MENJADI GURU ONLINE


Tahun ajaran baru sudah dimulai. Sayangnya karena pandemik kita harus belajar dari rumah. sekolah-sekolah masih ditutup. Sedih rasanya. Tapi bagaimana lagi keadaan memang belum benar-benar aman untuk melakukan tatap muka. 

 Sudah 4 bulan lebih kami mengadakan pembelajaran jarak jauh seperti ini. Aku ingat ketika penilaian Akhir semester kemarin. Ya Allah rasanya ribet sekali, harus menyiapkan semuanya secara online.

Malam sebelum PAT diadakan, aku WApri tiga puluh orang muridku untuk meyakinkan bahwa mereka siap. Kalau dulu kehadiran mereka ke sekolah dianggap sebuah kesiapan. Maka kali ini jawaban mereka di WAG adalah bukti kesiapannya. Karena tidak semua respon akhirnya aku memutuskan untuk menjaprinya.
 
Tugasku membuat soal PAT kelas 7 menggunakan google form akhirnya bisa kuselesaikan juga. Cukup tunak tunuk karena aku seringnya kelupaan ini itu. Lupa belum memberi kop SMP, lupa belum memberikan kunci jawaban, lupa belum mengatur waktunya, dan yang paling parah lupa kalau kelas 7nya sampai 7H kukira hanya sampai 7F seperti kelas 8 ya Allaah🤦‍♀️ 



Maklum biasanya kalau di sekolah tinggal teriak kalau bingung dan tinggal minta tolong kalau nggak bisa juga. Maka karena di rumah, aku harus sekuat tenaga mengerjakannya sendiri. Walaupun ketika akhirnya mentok tetep juga telpon untuk minta tolong hihihi...

Alhamdulillah para wali murid juga sudah siap membantu putra putrinya untuk berPAT. Aku sudah share jadwalnya di WAG beberapa hari sebelumnya dan selalu aku ingatkan pula. Semoga mereka bersabar menghadapi anak-anak yang mungkin jadi susah dibangunkan agak pagi dan juga bersabar untuk mengingatkan anak-anaknya supaya jujur dan tidak menyontek.

Syukurlah PAT bisa berjalan lancar, padahal Aku sendiri selain sibuk handle murid-muridku juga mendampingi dua anakku yang juga PAT. Bener-bener harus ekstra tenaga dan pikiran hihihi.. Apapun yang bisa kita lakukan memang tetap berusaha bersyukur, bagaimanapun keadaannya. Karena memang kita harus bersabar untuk lebih lama bersekolah di rumah, lebih lama lagi belajar online. Murid-murid banyak sekali yang tanya kapan masuk, kapan sekolah lagi dll sayangnya kita masih harus lebih bersabar untuk lebih lama tinggal di rumah. Toh semua ini juga untuk kebaikan kita bersama.

Semoga Pandemik ini segera reda dan kita bisa bergembira bersekolah lagi. Semoga pengalaman ini akan menjadikan murid-muridku untuk lebih rajin bersekolah kelak, tidak suka bolos dan juga tidak bandel lagi😁😁 Seperti aku yang juga berjanji untuk mengajar dengan lebih baik lagi. Karena ternyata mengajar dari rumah itu lebih capek dan bikin baper😆😆 Kalau diberi soal mereka tidak bisa mengerjakan, aku iilfeel, tetapi kalau nilainya bagus semua aku jadi curiga jangan-jangan mbah google yang mengerjakan🤣🤣 Akhirnya hanya bisa berucap terima kasih kepada Allah untuk semua pencapaian dan keikhlasanku menjadi guru online.

Komentar

Postingan Populer