Yang tidak boleh dilupakan saat service motor

Kamis, 28 September 2023



Dulu ketika awal ditinggal suami meninggal, aku sempat panik soal bagaimana merawat motorku. Jujurly yang aku paham hanya memakai, memakai dan memakainya saja. Bahkan bensin pun sudah full selalu, aku benar-benar tinggal makai hihihi...

Akhirnya keadaan membuat aku harus super mandiri. Waktu berjalan, banyak hal baru yang harus kupelajari, ya sebagai single mom aku harus serba bisa, nggak ada lagi yang bisa diandalkan, aku harus handle semuanya sendiri. Salah satunya adalah soal service motor ini. 

Service motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian yang dicek, antara lain memeriksas aluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Biasanya pihak bengkel akan memberi tahu kita, tapi sebaiknya kita paham, bagian mana saja yang tak boleh dilupakan ketika service motor, yuk kita cekidot satu-satu.

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kita harus rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli, harga tergantung merek ya, dan biaya jasa ganti olinya. Namun beberapa tahun terakhir ada retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

2. Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

4. Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakahf ilter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban



Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepada kita. Kalau kita setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik



Untuk mendapatkan servis yang bagus, kita harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa diandalkan adalah Planet Ban. Di bengkel ini,  kita bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban

● Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet dan jarang rusak.

● Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.

● Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), apalagi untuk oli motor matic, oli motor matic sehingga kita tidak perlu terlalu sering ke bengkel. tentu bisa menghemat biaya servis.

● Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain.

Jika kita servis di tempat lain, kadang-kadang masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Tak jarang sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Tetapi jika kita melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru lagi lho... Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru deh..

Service motor di Planet Ban memang bikin motor seperti punya mesin baru lho.. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, yang pasti mesin jadi bersih total. Menyenangkan sekali bukan?

Apalagi harga service motor di Planet Ban yang super lengkap ini juga terjangkau banget. Berikut list harganya :

1. Service motor injeksi cuma Rp20.000,- 

2. Service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- 

3. Service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Bagaimana? Amat sangat terjangkau kan? 

Nah, sekarang sudah tahu kan, manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang tidak boleh dilupakan ketika service motor. Hayo kapan terakhir service motor? Yuk cuss ke Planet Ban saja, dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru, gaaassss .

9 komentar

  1. Jadi inget kampas rem depan udah mulai aus, jadi kudu buruan diganti. Emang kalau servis ga rutin tuh bahaya banget, bisa oleng motor terutama oli mesin yang ga diganti.

    BalasHapus
  2. Pernah pas puasa eh ban malah bocor gara-gara udah gundul. Itu akibat ga servis motor rutin jadi ga ketahuan ada parts yang musti diganti. Untung ada planet ban, emang satset dan banyak pilihan bannya.

    BalasHapus
  3. murah mbak service injeksi 20rb ya.. praktis juga klo bisa sekalian semuanya

    BalasHapus
  4. Apalagi buat mama mama kek aku, Mbak. Tahunya pakai doang, padahal service rutin tuh wajib banget untuk memastikan kondisi kendaraan bagus. Kalau telat servis, malah jadi tekor deh.

    BalasHapus
  5. Enaknya kalo di Planet Ban, kita jadi nggak was-was ya Mbak habis biaya berapa. Mereka akan komunikatif ngasih tahu ke kita tentang motor kita yang sebetulnya perlu diperbaiki yang mana dan habisnya berapa.

    BalasHapus
  6. Aku sekarang langganan di sini, cepat plus terjangkau

    BalasHapus
  7. Aku juga langganan di planet ban kalo pas servis motor bu, soalnya emang bagus banget dan hasilnya beneran serasa pake motor baru

    BalasHapus
  8. Biasanya nih, kalau ke Tempat servis biasa diladeni sesuai keluhan. Lah di Planet Ban lengkap banget

    BalasHapus
  9. artikel yang sangat bermanfaat, terimakasih infonya ya

    BalasHapus

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td