MENEMUKAN IDE UNTUK MENULIS

Minggu, 20 September 2020


Seringkali kita dengar ucapan banyak orang tentang susahnya mencari ide dalam menulis. Jk Rowling pernah mengatakan bahwa tulislah apa yang kamu kuasai. Maka menulis akan menjadi mudah. Kalau kita seorang guru maka tulislah tentang pengalaman mengajar setiap hari. Tulislah tentang bagaimana menghadapi murid-murid yang bandel, bagaimana menyampaikan materi pelajaran dengan mudah. Ya tulislah tentang hal-hal yang kita alami sehari-hari. Jangan menulis hal-hal yang kita tidak mengetahuinya. Misalnya tentang bagaimana bertahan hidup di planet mars misalnya. Wujud planetnya bagaimana aja kita juga nggak tahu kan hohoho..

Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan ide dalam menulis :

1. Dari pengalaman pribadi

Setiap kita pasti punya pengalaman menarik yang mungkin tidak dialami setiap orang. Itu bisa jadi ide tulisan yang bagus. Misalnya ketika belum semua orang pernah pergi ke Jepang dan ternyata kita sudah pernah. Maka pengalaman kita berwisata ke sana bisa menjadi tulisan yang menarik. Orang-orang yang akan pergi ke Jepang akan menjadikan tulisan kita sebagai rujukan persiapan kepergian mereka. Atau misalnya lagi pengalaman merawat orang sakit. Usaha apa saja yang sudah kita lakukan, obat apa saja yang sudah dikonsumsi, itu akan menjadi tulisan yang bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan.

2. Dari Kejadian di sekitar kita

Sebagai warga masyarakat yang sehari-hari tinggal bersama di suatu lingkungan, tentu banyak kejadian spesial yang terjadi dan bisa kita ambil ibrohnya. Maka kita bisa menuliskan pengalaman tersebut untuk diambil hikmahnya. Misalnya tentang tetangga yang hidupnya biasa-biasa aja ternyata mampu menyekolahkan anaknya keluar negeri. Atau tentang pak Haji tetangga depan rumah yang selalu bershodaqoh di setiap hari Jumat dll dsb.

3. Dari buku yang kita baca

Untuk bisa menulis orang harus suka membaca. Semakin banyak buku yang kita baca semakin luas pengetahuan kita dan semakin banyak hal yang bisa kita tuliskan. Selain itu kita juga bisa membuat review dari buku yang kita baca tersebut. Dari review kita orang  bisa menentukan apakah dia jadi membeli buku itu atau tidak.

4. Dari curhatan teman

Banyak orang bilang hati-hati curhat dengan penulis nanti kisahmu tiba-tiba bisa jadi buku hihihi tapi begitulah memang. Terkadang curhatan seorang teman bisa kita jadikan ide tulisan. Kita tambah-tambahi sedikit kisahnya biar seru lalu kita buat akhir yang happy atau yang sad, jadi deh sebuah cerita hehehe..

Jadi sebetulnya tidak ada istilah mencari ide menulis itu susah. Yang ada memang kita malas menuliskannya. Karena sesungguhnya ide itu bertebaran di sekitar kita. Ayo mulai menulis sekarang. Ingat pesan Pramoedya ananta tour bahwa orang akan hilang dari peradaban dan dari sejarah kalau dia tidak menulis. So, mulai kapan kamu akan menulis?

1 komentar

  1. Bener banget mbak keempat poin tersebut, klo aku ada satu poin lagi, yaitu dari nonton film hehhee.

    BalasHapus

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td