JAKUZA, Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Sangatta

Jumat, 15 September 2023




SANGATTA

Siapa yang tak kenal Sangatta? Sangatta yang terletak di Kalimantan Timur merupakan ibu kota Kabupaten Kutai Timur yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian. Sangatta merupakan wilayah yang terkenal akan pertambangan baru bara, dan merupakan salah satu pemasok batu bara terbesar di Indonesia. 

Siapa menyangka dari kota Sangatta ini, muncullah seorang pemenang Satu Indonesia ASTRA yaitu Eko Sulistianto yang memenangkan bidang socialpreneur dengan programnya J-Kraf atau Jakuza Kreatif. 

JAKUZA

Jakuza sendiri adalah singkatan dari JASA KURIR SANGATTA. Pada awal berdirinya sebetulnya karena Eko sering melihat para pemuda-pemuda di daerahnya, menghabiskan waktu! dengan nongkrong tidak jelas, bahkan terkadang mereka juga melakukan hal yang negatif. Eko melihat mereka mempunyai sepeda motor tetapi hanya bergerombol duduk-duduk tidak jelas, tanpa aktifitas yang berarti. 

Lalu Eko berpikir kira-kira kegiatan apa yang bisa dilakukan oleh mereka dengan modal sepeda motor yang mereka miliki, dan akhirnya terlintaslah ide untuk membuat jasa kurir tersebut. Awalnya banyak yang mencemooh Eko, mereka menyangsikan apakah bisa jasa kulit itu laku, karena di Sangatta ketika itu, sudah banyak orang mempunyai kendaraan bermotor dan Sangat tersendiri tidak begitu luas daerahnya. Jadi banyak orang beranggapan mereka bisa pergi kemana-mana sendiri tanpa perlu kurir. 

Tetapi Eko tidaklah pantang menyerah apalagi dia melihat dari banyak pemuda itu sebetulnya mereka membutuhkan pekerjaan, ada yang putus sekolah, dan ada banyak yang tidak bisa diterima di perusahaab pertambangan padahal Sangatta adalah pusat pertambangan batubara. Eko berfikir bahwa usaha ini sebetulnya memberikan lapangan pekerjaan baru bagi mereka, Eko juga beranggapan niat baiknya membuka lapangan pekerjaan pasti akan menemukan jalannya.

EKONOMI KERAKYATAN

Dari awalnya dipandang sebelah mata, ternyata usaha jasa kurir ini berkembang pesat. Eko membidik para UMKM atau para pebisnis online yang memerlukan jasa pengantaran barang kepada para customer. Para pebisnis tidak perlu repot-repot harus datang ke jasa pengiriman, mereka cukup menghubungi Jakuza dan petugas akan datang mengambil barang dan siap mengantar ke tujuan. Tentu saja hal ini sangat menghemat waktu. 

Banyak akhirnya warga Sangatta yang memanfaatkan jasa ini, mereka hanya cukup tinggal di rumah, barang yang mereka butuhkan bisa diantar tanpa mereka repot keluar rumah. Para customer bisa menghemat tenaga dan biaya juga, selain tidak perlu antri juga tidak perlu menghabiskan bensin untuk pergi membeli barang.

Ketika pandemi tiba dan masyarakat dibatasi untuk pergi keluar rumah maka jasa kurir seperti ini semakin dibutuhkan dan berkembang pesat. Pada saat inilah Jakuza semakin dikenal oleh masyarakat Sangatta. Tidak hanya untuk keperluan mengirimkan barang bahkan masyarakat juga mulai membutuhkan untuk membeli makanan secara online. Ketika itu memang jasa pengiriman makanan ataupun kurir online belum banyak beroperasi di daerah Sangatta. Maka Jakuza semakin pesat berkembang. 

Hingga akhirnya Eko sebagai cofounder  Jakuza menerima penghargaan dari Astra. Memang Jakuza pantas mendapatkan penghargaan karena : 

1. Membuka lapangan pekerjaan bagi para pemuda untuk menjadi kurir

2. Membantu meningkatkan omzet penjualan para UMKM karena mudahnya pemasaran dan pengantaran.

3.Ikut memajukan ekonomi kerakyatan karena merangsang pertumbuhan bisnis online maupun offline.

4. Mengembangkan potensi perekonomian di daerah.

Ketika merayakan anniversary Jakuza yang ke-7, Eko sebagai founder Jakuza sekaligus mendirikan AKSI yaitu Asosiasi Kurir Sangatta. Jakuza semakin berkembang pesat dengan adanya Asosiasi ini. AKSI ini membawahi seluruh kurir-kurir yang ada di Sangatta. jadi apapun nama kurirnya, muaranya tetap satu dalam wadah AKSI ini. 

Jakuza Saat Ini




Tanggal 18 Agustus 2023 kemarin Jazuka merayakan anniversarynya yang ke 8, MasyaAllah tabarakallah  di usia yang ke 8 ini, Jazuka sudah memiliki 60 kurir yang siap membantu melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Tidak ada ketakutan walaupun kini banyak aplikasi online tetapi Jakuza yakin tetap akan ada di hati masyarakat Sangatta. Semoga Jakuza semakin maju dan berjaya.


Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td