KEMENPERIN CIPTAKAN SDM INDUSTRI 4.0 DI RAKORNAS BPSDMI 2023

Jumat, 28 Juli 2023



Hari Rabu kemarin berkesempatan menghadiri acara RAKORNAS SDM Industri BPSDMI Kementerian Perindustrian tahun 2023 yang diadakan di Tunjungan Ballroom Hotel Double Tree by Hilton Surabaya. 

Acara RAKORNAS yang diadakan oleh BPSDMI ini berlangsung selama tiga hari yaitu mulai tanggal 26 sampai 28 Juli tahun 2023. BPSDMI atau Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian adalah sebuah badan yang tugasnya adalah untuk menyelenggarakan pembangunan sumber daya manusia industri. 




Pada Rakornas SDM Industri kali ini, BPSDMI  mengundang seluruh satuan kerja, mitra kerja serta pihak-pihak yang berada di bawah naungan Badan pengembangan SDM industri ini.

Rakornas dibuka langsung oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang. Selain membuka acara, Menteri Agus Gumiwang juga memberi sambutan sekaligus menandatangani MOU dan meresmikan Gedung Pendidikan. Ada tiga perusahaan yang menandatangani MOU BPSDMI ini yaitu antara lain PT. Mayora, PT. Denso, dan Petrokimia Gresik.

Aku berfoto bersama Menteri Perindustrian

  
Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa diperlukan terobosan program dan langkah-langkah kerja yang bisa mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia industri yang produktif, kompeten dan berdaya saing global di era transformasi digital saat ini. Seperti target pemerintah yang ingi menjadikan Indonesia  menjadi negara industri tangguh pada tahun 2035. 



Bapak Menteri Perindustrian juga meninjau pameran pendidikan dan pelatihan yang diikuti oleh beberapa sekolah, akademi serta Perguruan Tinggi swasta yang ada di Indonesia. 

Ada tiga puluh delapan booth yang mengikuti pameran. Diantaranya adalah beberapa Politeknik dari seluruh Indonesia yaitu Politeknik STTT Bandung, Politeknik ATK Yogyakarta, Politeknik STMI Jakarta, Politeknik Industri Logam Morowali, Politeknik Pendidikan Teknik Kimia Industri Medan, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal.




Masing-masing booh tersebut menampilkan produk-produk unggulan hasil karya murid-murid dan mahasiswa mereka. Ada yang menampilkan sepeda listrik, mesin daur ulang sampah, furniture, sabun cuci piring, handsanitizer, kain batik dan masih banyak lagi. 



BPSDMI Kementerian Perindustrian ini diharapkan juga dapat meningkatkan kompetensi dari sekolah-sekolah tersebut sehingga para mahasiswa dapat diterima di industri yang berada di luar negeri atau bisa memiliki sertifikat kompetensi yang setara dengan unit pendidikan yang ada di luar negeri. 

Bangga rasanya melihat hasil karya para generasi muda ini, semoga mereka menjadi generasi hebat yang membawa nama baik bangsa dan negara.


Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td