DARI BLOG PALUGADA MENJADI BLOG BERNICHE




Awalnya dulu aku adalah seorang penulis fiksi. Beberapa ceritaku sudah dibukukan menjadi antologi. Macam-macam sih genrenya, ada yang drama, romantic bahkan ada yang komedi hehehe...  Aku sendiri juga tidak tahu bagaimana bisa mempunyai kemampuan menulis hihihi tetapi kalau kuingat-ingat mungkin karena aku suka menulis diary jadi akhirnya kebiasaanku menulis itu bisa terasah. Aku memang bukan termasuk orang yang suka curhat ya, jadi kalau ada masalah biasanya aku berusaha mencari solusinya sendiri, nah pelampiasannya adalah menulis diary, aku menuliskan semua galauku di diaryku. Padahal baru menuliskannya saja, tetapi rasanya beban ini sudah terkurangi hehehe Itulah mengapa aku kemudian jadi suka sekali menulis diary.

Kesukaanku menulis akhirnya mempertemukan aku dengan banyak penulis terkenal yang tentu saja kemudian memotivasiku untuk terus menulis. Bahkan aku bergabung dengan banyak komunitas menulis yang benar-benar bisa memaksaku untuk menghasilkan karya. Alhamdulillah sampai sekarang buku solo dan buku antologiku sudah mencapai tiga puluh lebih hehehe Nah dalam perjalananku menulis inilah kemudian aku mengenal dunia blog, yang kemudian membuatku fokus untuk menulis di blog sampai sekarang.

Jujur saja dulu awalnya ngeblog adalah karena seperti menemukan media lain selain diary untuk curhat. Apalagi ketika itu aku sedang menikmati peranku sebagai guru. Aku banyak menuliskan pengalamanku menjadi guru di blog. Ketika itu selalu menulis adalah  prinsipku, dan aku tidak perduli mau ada yang baca atau tidak aku tetap akan terus menulis. Hingga akhirnya bertemu banyak blogger yang sangat menginspirasi dan mengajakku tergabung dalam beberapa komunitas blogger. Komunitas blogger inilah  yang kemudian sangat membantuku untuk belajar menjadi blogger yang professional.

Sampai sekarang masih banyak hal yang belum aku pahami di dunia perbloggingan, itulah mengapa saat ini aku getol untuk belajar banyak hal tentang blog. Agar aku bisa maksimal memonetize blogku. Aku benar-benar mengasah kemampuanku untuk bisa ngeblog dengan baik. Aku berharap aku bisa rajin mengisi blogku dan mempunyai pembaca setia yang selalu mau membaca blogku. 

Bersyukur sekali aku bergabung dengan komunitas Indonesian Sosial Blogpreneur yang dikomandani oleh Mbak Ani Berta. Hampir tiap minggu ada kelas online yang membahas dunia blog, sehingga aku benar-benar belajar menjadi blogger yang sesungguhnya. Macam-macam yang dipelajari sih, mulai dari belajar menulis konten yang baik, tentang fotografi, tentang DA dan PA, tentang google analytic, tentang memonetize blog, tentang mengelola akun twitter dan lain-lain.  Semuanya membuat aku melek dan menyadari bahwa banyak hal yang bisa kudapatkan dari ngeblog sebetulnya kalau aku mau selalu mengasah kemampuanku menjadi blogger yang handal. 

Satu hal yang sedang aku asah saat ini adalah aku ingin membuat blogku mempunyai specific niche yaitu mempunyai tema tertentu. Jadi aku harapkan aku selalu menulis dengan payung tema yang sama. Karena aku juga seorang guru, maka aku harapkan aku bisa menulis blogku dengan tema pendidikan. Padahal nama blogku sudah kuberi judul Amazing Teacher, tetapi isinya koq persis etalase toko yang mempromosikan segala macam hihihi... Mungkin lebih hitsnya bisa dibilang blogku ini blog palugada, apa yang lu minta gue ada wkwkkwk mau minta postingan soal teknologi, kecantikan, kesehatan, keuangan, semuanyaa adaa semuanyaa aku tulis hahahaha aduh bener-bener deh yaa.. Orang bilang jenis blogku ini lifestyle, yang bisa membahas segala macam hal, bisa menuliskan apa saja.. really blog palugada pokoknya hahahaha..

Nah, beberapa waktu yang lalu aku bertemu seorang blogger kondang yang niche bloggernya adalah travelling, beliau bercerita bahwa beliau sering  susah payah menolak job menulis karena tidak sesuai dengan niche blognya. Misalnya blognya yang bertema travelling kalau disuruh menulis tentang staycation di hotel, tempat wisata atau transportation tentulah bisa klik menulisnya. Tetapi kalau misalnya disuruh menulis tentang barang-barang elektronik atau  asuransi pendidikan mungkin terlalu sulit menyambungkannya. Walaupun sebetulnya bisa aja ya dicocok-cocokin atau dimasuk-masukkan tapi tetep aja itu nggak fair rasanya. Dan beliau selalu berusaha konsisten untuk itu. Aku benar-benar terinspirasi. 

      Mengobrol banyak dengan beliau itulah yang membuatku terpacu untuk konsisten menulis dengan satu tema. Agar nantinya aku mempunyai pembaca-pembaca setia yang akan selalu membaca blogku dan juga semoga blogku menjadi rujukan orang-orang yang ingin mencari tahu banyak hal tentang pendidikan. Aamiin. Semoga dimudahkan. 


Komentar

  1. Aiih sedang asyik baca ternyata udah habis aja, lanjutkan dong Mbk ceritanya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td

Postingan Populer