MEN SANA IN CORPORE JAMU

Jumat, 31 Mei 2024




Pasti kita sudah sering mendengar Men Sana in Corpore Sano kaan? Iyaa kann? Sampai hafal di luar kepala, lalu bagaimana kalau diplesetkan menjadi Men Sana in Corpore Jamu? Bahwa jiwa yang sehat itu ada dalam tubuh yang minum jamu hehehe tapi bener juga kan? 

Apalagi aku yang tinggal di pulau jawa dan di desa pula, minum jamu sudah menjadi tradisi yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Jamu bukan lagi minuman tradisional yang susah dicari. Justru di zaman digital seperti ini kemasan semakin cantik dan rasanya pun semakin bervariasi, tinggal pilih mau jamu rasa apa? Mau jamu yang berkhasiat apa?



Bisa jadi karena sudah kebiasaan pula sehingga rasanya nggak lengkap kalau nggak minum jamu. Misalnya badan capek sedikit ya minum jamu, batuk pilek ya minum jamu, badan panas meriang ya minum jamu, MasyaAllah pokoknya tidak bisa terpisahkan deh ..

Belum lagi kalau untuk para ibu hamil sampai melahirkan, wah hidupnya tidak mungkin terpisahkan dari jamu. Mulai dari hamil maka jamu wajib diminum agar nanti kalau melahirkan bisa kuat dan bayinya lahir sehat. Detik-detik ketika melahirkan pun harus minum jamu agar kuat mengejan. 



Dan setelah melahirkan lebih banyak lagi jamu yang harus diminum, ada jamu 40 hari setelah melahirkan dimana jenis jamu yang diminum setiap hari berbeda. Khasiatnya juga bermacam-macam ada yang disebut galian singset agar tetap langsing walaupun habis melahirkan, ada yang lancar asi agar ASInya banyak, pokoknya kalau mau jadi ibu, aku padamu deh jamuuu...




KELEBIHAN MENGKONSUMSI JAMU



Beberapa kelebihan mengkonsumsi jamu antara lain :

1. Terbuat dari bahan-bahan alami

Tubuh kita akan semakin sehat dan kuat karena mengkonsumsi minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami.

2. Bahan-bahannya mudah didapat

Karena mengandung bahan-bahan alami maka tentu tidak sulit untuk mencari bahan-bahan jamu.

3. Banyak khasiatnya 

Banyak penyakit yang bisa disembuhkan karena minum jamu.

4. Tidak mengandung bahan kimia

Seperti yang kita ketahui obat-obatan banyak mengandung bahan kimia sehingga tidak baik untuk tubuh kita. Maka minum jamu lebih menyehatkan, karena tidak mengandung bahan kimia. Semuanya asli alami.

5. Mudah membuatnya

Agar lebih hemat dan lebih yakin akan khasiatnya maka banyak orang memilih untuk membuat jamu sendiri daripada membeli. Karena memang mudah cara membuatnya.

6. Menjaga imunitas 

Kalau obat mungkin hanya diminum ketika sakit, nah kalau jamu bisa kita minum setiap hari walaupun tidak sedang sakit. Jadi jamu bisa ikut menjaga imun tubuh kita.


MINUM JAMU VS MINUM OBAT


Saat ini ketika semua terbiasa serba instan, maka banyak orang malas minum jamu. Mengapa? Karena minum jamu memang perlu waktu untuk melihat hasilnya. Tentu berbeda dengan minum obat. Kalau minum obat, mungkin sehari dua hari langsung kelihatan hasilnya, tubuh yang awalnya sakit bisa langsung sembuh dengan sekali atau dua kali mengkonsumsi obat. Berbeda dengan minum jamu, mungkin perlu waktu sedikit lebih lama. 



Satu contoh misalnya anak kita sakit panas, apabila kita beri minum ramuan jamu seperti kunyit dan madu tentu hasilnya berbeda kalau kita beri paracetamol obat penurun panas yang dengan sekali minum langsung turun panasnya.
Minum jamu memerlukan proses yang lebih lama.

Tetapi kelebihannya jamu terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk tubuh kita. Sedangkan kalau obat-obatan mengandung bahan kimia yang tentu ada efek sampingnya. Nah, terserah kalian, mau memilih yang mana?

WASPADA MINUM JAMU

Walaupun banyak khasiat minum jamu tetapi kita harus tetap waspada dengan efek sampingnya. Seperti kita ketahui dalam minuman jamu selalu menyisakan ampasnya. Maka sebaiknya ampasnya jangan diminum. Apalagi jika mengkomunikasikan dalam jangka waktu yang lama, takutnya ampas jamu tersebut akan menumpuk di dalam tubuh kita dan bisa mengakibatkan kerusakan pada ginjal dan organ tubuh lainnya.

Satu lagi meskipun jamu terbuat dari bahan-bahan alami, jamu juga mempunyai masa kadaluwarsa. Jadi perhatikan batas waktunya, kalau sudah kadaluwarsa tentu juga bahaya kalau tetap dikonsumsi yaa..


CARA MEMPRODUKSI JAMU



Kebetulan ibu mertuaku adalah seorang penjual jamu. Beliau membuat sendiri ramuan jamunya. Ada yang siap minum ada pula yang harus diseduh dulu. 
Berikut cara membuat jamu kunyit asam, salah satu produk ibu yang best seller: 

Alat dan Bahan : 
1. Kunyit 
2. Asam
3. Gula
4. Garam
5. Serai
6. Bahan tambahan seperti kapulaga 

Cara membuat:
1. Kunyit diiris-iris tipis-tipis 
2. Rebus kunyit bersama asam, gula, sedikit garam, serai yang sudah dicampur air
3. Tunggu sampai mendidih 
4. Kalau sudah mendidih saringlah ambil airnya saja
5. Masukkan botol
6. Jamu kunyit asam sudah siap diminum.

Khasiat Jamu Kunyit Asam antara lain : 
1. Menjaga imunitas tubuh
2. Mengurangi resiko kanker 
3. Sumber antioksidan 
4. Menjaga kesehatan wanita
5. Melawan infeksi
6. Menjaga pencernaan 
7. Menjaga kesehatan kulit, tulang dan sendi


Wah ternyata jamu kunyit asam yang pembuatannya sangat mudah ini mempunyai khasiat yang sangat banyak. 




Jadi sudah tidak ada alasan lagi kan, untuk ragu-ragu mengkonsumsi jamu? Yuk gass..

Suwe ora jamu jamu godhong telo, 
suwe ora ketemu ayo podho moco 
tulisanku iki hahaha 

So mulai sekarang pastikan jamu menjadi minuman favoritmu yaa . 












Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td