HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MENGGANTI OLI MOTOR

 




Dulunya bisanya cuma naik doang, nggak mau tahu tetek bengek lainnya hehehe

Sejak suamiku meninggal, otomatis aku harus bisa menghandle semuanya. Padahal mungkin dulu ketika suamiku masih hidup, banyak hal yang aku tidak mampu atau malas melakukannya, karena aku cuma tahu beresnya saja. Kini aku harus belajar memahami banyak hal, tidak ada lagi yang kuharapkan bisa membantuku hehehe...  Salah satunya adalah mengganti oli motor.  Meskipun terlihat mudah, tapi sebetulnya ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengganti oli sepeda motor. 

Jika kita mencintai kendaraan yang kita pakai, maka kita harus rajin merawatnya dengan baik. Salah satu hal yang wajib kita perhatikan adalah perihal penggantian oli motor. Dalam hal ini adalah motor matik, karena motorku memang matik.  Motor skuter matik, seperti Yamaha Mio Series atau motor manual lainnya, semuanya memerlukan penggantian oli mesin yang rutin agar mesin tetap dalam kondisi prima.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus kita perhatikan saat mengganti oli sepeda motor kesayangan kita. Silahkan disimak!

       Hindari Penggunaan Kompresor Udara untuk Membersihkan Tangki Oli

Banyak montir bengkel menggunakan semprotan udara bertekanan tinggi untuk membersihkan sisa oli di crankcase setelah menguras tangki tersebut secara manual. Meskipun metode ini membuat pembersihan oli jadi lebih mudah dan efisien, namun tidak sepenuhnya baik untuk mesin motor kita.

Disarankan ketika menguras oli lama dari mesin motor, biarkanlah oli itu menetes sendiri hingga habis. Sebab, dengan menggunakan semprotan udara bertekanan tinggi, akan berisiko menyebar kotoran dari filter oli ke area mesin dan hal ini berpotensi merusak mesin motor secara perlahan. Kotoran tersebut akan menyebar ke bagian onderdil lain dan menyebabkan keausan dalam waktu yang lebih cepat.

       Gantilah Oil Ring Setiap Pembuangan Oli Lama
 
Oil ring yang terletak pada plastik penutup lubang oli di crankcase ini merupakan onderdil yang cukup rentan. Fungsinya sebagai pencegah terjadinya kebocoran pada tutup tangki merupakan fungsi yang vital, sehingga kita harus selalu memastikan barang satu ini selalu berada dalam kondisi terbaik dan bekerja sebagaimana mestinya.

Merawatnya agar awet merupakan hal yang sia-sia, jadi baiknya tiap beberapa bulan sekali kita perlu menggantinya dengan oil ring yang baru. Bahkan jika perlu, gantilah onderdil satu ini setiap melakukan penggantian oli mesin motor. Hal ini diperlukan karena karet oil ring yang terpapar panas mesin saat sepeda motor digunakan akan lebih berumur pendek.

       Biasakan Membuka Baut Saluran Oli dalam Keadaan Mesin Panas

Saat kondisi mesin dalam keadaan panas, maka suhu baut saluran oli juga akan ikut naik. Hal ini tentunya akan memudahkan untuk membuka baut, sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu dalam melakukan penggantian oli sepeda motor.

       Hindari Pencampuran Oli dengan Merk Yang Berbeda

Toko spare part sepeda motor atau toko khusus oli biasanya menyediakan hingga puluhan pilihan merek oli motor dari merek-merek yang bervariasi. Gunakanlah merek yang terpercaya. Dan jika sudah cocok, usahakan untuk tidak berganti ke merek lain.

Hal yang lebih penting lagi adalah untuk tidak mencampur oli dari merek yang berbeda pada satu mesin motor. Karena jika kandungan oli tersebut tidak cocok, bisa jadi malah akan merusak mesin.

       Isi Oli dengan Jumlah yang Pas

Pastikan mengetahui persis berapa kapasitas volume oli yang dibutuhkan mesin sepeda motor kita. Jangan sampai pengisian oli jadi terlalu banyak atau terlalu sedikit. Untuk mempermudah penggantian oli, kita bisa menggunakan gelas ukur agar dapat menuangkan oli secara presisi.

Itulah kurang lebih hal-hal yang perlu kita perhatikan saat mengganti oli sepeda motor. Poin yang lebih penting dan perlu diperhatikan dari semua itu adalah jangan sampai kita lupa untuk mengganti oli. Selalu perhatikan odometer untuk mengetahui kapan waktu ganti oli tiba. Jika sampai terlambat, kondisi mesin sepeda motor kita akan menjadi taruhannya.  Oke semoga bermanfaat ya...



Komentar

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td

Postingan Populer