat penerima paket dengan detail, seperti provinsi, Kabupaten/kota, Kelurahan, kode pos, nama jalan RW, RT, dan juga nomor rumah. Jangan lupa juga menulis nomor telepon pengirim yang aktif, terkadang kurir akan kesulitan menentukan titik rumah, atau kurir ingin mengabari penerima barang. Kalau nomor tidak aktif atau alamat tidak lengkap bisa menghambat barang sampai. 


4. Jangan Lupa Cek Ongkir dan Estimasi Pengiriman


Jangan lupa untuk mengecek ongkos kirim jasa pengiriman barang yang akan Anda gunakan. Setiap jasa ekspedisi barang memiliki harga dan estimasi pengiriman barang yang berbeda-beda setiap wilayah dan setiap opsi pengiriman yang berbeda-beda. Sehingga Anda harus mengecek terlebih dahulu kira-kira berapa ongkos kirim yang akan dikeluarkan. Selain ongkos kirim, Anda juga bisa mengecek estimasi pengiriman barang Anda tergantung opsi pengiriman yang akan dipilih. Untuk mengecek ongkos kirim bisa di situs resmi jasa pengiriman yang dipilih, contohnya untuk cek resi Lion parcel akurat bisa melakukan di website resminya.


5. Simpan Resi 

Resi adalah nomor atau kode unik dari pihak jasa pengiriman. Nomor resi ini bisa Anda gunakan untuk melacak paket yang dikirim. Jadi, jika mendapatkan nomor resi dari pihak ekspedisi jangan pernah membuang nomor resi tersebut. 

Nomor resi juga jadi identitas paket yang dikirim, sehingga kalau ada masalah pengiriman, pihak ekspedisi bisa mengurusnya dengan cepat. 



Itulah tadi lima hal penting yang wajib Anda lakukan saat akan mengirim barang ke jasa pengiriman barang. Lima hal tadi bisa membantu Anda meminimalisir kejadian tidak menyenangkan yang bisa saja menimpa barang yang Anda kirim. Pastikan barang aman saat Anda serahkan pada pihak ekspedisi. 


10 komentar

  1. Setuju banget, Mbak. Kudu pilih ekspedisi yang tepercaya biar ga boncos. Apalagi punya usaha online, bisa berabe kalau barang ga sampe di tangan pembeli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget yaa, jasa pengiriman itu super penting deh..

      Hapus
  2. Sebagai penjual buku online, aku mengandalkan Lionparcel karena layanannya memuaskan, terutama harga paling murah tapi kualitas istimewa. Jadi tambah cuan deh dari konsumen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes betul Lion Parcel super terjangkau harganya

      Hapus
  3. Semuanya sepakat, terutama pengemasan barang karena kalau ga rapi bisa mengecewakan pelanggan. Akhirnya profit ngalir karena barang aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, kalau pelanggan nyaman akan timbul trust

      Hapus
  4. Yg paling nyenengin dari Lionparcel itu sebagai pembeli selalu Nerima nomor resi lewat WhatsApp begitu paket dikirimkan penjual. Bisa tracking langsung, jadi tenang deh ga curigation ma seller. Pokoke lion andalan semua 😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah setuju banget ya, WAnya itu yang bikin tenang hehehe

      Hapus
  5. Pemilihan jasa pengiriman tuh penting banget, karena mempengaruhi semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, biar lancar harus bener milih ekspedisinya..

      Hapus

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td