KERIK JAMU, TUKER PLASTIK PINJAM BUKU



Bagi masyarakat Surabaya tentu sudah tidak asing lagi mendengar ada bus yang tiketnya dibayar dengan sampah plastik, jadi bus itu tidak menerima uang tunai.  Kalau kita mau naik bus itu kita harus menukar sampah plastik kita dengan tiket. Satu tiket bisa ditukar dengan 10 gelas air mineral kemasan atau 5 botol sedang atau 3 botol air kemasan yang besar.

Karena itulah, Surabaya dianggap sudah melek sampah plastik atau sudah teredukasi dengan baik mengenai sampah plastik. Maka KERIK JAMU memilih kota Surabaya sebagai kota pertama di Indonesia untuk launching programnya. KERIK JAMU adalah sebuah program yang didasari dari sebuah keinginan untuk meningkatkan minat baca anak Indonesia sekaligus menanamkan rasa peduli pada sampah palstik sedini mungkin.

KERIK JAMU adalah singkatan dari tuKER plastIK pinJAM bukU yaitu suatu program yang bekerja sama dengan toko ALFAMART yang menyediakan peminjaman buku. Jadi di gerai Alfamart tersebut diberi sebuah almari yang berisi buku-buku bacaan dan para pelanggan bisa meminjam buku hanya dengan menukar tiga sampah plastik. Mudah sekali bukan?

Saat ini sudah ada lima puluh gerai Alfamart yang tersebar di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik.  Nur Rachman, General Manager Corporate Communication Alfamart, menganggap kerjasama ini cukup bagus karena bisa membangun keepdulian anak sejak dini terhadap  lingkungan. Sebagai perusahaan ritel berjaringan, Alfamart selalu terus berupaya menghadirkan fasilitas yang lebih lengkap bagi masyarakat.

Keseruan launching KERIK JAMU

KERIK JAMU kemarin dilaunching bertepatan dengan Hari Anak Nasional. Acara diawali dengan acara sesi Dongeng bersama Komunitas Kumpul Dongeng dan mengundang beberapa murid dari Sekolah Dasar, yaitu SDN Sawunggaling 1 Surabaya, SDN Tegalsari 1 Surabaya dan SDN Ngagel Dadi 1 Surabaya di Pojok Dongeng Perpustakaan Bank Indonesia. Acara dongeng memang dianggap sebagai salah satu cara menumbuhkan minat literasi yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Diharapkan dengan seringnya mendengar dongeng, mereka akan tertarik dengan dongeng dan lalu mencari buku cerita bergambar seperti yang disediakan oleh KERIK JAMU dan bisa menceritakan ke keluarga mereka atau teman-temannya sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak pihak.

Oliver dan mamanya, yang selalu menginspirasi


Yang menarik founder KERIK JAMU ini adalah seorang bernama OLIVER UTOMO BUDIMAN yang masih berusia 18 tahun. Ollie, demikian nama panggilannya, kini sedang menjalani tahun akhir di Philips Academy Andover, Amerika serikat. Ollie menginisiasi program KERIK JAMU ini sebagai bentuk kepeduliannya untuk membuka ilmu pengetahuan dan informasi di dunia untuk adik-adik generasi bangsa sekaligus memberikan kontribusi yang baik bagi lingkungan di Indonesia.

Lemari buku KERIK JAMU
di depan salah satu gerai Alfamart

Buku-buku yang dipinjamkan di KERIK JAMU beragam mulai dari cerita rakyat, cerita anak modern, komik hingga cerita tentang tokoh terkenal sehingga anak-anak diharapkan tertarik untuk membacanya. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Anak-anak bisa mendatangi gerai ALFAMART terdekat dengan membawa tiga sampah plastik. Boleh plastik apasaja asal bukan tas kresek atau kantong plastik.

2. Petugas akan mendata nama anak atau nama orang tua dan juga nomer handphone yang bisa dihubungi.

3. Setelah menerima plastiknya, anak-anak diajak ke Lemari KERIK JAMU dan dipersilahkan untuk meminjam buku yang mereka sukai.

4. Waktu meminjam buku adalah selama satu minggu, setelah satu minggu mereka harus mengembalikan bukunya dan boleh meminjam buku yang lain.

5. Bagi anak-anak yang telah mengembalikan buku tepat pada waktunya mereka akan mendapatkan sedotan dari bambu.

Gampang banget kan caranya? Diharapkan dengan mudahnya anak-anak untuk bisa meminjam buku maka hal ini bisa membantu meningkatkan minat baca anak-anak Indonesia. Karena anak-anak tidak perlu jauh-jauh ke perpustakaan tetapi cukup mendatangi gerai Alfamart untuk mendapatkan buku bacaan yang diperlukan. 

Oya masyarakat umum juga bisa ikut berpartisipasi mendukung program ini dengan cara ikut menyumbangkan buku kepada KERIK JAMU. Akan ada spesial tumbler sebagai hadiahnya. Program KERIK JAMU ini memang dirancang oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Semoga kedepannya program ini dapat berjalan lancar dan semakin luas menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia. Sukses terus kERIK JAMU!

Komentar

Postingan Populer