MY BLOGGERS' BESTIE

Jumat, 20 Oktober 2023




Ketika awal-awal ditinggalkan oleh suami aku merasa kesepian. Ternyata kesibukanku mengajar di sekolah masih belum bisa menghabiskan waktuku. Setiap pulang sekolah aku masih bengong dan melamun memikirkan suamiku susah sekali rasanya move on dan melupakan dia. Aku lalu berpikir bahwa aku harus menambah kesibukanku kalau aku sudah sibuk tentu aku tidak akan sempat lagi bengong. Aku tidak akan sempat lagi melamun dan aku tidak akan sempat memikirkan hal-hal yang tidak tidak tentang suamiku. 

Lalu aku mulai mencari komunitas yang sesuai dengan passionku. Bagiku bertemu dengan orang-orang yang mempunyai passion yang sama tentu itu lebih membahagiakan dan kita lebih bisa diterima. Ketika itu aku sedang semangat-semangatnya mempunyai blog. Aku berpikir mungkin dengan banyak mengikuti kegiatan para blogger tentu aku akan semakin sibuk dan itu akan membantuku untuk bisa cepat move on.

Begitulah akhirnya, aku memutuskan untuk mengikuti banyak kegiatan event blogger. Aku sendiri tinggal di Lamongan, di kota kecil yang tentu saja tidak ada kegiatan blogger sama sekali. Akhirnya aku memutuskan untuk bergabung mengikuti kegiatan blogger di Surabaya. Lumayan perjalanan memerlukan waktu sekitar satu jam setengah dari rumahku sampai ke Surabaya. Awalnya memang mungkin aku rugi diongkos tetapi kupikir tidak apa-apa menurutku, ketika itu aku harus banyak mengumpulkan portofolio sehingga keberadaanku sebagai blogger bisa diperhitungkan.

Sejak itulah aku mulai aktif di kegiatan-kegiatan blogger dan aku mulai mengenal banyak teman-teman blogger dari mana saja, oh ya aku itu mengikuti kegiatan blogger itu tidak hanya di Surabaya saja, tetapi aku mulai mengikuti banyak kegiatan blogger yang di luar kota, asalkan jadwalnya tidak berbenturan dengan kegiatan mengajarku di sekolah, maka aku akan mengambil job itu. 

Mungkin awalnya kegiatan blogger yang aku ikuti hanyalah di sekitar kota Surabaya, lama-lama aku mulai mengambil kegiatan di beberapa kota di Jawa Timur, seperti di Malang, di Banyuwangi, di Jember dan masih banyak lagi. Karena kedua orang tuaku tinggal di Jakarta maka tak jarang aku juga mengambil Kegiatan job blogger yang ada di Jakarta, bahkan pernah juga ke Bandung. 

Aku sangat menikmati kegiatan liputanku sebagai blogger ini, Setiap hari kerja Senin sampai Jumat aku sibuk mengajar di sekolah, lalu setiap hari Sabtu dan Minggu itu, aku manfaatkan untuk kegiatan bloggerku. Kadang-kadang kegiatan Blogger itu diadakan di hari kerja yaitu pada sore hari, asalkan tidak mengganggu jam mengajarku, pasti aku akan mengambilnya.

Sudah terbayangkan bagaimana sibuknya aku, bagaimana penuhnya waktuku setiap hari, tetapi aku sangat menikmatinya. Selain menekuni dunia blogger aku juga aktif di komunitas menulis, aku bergabung dengan banyak komunitas menulis sehingga waktuku sungguh padat, penuh dengan kegiatan-kegiatan yang menurutku sangat bermanfaat untukku.

Mungkin aku memang tidak bisa untuk tidak memikirkan suamiku, tetapi setidaknya aku sudah tidak punya waktu lagi untuk merenung atau mungkin sekedar meratapi nasibku yang harus menjadi single Mom ini. Aku mulai menikmati kesendirianku, dengan segala macam kesibukan yang aku miliki. Banyak orang heran apa aku tidak capek dengan semua kegiatanku ini, aku selalu menjawab bahwa aku menikmatinya, sehingga rasa capek itu hilang berganti rasa bahagia. Aku memang menikmati semua kegiatan yang aku ikuti.

Beberapa orang bilang mungkin aku kurang kerjaan, karena aku melakukan banyak hal yang sangat menguras tenaga dan waktu. Tetapi bagiku tidak apa-apa, karena memang tujuanku adalah menyibukkan diri dan membuat diriku agar lebih bermanfaat untuk orang lain. Lagian itu satu-satunya jalan agar aku tidak melulu berpikir tentang suamiku.

Alhamdulillah anak-anak semakin besar, sehingga aku mempunyai semakin banyak waktu untuk menekuni dunia blogger ini. Satu hal yang membahagiakan adalah di setiap kegiatan blogger aku bertemu banyak teman-teman baru yang kemudian akhirnya menjadi teman rasa saudara, karena seringnya bertemu dalam suatu event. Akhirnya terjalinlah keakraban dan kekompakan yang menyebabkan kami bisa menjadi saling support.

Di setiap kegiatan blogger tentulah aku bertemu banyak sahabat baru dan teman baru. Bahkan karena orang-orangnya itu itu saja atau kita sering bilang lu lagi lu lagi, akhirnya mau tak mau kita menjadi akrab. Bertemu di satu kegiatan dan kemudian bertemu lagi di kegiatan berikutnya. Terkadang kita tidak hanya berbicara masalah pekerjaan saja, kita mulai saling curhat kita mulai saling berbincang mengenai hal-hal yang lebih private.

Dengan seiring jalannya waktu, tentu kita akhirnya bisa memilih mana sahabat yang menyenangkan dan membahagiakan. Tidak bisa kita pungkiri kadang ada saja teman yang hanya membutuhkan kita di saat-saat tertentu saja, setelah tidak butuh dia akan meninggalkan kita. Atau kadang ada teman yang merasa tidak sefrekuensi sehingga akhirnya kita tidak bisa menjalin pertemanan dengan dia. Aku sendiri selalu berusaha akrab dan menyayangi semua teman-temanku. Aku tidak pernah membedakan siapa mereka, dari mana mereka asalnya, bahkan latar belakang keluarga mereka. Bagiku semua teman itu sangat berharga.

Setiap kali ada event liputan kegiatan blogger biasanya selalu ada grup WhatsApp untuk memudahkan koordinasi. Nah karena sering bertemu dalam suatu acara liputan yang sama akhirnya aku menemukan banyak teman yang kemudian menjadi sahabat di dalam grup WhatsApp itu. Seringnya kita tidak hanya membicarakan soal pekerjaan saja di dalam grup itu, tetapi juga membicarakan masalah-masalah yang lain bahkan menjadi tempat curhat. 

Ini adalah beberapa grup bloggerku : 

1. Kumpulan emak blogger

Ini adalah komunitas blogger pertama yang aku kenal. Dari namanya yang emak blogger itu sangat membuatku merasa berbahagia, karena aku memang seorang emak, tapi juga seorang blogger. Kegiatan yang diadakan kumpulan emak Blogger ini atau biasa dikenal sebagai KEB sangatlah banyak. Pengurusnya selalu penuh inovasi dan kreativitas. Aku sendiri selalu berusaha datang setiap acara KEB, pernah aku mendatangi acara KEB yang di Malang bahkan aku juga pernah ikut acara KEB yang ada di Jakarta, ketika kebetulan waktu itu aku pulang ke Jakarta. Semua itu membuka wawasanku dan membuka pandanganku bahwa walaupun kita ini hanya ibu-ibu, tetapi sesungguhnya kita bisa berdaya, dan bahwa dengan menjadi blogger kita bisa bermanfaat untuk sesama.

2. Penulis Milenial Sukses
Grup ini hanya berisi tiga orang hahaha kami dulu pernah mengikuti satu kegiatan Writerpreneur di Bogor yang diadakan oleh Kementerian Ekonomi Kreatif. Nah setelah acara itu, karena kami waktu itu satu kamar, akhirnya kamu memutuskan membuat satu grup agar silaturahim tetap berjalan

3. Blogger curhat
Di grup ini, ada beberapa blogger yang semuanya berasal dari Lamongan. Grup ini sudah seperti saudara bagiku, mereka selalu mendukung aku dan menolong aku agar menjadi blogger yang handal. Terkadang dengan begitu padatnya jadwalku aku sering lupa, kapankah sebuah event diadakan atau kapankah kegiatan online itu harus dilaksanakan, Nah teman-temanku disini sangat mendukung aku. Mereka selalu mengingatkanku dan selalu menjadi reminderku sehingga aku tidak pernah ketinggalan apabila ada job.

Dan mungkin karena kami berasal dari satu daerah akhirnya kami seperti merasa menemukan saudara yang sama, yang mempunyai passion yang sama, oleh karena itu aku merasa sangat akrab dan menganggap mereka adalah saudara. 

Grup ini sudah sangat random sekali membicarakan apa saja, tidak hanya soal pekerjaan, kami sudah biasa saling curhat dan saling memberikan solusi semampu kami. 
Karena kedekatan itu kadang-kadang kami merasa rindu kami lalu kami sering kopdar dan bertemu sekedar hanya untuk makan-makan di cafe yang sederhana. Tetapi itu sungguh sangat membahagiakan bagiku. Aku yang di Lamongan ini tinggal sendiri tanpa sanak saudara maka sangatlah membahagiakan bagiku dengan adanya sahabat-sahabat blogger dari Lamongan. Aku seperti menemukan teman rasa saudara. Terkadang kami sering saling berbagi hadiah dan mengirimkan hadiah satu sama lain agar persahabatan dan kesediaan kami ini bisa terjalin dengan baik.

4. Ning blogger Surabaya

Grup ini sangat seru karena hanya berisi blogger-blogger yang semuanya perempuan yang berada di Surabaya dan sekitarnya. Walaupun sangat sulit untuk bertemu atau kopdar dengan semua member grup, tetapi kita masih sering mengadakan kopdar walaupun hanya beberapa yang ikut tidak semuanya. Yang dibicarakan di grup ini juga sangat random, apapun bisa menjadi bahan diskusi dalam grup ini, kadang-kadang ketika aku sibuk mengajar, tak sempat melihat handphone, tiba-tiba unread messagenya sudah mencapai ratusan. Seringkali ketika aku membacanya, isinya sungguh sangat menghibur aku. Di grup ini kita juga saling curhat dan saling support sehingga rasanya selalu kompak.

5. Blogger flp
Sebelum menjadi blogger sebetulnya aku adalah seorang penulis dan aku tergabung dalam Forum Lingkar Pena yaitu sebuah forum kepenulisan. 

Pada tahun 2017 forum ini memutuskan untuk membuka divisi blogger dan akhirnya di tahun 2021 sampai sekarang aku berkesempatan menjadi pengurus dalam komunitas ini. 
Di sinilah aku belajar bagaimana cara membesarkan komunitas, akhirnya karena sering bertemu dalam acara yang sama kita menjadi kompak dan karena mempunyai visi misi yang sama dalam sebuah organisasi maka kita menjadi merasa seperti saudara.

6. The Explorer
Ini adalah grup blogger yang paling seru karena kita dipertemukan pada suatu event travel blogger. Karena merasa cocok satu sama lain maka akhirnya kita sering mengikuti event yang acaranya adalah liputan jalan-jalan atau kita biasa menyebut diri kita sebagai travel blogger. Mulai dari camping, tidur di hutan atau bahkan menginap di hotel yang mewah semua sudah kami rasakan. Itulah mengapa kami sangat kompak dan sampai segera sekarang masih bertekad untuk bisa menjelajah Indonesia dan dunia dengan kemampuan menulis kami.

Masih banyak komunitas blogger lain yang aku ikuti dan takutnya akan menghabiskan tempat kalau aku tulis semuanya hehehe pada intinya aku sangat menikmati persahabatanku dengan teman-temanku ini. Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk merawat persahabatan ini adalah antara lain dengan : 

1. Saling memberi hadiah
2. Saling berkunjung
3. Saling membantu memberikan solusi
4. Menjadi pendengar yang baik kalau ada yang curhat
5. Tidak pelit ilmu apabila ada yang belum paham mengenai suatu hal
6. Saling berbagi jawab apabila kita mengetahui ada lowongan pekerjaan
7. Saling support dengan selalu berkunjung dan memberi komen di blog teman-teman
8. Selalu mengupdate diri sehingga tidak ketinggalan keilmuan yang baru
9. Selalu mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi
10. Selalu bersyukur telah dipertemukan dengan orang-orang yang baik yang akhirnya bisa menjadi saudara yang selalu mengingatkan dalam kebaikan

Itulah teman-teman sedikit ceritaku tentang persahabatanku di dunia blogger. Aku tidak bisa menyebutkan nama satu persatu karena bagiku mereka semua adalah istimewa. Semoga persahabatanku dengan para blogger senantiasa kokoh dan happily ever after till Jannah. Amiin amiin..



5 komentar

  1. Memang banyak banget nih ya, Kak keuntungan ketika menjadi blogger ini

    BalasHapus
  2. Seru banget nih, Kak bisa menambah teman dan juga wawasan sesama blogger

    BalasHapus
  3. Memang seru, Kak bisa menambah wawasan nih ya kalau berteman dengan para blogger

    BalasHapus
  4. Wah banyak banget nih ya, Kak grup atau komunitas yang Kakak ikutin hihi

    BalasHapus
  5. Saya juga mempunyai kenal baru nih setelah berkecipung di dunia blog hihi

    BalasHapus

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td