WORKSHOP SISTER UKM GO ONLINE DI BATIQA HOTEL SURABAYA




Pada hari Sabtu tanggal 12 Oktober kemarin, aku berkesempatan mengikuti acara pelatihan pemanfaatan teknologi digital untuk kalangan perempuan Jawa Timur yang diadakan oleh PT XL Axiata Tbk bekerja sama dengan Bloggercrony Community (BCC).  Acara yang diselenggarakan di Hotel Batiqa di Jl. Darmo Kali Surabaya ini mengambil tema ‘Sister UKM Go Online” yang berisi tentang bagaimana melakukan pemasaran digital dengan memanfaatkan secara maksimal teknologi dan sarana digital untuk memacu produktifitas usaha kecil menengah yang dilakukan oleh para  perempuan di Jawa Timur.



Bloggercrony Community (BCC) sebagai partner Kelas Literasi Digital Sisternet menghadirkan Owner Koleksikikie, Riski Hapsari, dan Founder Bloggercrony Community dan Owner Digital Kreativ Hub, Wardah Fajri sebagai pembicara yang masing-masing membawakan materi “Pemasaran Digital yang Efektif untuk UMKM” dan “Optimasi Medsos UKM dengan Konten Kreatif”.  Peserta yang hadir adalah UKM Perempuan dari area Surabaya dan sekitarnya.  Acara ini berlangsung sangat meriah. Senang sekali bisa bertemu banyak perempuan-perempuan pengusaha yang sukses. Banyak hal baru yang kudapatkan, terutama bagaimana bisa memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung  bisnis kita. Apalagi saat ini teknologi digital terus melaju dengan cepat dan menawarkan manfaat yang semakin besar.





 Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit mengatakan bahwa banyak UKM yang dimotori oleh kaum perempuan. Namun, banyak di antara mereka yang masih ‘gaptek’ atau tidak paham bagaimana memanfaatkan sarana digital yang ada untuk meningkatkan produtivitasnya.  Oleh karena itu Sisternet dan BCC Surabaya ingin sekali membantu teman-teman perempuan pemilik bisnis kecil menengah dengan mengajari mereka menggunakan berbagai sarana digital.  Sejak diperkenalkan pada 2015, Sisternet terus berupaya untuk menjadi pelopor dalam menginisiasi solusi bagi banyak permasalahan sosial yang berkaitan dengan pemberdayaan wanita Indonesia. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari untuk menjembatani kesenjangan digital yang dianggap dapat menjadi akses bagi para perempuan Indonesia untuk terus maju. Memang terkadang kita menganggap ribet dan sulit apabila hendak mempromosikan usaha kita secara digital. Padahal zaman telah berubah, semua aktivitas kini sudah berbasis digital. Itulah mengapa acara ini sangat bermanfaat karena aku jadi memahami bagaimana  memanfaatkan sosial media kita untuk mendukung usaha kita ini




Oya XL Axiata juga menyediakan Modul Pintar Sisternet lho.... Modul ini berisikan informasi, edukasi dalam bentuk konten video untuk Perempuan Indonesia. Modul Pintar Sisternet memang dibuat sesuai dengan kebutuhan perempuan. Pengemasannya yang singkat dan padat informasi serta dapat diakses dimanapun dan kapanpun melalui gadget, membuat Modul Pintar mudah dijadikan pendamping belajar bagi Perempuan Indonesia. Kategori Modul Pintar yang bisa diakses antara lain ; Ibu dan Anak, Literasi Digital, Entrepreneurship dan lainnya. Keseluruhan informasi tersebut dapat diakses melalui https://www.sisternet.co.id/modulpintar. Selain media Modul Pintar tentunya kelas tatap muka juga harus tetap dilakukan untuk mendukung pembelajaran lebih dalam.



Bloggercrony Community (BCC) sebagai komunitas blogger yang mayoritas (70%) anggotanya para perempuan dengan latar belakang yang berbeda  ini berdiri sejak 24 Februari 2015 dan berbasis di Jakarta. Dengan anggotanya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia ini, kemudian menjadi latar belakang terciptanya kolaborasi antara Kelas Literasi Digital Sisternet dan Bloggercrony Community (BCC) yang peduli menjadi fasilitator pemberdayaan perempuan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital saat ini. Harapannya, tingkat “melek digital” kaum perempuan di berbagai daerah di Indonesia akan terus meningkat. Apalagi berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh APJII pada 2018 memperlihatkan bahwa tingkat penetrasi pengguna Internet di Indonesia mengalami peningkatan mencapai 171,17 juta jiwa atau 64,8% dari total populasi dan diperkirakan masih terjadi peningkatan yang signifikan pada tahun selanjutnya.



Sementara itu, masih dari data yang sama menunjukkan bahwa penetrasi internet di kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) di Indonesia baru mencapai 48,2%. Kondisi ini menjadi tantangan bagi XL Axiata untuk terus menghadirkan solusi kepada seluruh perempuan khususnya Ibu di Indonesia agar mampu adaptif dalam mengaplikasikan perkembangan teknologi digital saat ini ke dalam kehidupan sehari-hari. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) yang mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia.  XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak Desember 2014, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli 2015. 


Acara yang berlangsung sejak pagi ini terasa kurang lama saking serunya. Apalagi acaranya diadakan di Hotel Batiqa Surabaya. Tepatnya di Jl. Darmokali no 60 Surabaya. Hotel yang asri dan lokasinya sangat strategis, karena mudah dijangkau. Selain itu hotel ini juga dekat dengan spot-spot keren yang wajib dikunjungi bila kita sedang berada di Surabaya, seperti Kebun Binatang Surabaya, Masjid Al Falah, Taman Bungkul, Royal Plaza, TransMart Ngagel dan masih banyak lagi.  Batiqa Darmo Surabaya ini termasuk dalam Batiqa Hotel Management dan menjadi salah satu dari delpapan hotel lainnya yang tersebar di di Pekanbaru, Palembang, Jababeka, Cirebon.


Di Hotel Batiqa ada 84 kamar dengan type superior dan 3 kamar type suite room. Yang seru ada family room dengan  bunk bed yang pastinya disukai anak-anak. Fasilitas yang tersedia antara lain adalah breakfast, gym dan fitness, antar jemput ke bandara ataupun ke stasiun dan juga free internet. Sedangkan untuk keperluan bisnis, hotel Batiqa Darmo  mempunyai beberapa ruang pertemuan dengan kapasitas yang bebeda-beda. Ruang pertemuan tersebut antara lain yaitu: Ruang Sawunggaling, Ruang Semanggi, dan Semanggi 1-3. Harga mulai 80.000 IDR per pax dengan fasilitas snack dan keperluan rapat lainnya. Soal menu masakannya jangan khawatir, dijamin enak. Menunya juga lengkap mulai dari western food sampai menu tradisional juga ada. Yang vegetarian juga tetap bisa menikmati makan di sini, pun yang rindu jajanan tradisonal juga bisa menikmatinya di batiqa hotel. Benar-benar memuaskan deh.




Waktu menunjukkan pukul 13 ketika aku meninggalkan Batiqa hotel dengan segudang pengalaman baru yang membahagiakan. Bismillah semoga ilmu yang kudapatkan bermanfaat aku siap branding diriku lewat sosial mediaku tentunya. Terima Kasih XL, Terima Kasih BCC!!





Komentar

Postingan Populer