TIPS MEMILIH LAPTOP GAMING YANG BENAR




Untuk seorang gamers sejati, mungkin harga mahal dari sebuah laptop gaming tentunya bukanlah masalah demi mendapatkan kepuasan dalam bermain game di laptop. Karena untuk bisa bermain game sangat membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang mumpuni, supaya bisa menjalankan berbagai game berat dengan lancar tanpa hambatan. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang tips memilih laptop gaming yang benar, yaitu sebagai berikut :

1.PROSESOR

Bisa dibilang bahwa prosesor ini merupakan otak dari sebuah laptop. Jadi, semakin tinggi sebuah prosesor maka akan semakin baik pula performa yang akan ditunjukkan oleh laptop tersebut. Biasanya pada gaming laptop sekarang ini sudah dilengkapi dengan prosesor tinggi, baik itu AMD maupun Intel. Namun jika anda termasuk kategori gamers berat dengan durasi panjang, maka sebaiknya menggunakan laptop dengan prosesor Intel. Karena prosesor Intel ini sudah terbukti tidak cepat panas dan lebih hemat daya. Pada laptop gaming dengan prosesor Intel, pastikan bahwa anda memilih laptop dengan prosesor berlabel HQ maupun MQ. Jangan menggunakan prosesor label U untuk bermain game, karena posesor label U hanya digunakan untuk hal-hal yang ringan saja. Untuk gaming laptop minimal prosesor Intel Core i5, dan lebih bagus Intel Core i7. Sedangkan untuk prosesor AMD yang direkomendasikan adalah FX Series dan A10. Hal lainnya yang harus anda perhatikan adalah kecepatan prosesor (GHz). Semakin tinggi angka GHz, maka akan semakin baik pula performa laptop tersebut.

2.VGA

Seperti yang diketahui bahwa VGA merupakan salah satu elemen terpenting dalam memilih laptop gaming yang berkualitas. Karena VGA ini bisa mempengaruhi tampilan serta kualitas game pada saat anda mainkan. Dalam hal ini, minimal VGA yang dibutuhan dalam laptop gaming adalah Nvidia GT840. Maka direkomendasikan untuk memilih Nvidia GTX Series, seperti GTX950, GTX960, GTX970 atau GTX980. Namun untuk VGA AMD anda bisa menggunakan R7 230 ke atas atau R9 Series.

3.RAM


RAM juga menjadi elemen penting dalam memilih laptop gaming. Dalam hal ini, pastikan bahwa anda memilih laptop gaming yang memiliki RAM di atas 4GB. Bukan hanya itu, pastikan juga bahwa laptop gaming tersebut menyediakan slot RAM tambahan, karena hal ini bertujuan supaya anda bisa melakukan upgrade RAM saat dirasa kurang dengan mudah. Anda bisa menggunakan jenis RAM DDR3, dan lebih baik jika menggunakan DDR4. Karena game-game berat seperti Watch Dog, MAD MAX, GTAV, dan lain sebagainya membutuhkan minimal RAM 8GB supaya bisa berjalan dengan baik.

4.Media Penyimpanan

Media penyimpanan pada laptop terdiri dari 2 penyimpanan, yakni SSD dan HDD. Untuk laptop gaming, maka sebaiknya anda memilih HDD minimal 1 TB (1000 GB). Hal ini dikarenakan game saat ini akan memakan banyak storage ketika diinstall. Bahkan beberapa laptop gaming terbaru sekarang ini sudah menyediakan slot untuk menambah HDD supaya penyimpanannya bisa ditambah.

5.Harga

Untuk mendapatkan laptop gaming dengan kualitas baik tentunya harganya juga sangatlah tinggi. Bahkan harga laptop gaming terbaik bisa mencapai sekitar 10 jutaan. Namun, jika anda rajin mencari, anda mungkin bisa menemukan laptop gamingtermurah dengan kualitas cukup baik. Itulah beberapa tips memilih laptop gaming yang benar, semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya terutama bagi para gamers sejati.



Komentar

Postingan Populer