CARA PRAKTIS MEMBUAT JAMU KUNIR ASAM





Ketika wabah corona merebak, tiba-tiba jamu, empon-empon dan minuman herbal lainnya mendadak viral. Semua orang sibuk mengkonsumsinya. Kebetulan ibu mertuaku memang jualan jamu untuk mengisi waktu luangnya. Membuatnya pun tidak banyak, cuma sedikit dan hanya dijual di sekitar rumah saja. Aku dan anak-anakku sangat menyukai jamu buatan mertuaku ini. Rasanya benar-benar segar dan berasa menyehatkan. Mana kami juga benar-benar tahu bahwa bahan-bahan yang digunakan memang asli dan tanpa bahan pengawet.


Di sebuah artikel dari Voa Indonesia
menyebutkan bahwa minuman herbal yang  dikonsumsi sebagai bagian dari diet itu dapat meningkatkan anti-oksidan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Minuman herbal adalah minuman yang terbuat dari bahan natural yang berasal dari tanaman, daun, akar, batang, buah, dan bunga.

Hal ini berdasarkan studi global yang diterbitkan ke dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine tahun 2018, bertajuk “Herbal beverages: Bioactive compounds and their role in disease risk reduction – A review” atau “Minuman herbal: Senyawa bioaktif dan perannya dalam mengurasi resiko penyakit – Ulasan" ini dilakukan oleh Anoma Chandrasekaraa dan Fereidoon Shahidib. 
Maka bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia dan berlimpah rempah. Kita tidak perlu susah-susah mencari bila ingin mengkonsumsinya.

Nah jamu buatan ibu mertuaku ini sangat gampang lho membuatnya. Bahan-bahannya juga gampang. Salah satu yang kami sukai adalah jamu kunir asam. Begini cara membuatnya : 
Bahan-bahannya
1. Kunir 500 gram
2. Asam 1 ons
3. Gula putih 500 gram
4. Gula merah 250 gram
5. Air secukupnya


Cara membuatnya
1. Iris tipis-tipis kunirnya
2. Masukkan kunir yang sudah diiris ke dalam panci
3. Campurkan asam, gula merah dan gula putih
4. Tambah air secukupnya.
5. Rebus sampai mendidih
6. Kalau sudah mendidih matikan kompor
7. Biarkan dingin baru masukkan ke dalam wadah 

Mudah sekali ya membuatnya? Jamu kunir asam ini menjadi minuman kesukaan kami sekeluarga lho.. Kalau berminat kalian bisa pm aku deh wkwkwk..

Komentar

  1. Wuhuuuu enaaaakkkkkk, jadi pingin sinom pagi-pagi. Nunggu bakul jamu lewat, ah!

    Nguliti kunir 500 gram sekaligus ngrajang sukses bikin tangan berwarna kuning. Tapi seru juga kalau dikerjakan rame-rame ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentar... bentar... salfok nih... sebenarnya kunir asem dengan sinom sama nggak sih? Maklum nggak suka jamu jadi gak tau bedanya. hahaha anakku soalnya sukanya sinom

      Hapus

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td

Postingan Populer