Memaksimalkan Renewable Energy bersama UtomoSolaRUV dan Utomochargeplus

Rabu, 05 Juni 2024




Kita sering mendapat pertanyaan manakah yang sesungguhnya ada lebih dulu, ayam atau telur?

Pertanyaan itu juga terjadi pada dilema kendaraan listrik yang akhir-akhir ini mulai booming di Indonesia. 

Mungkin banyak orang berpikir kalau membeli mobil listrik bagaimana kita akan mengisi bahan bakarnya? Dimana bisa mencharge batreinya? Sedangkan para pengusaha berpikir kalau mereka mendirikan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) apakah nanti bakalan ada yang membeli mobil listrik? 

Tentang dilema itu kemarin aku temukan jawabannya pada acara Blogger Gathering yang diadakan oleh UtomoSolaRUV dan juga utomochargeplus di kantor mereka di Jl Basuki Rahmat Surabaya. Banyak pengetahuan baru yang aku dapatkan dalam acara itu. 



Pembukaan yang disampaikan oleh mbak Dyah membuka wawasan mengenai apa itu Renewable Energy. Belum lagi penjelasan dari Ibu Krismaya Dwi Hardianti, manager RnD Utomo SolaRUV dan Ibu Rahma Arzanti, Manager operational Utomo SolaRUV yang menyampaikan tentang renewable energy dan perkembangan perubahan energi di Indonesia.

Indonesia sebagai salah satu negara dengan sumber daya energi terbarukan paling melimpah di dunia, diharapkan mulai memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Menurut data dari Kementerian ESDM tahun 2022 bahwa potensi energi Indonesia mencapai 441.7 GW sementara yang terpakai hanya sekitar 11.2 GW.

Kita juga sudah sering mendengar tentang Renewable Energy yaitu energi yang berasal dari sumber-sumber alamiah seperti sinar matahari, angin, hujan, panas bumi, dan biomassa. 

Renewable Energy atau biasa disebut energi yang terbarukan itu mulai sering menjadi trending karena berkembangnya kekhawatiran atas perubahan iklim global saat ini. Sehingga akhirnya banyak penelitian  mengenai energi terbarukan ini. 

UTOMO SOLARUV

Penelitian energi terbarukan sebagian besar berfokus pada pengembangan sumber surya, angin, biomassa, dan panas bumi. Untuk itulah Utomo SulaRUV sebagai ahlinya Teknologi Surya planel terbaik hadir dengan inovasi program Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). 



Ada beberapa macam PLTS antara lain PLTS Grounding, PLTS Rooftop dan PLTS Terapung atau Floating System. Salah satu inovasi dari Utomo SolaRUV ini adalah PLTS Floating System. 


PLTS FLOATING SYSTEM



Kita pasti sudah tidak heran dengan PLTS Grounding dan PLTS Rooftop. PLTS Rooftop atau PLTS Atap yaitu pembangkit listrik tenaga Surya yang diletakkan di atas atap rumah atau gedung. Kita sudah sering menjumpai di banyak gedung, juga di perumahan-perumahan elit, bahkan juga di beberapa traffic light.

Utomo SolaRUV ternyata mempunyai terobosan baru yaitu PLTS dengan Floating System yang memanfaatkan luasnya perairan di Indonesia. 

Banyak Keuntungan bila kita menggunakan PLTS Floating System ini, antara lain yaitu : 

1. Tidak membutuhkan lahan yang luas (memanfaatkan perairan)2

2. Menjaga ekosistem perairan, mencegah berkembangnya tumbuhan air

3. Mengurangi penguapan

4. Memberi efek cooling pada modul surya

5. Memperpanjang jangka waktu kinerja modul surya

6. Tidak menimbulkan emisi gas rumah kaca

7. Instalasi, commissioning dan maintenance lebih mudah

8. Posisi array bisa diputar mengikuti arah matahari

9. Meminimalisir erosi pada tepi perairan karena struktur floating.

Tetapi mensosialisasikan pemakaian PLTS Floating System ini juga tidaklah mudah, karena masih banyak tantangannya antara lain tidak semua perairan dapat dipasang floater, memiliki resiko terkena dampak aktivitas alam seperti gelombang tinggi ataupun badai, mengurangi fungsi guna perairan seperti ekosistem biota perairan akibat penutupan permukaan air oleh modul surya dan kegiatan perairan lainnya seperti pemancingan atau jalur transportasi, mempengaruhi keandalan dan keselamatan komponen jangka panjang karena kemungkinan terkena korosi akan lebih besarm Dalam hal ini Sistem juga harus fleksibel untuk beradaptasi dengan keadaan perairan itu sendiri.

Sebetulnya yang lebih penting adalah meningkatkan pemahaman masyarakat bahwa pemanfaatan energi terbarukan itu lebih penting untuk keberlangsungan kehidupan kita di masa depan dengan lebih baik menjaga alam ini. 

UTOMO CHARGEPLUS



Utomo Chargeplus ini adalah perusahaan yang konsisten memberikan layanan terbaik di bidang sistem pengisian daya kendaraan listrik terintegrasi yang mempunyai jaringan terbesar se-Asia Tenggara.

Sejak kita memutuskan untuk beralih ke kendaraan listrik sesungguhnya saat itulah perjalanan hijau kita telah dimulai. Jangan khawatir bingung untuk mencharge mobil kita dimana karena Utomo Chargeplus telah hadir di banyak titik dan dengan banyak inovasi. Mari kita mulai tranportasi berkelanjutan dengan menggunakan energi terbarukan yang disupport penuh oleh Utomo Chargeplus ini.




Utomo Chargeplus menyediakan banyak SKPLU sehingga memudahkan kita untuk charging everywhere. Harapannya Utomo Chargeplus akan hadir di 5000 km melewati 5 negara se-Asia tenggara dan 10.000 titik poin di Singapura pada tahun 2030. 

Utomo Chargeplus memberikan inovasi terbaik dengan menyediakan berbagai jenis pengisi daya, seperti MARVEL yaitu pengisi daya teramping di dunia atau INFERNO yaitu fast charger untuk lokasi-lokasi publik.

Ada juga aplikasi mobile Charge+ di App Store maupun Play Store yang memudahkan kita untuk mengetahui titik lokasi charger terdekat berbasis google map juga mengetahui titik charger mana yang tersedia. Aplikasi ini bisa memonitor semua histori transaksi dan aktifitas pengisian daya kita. 

Dengan semua fasilitas yang disediakan Utomo Chargeplus ini, tentu kita semakin mantap menggunakan kendaraan listrik. Jadi kapan nih akan memulai perjalanan hijaumu? 





 




Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td