SUNDANCE FILM FESTIVAL GELAR KOMPETISI FILM PENDEK

Kamis, 27 Mei 2021


XRM Media dan IDN Media mengumumkan pelaksanaan Kompetisi Film Pendek yang disponsori oleh Argo sebagai salah satu rangkaian acara di festival ini. Argo adalah sebuah platform streaming dan kurator global film pendek. 

Tujuan Kompetisi ini adalah :

1. Untuk menemukan, membina dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di Industri film.

2. Memperkenalkan mereka ke kancah global.

Kompetisi film pendek ini dibuka untuk para insan perfilman Indonesia.

Winston Utomo, CEO IDN Media, menyatakan, bahwa Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film, terutama di Sundance Film Festival: Asia. Dalam Short Film Competition ini, sangat dinantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. IDN media berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya industri film di Indonesia.



Dewan juri yang akan mengkurasi film pendek dalam kompetisi ini merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, Argo, dan seorang sutradara film alumni Sundance Film Festival. Para Dewan Jurinya antara lain adalah: 

1. Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival

2. Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival

3. Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival

4. Susanti Dewi, Head of IDN Pictures

5. Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival

6. Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

Pemenang Jury Award selain berhak menerima hadiah uang tunai sebesar USD 2,000 yang disponsori oleh Argo, filmnya juga akan diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 pada bulan September mendatang. Selain itu, karya pemenang juga akan berkesempatan dinominasikan untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2022 serta mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo. 

SYARAT MENGIKUTI KOMPETISI FILM PENDEK



Syaratnya adalah sebagai berikut :

1. Pendaftaran akan dibuka hingga 9 Juli 2021 untuk

2. Boleh diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri. 

3. Tidak ada batasan genre atau tema film yang bisa diikutsertakan. 

4. Proses pengerjaan film harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019.

5. Durasi film antara 3 hingga 20 menit.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition, kunjungi halaman Film Freeway https://filmfreeway.com/SundanceAsia.

Mike Plante, Programmer Senior, Short Film, Sundance Film Festival berkomitmen bahwa Di Sundance Film Festival akan terus mencari talenta dan karya baru, serta memberi panggung bagi mereka.

Michael Chow, Founder of XRM Media mengungkapkan bahwa XRM Media merasa terhormat bisa membawa Sundance Film Festival: Asia ke Jakarta, Indonesia, sekaligus mengadakan Short Film Competition bersama dengan Argo. XRM yakin bahwa keberadaan film pendek akan menjadi bagian yang berkelanjutan di dunia perfilman. Oleh karenanya, XRM berkomitmen untuk mendukung komunitas film lokal di Asia dan memperkenalkan mereka pada akses menuju audiens global.”

Arcadiy Golubovich, CEO Argo mengungkapkan juga  bahwa Argo sangat senang bisa turut mendukung hadirnya Sundance Film Festival: Asia 2021 dan mendukung para pembuat film pendek. Mereka yakin bahwa misi untuk mendemokrasi distribusi film dengan menghadirkan karya-karya terpilih terbaik untuk audiens global sejalan dengan dukungan yang diberikan bagi potensi-potensi dalam komunitas film pendek.

So, buat kalian yang punya passion di dunia perfilman buruan siapkan karya kalian, masih ada waktu lho untuk memeriahkan Kompetisi Film Pendek yang diadakan oleh Sundance Film Festival ini. 


Tentang Sundance Institute

Sebagai kurator film independen, Sundance Institute merupakan lembaga nirlaba yang menyediakan ruang bagi seniman di bidang film, teater, dan media digital untuk berkreasi dan berkembang. Didirikan pada tahun 1981 oleh Robert Redford dan dilangsungkan di Amerika Serikat, program-program yang diciptakan bertujuan untuk mengembangkan beragam proyek. Sundance Co//ab merupakan platform komunitas digital yang menyatukan seniman untuk saling bertukar ilmu dan tetap terhubung dalam sebuah ruang kreatif. Sundance Film Festival juga menghubungkan penonton dan seniman untuk melahirkan ide-ide baru yang autentik, sehingga komunitas film independen pun dapat terbentuk. Sundance Institute telah mendukung beragam proyek lain, seperti Clemency, Never Rarely Sometimes Always, Zola, On The Record, Boys State, The Farewell, Honeyland, One Child Nation, The Souvenir, The Infiltrators, Sorry to Bother You, Won't You Be My Neighbor?, Hereditary, Call Me By Your Name, Get Out, The Big Sick, Mudbound, Fruitvale Station, City So Real, Top of the Lake, Between the World & Me, Wild Goose Dreams and Fun Home.

Tentang XRM Media

XRM Media adalah perusahaan hiburan dan teknologi yang didedikasikan untuk mendukung, memproduksi, dan mendanai konten multikultural bersama mitra globalnya. Melalui pendekatan yang inkonvensional, XRM Media memanfaatkan portofolio investasi dan mengambil risiko pada prospek yang dinilai menjanjikan. XRM Media menjadi media anti-mainstream yang mampu menghubungkan audiens lobal melalui cerita yang resonan dan berpengaruh kuat.


Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td