LIBURAN SERU TANPA TERGANGGU RUAM POPOK

Senin, 19 Desember 2022


Kesukaanku dari dulu itu jalan-jalan, menurutku mengunjungi suatu tempat baru adalah sesuatu yang menyenangkan. Banyak hal yang bisa kita pelajari dan kita explore. Sejak masih gadis maupun sudah beranak pinak, aku tetap suka travelling jalan-jalan. Kalau misalnya orang lain mendapatkan bonus rezeki berlebih pasti sibuk membeli barang-barang baru atau merenovasi ini itu. Kalau aku tidak, aku akan menggunakan uang itu untuk travelling hihihi..

Dan itu tetap berlaku walaupun aku sudah menikah, berkeluarga dan punya anak. Alhamdulillah aku mendapatkan suami yang sama kesukaannya, yaitu jalan-jalan. Jadi walaupun punya anak empat, bayi semua hahaha saking dekatnya jarak umurnya gitu lhoo.. kami tetep suka jalan-jalan dan tidak merasa kerepotan. Satu hal yang kami jaga adalah anak-anak harus enjoy semua dan jangan rewel. 

Pengalaman travellingku yang paling seru adalah ketika Nabila anakku berumur satu bulan, aku sudah mengajaknya jalan-jalan ke Jakarta. Ketika melihat Nabila tidak rewel sepanjang perjalanan, banyak yang heran, lalu bertanya padaku. Aku menjelaskan yang penting dia merasa nyaman, jadi tidak akan rewel. Salah satu indikator nyamannya adalah dia memakai popok yang bagus, sehingga dia merasa nyaman. Nggak kebayang kalau Nabila mengalami ruam popok, dia pasti akan rewel dan akan mengganggu liburan kami. Oleh karena itu pemilihan popok tetaplah nomer satu bagi kami.

Oleh karena itu, aku selalu hunting popok yang. bagus untuk anakku. Maka ketika menemukan produk MAKUKU SAP Diapers Slim benar-benar membuatku merasa sangat beruntung. Aku tidak perlu khawatir lagi anakku rewel karena ruam. Masalah ini pasti sering dihadapi oleh ibu yang mempunyai anak kecil tentunya. Ruam popok bukan hanya mengganggu aktivitasnya, tetapi jika tidak segera ditangani, ternyata bisa mengganggu tumbuh kembangnya juga lho ternyata..

Aku sebenarnya bukan tipe ibu yang rewel atau harus menggunakan produk tertentu untuk keperluan sehari-hari. Namun berbeda jika sudah berkaitan dengan anak. Semua ibu pasti juga demikian. Ibaratnya kebutuhan sendiri tidak masalah tidak terpenuhi, asal anak mendapatkan yang terbaik. 

Pengalaman dengan anak pertama dulu, aku asal memilih produk popok. Karena menurutku waktu itu, toh hanya sekali pakai dan langsung dibuang. Apalagi penggunaannya paling lama 4 jam. Bahkan jika si kecil pup, pasti langsung dilepas dan diganti. 

Ternyata pendapatku keliru. Itu yang terjadi pada si sulung. Anakku itu pernah mengalami ruam popok. Tidak parah sih, tetapi sangat mengganggu kesehatannya. Karena merasa gatal dan perih, bukan hanya membuatnya rewel, nafsu makannya turun. Itu yang menyebabkan anakku pernah memiliki tubuh yang sangat kurus. 

Aku tidak sadar bahwa masalah tersebut berawal dari popok yang dikenakan. Aku kira karena si kecil kurang suka menu makanannya. Memang untuk si sulung dulu, aku membeli produk yang harganya murah. Kalau ingat hal tersebut, aku masih menyesal. Hanya beda sedikit saja menjadikan kesehatannya terganggu. 

Untuk si adik, aku memilih MAKUKU Diapers sebagai popok pilihan.  Hal ini karena aku mengetahui berbagai keunggulannya yang pas untuk si kecil. Salah satu penyebab ruam adalah permukaan kulit si kecil yang basah karena pipis. Dengan menggunakan produk berdaya serap tinggi, hal tersebut tidak akan terjadi. 



Kenali Ruam popok dan Cara Mengobatinya

Dari kasus si sulung, maka untuk adiknya, aku ekstra hati-hati. Sejak awal hamil, aku konsultasi dengan ahli mengenai produk apa yang terbaik untuk buah hati. Mulai dari pakaian, produk kebersihan, sampai urusan popok aku tanyakan. Aku tidak mau melakukan kesalahan yang sama. 

Hasil tanya dokter gratis tersebut, aku mendapatkan informasi bahwa memilih popok terbaik sangat penting karena bisa mencegah ruam popok. Memang sih, penyakit ini biasa terjadi pada bayi sampai anak-anak, namun jika bisa dicegah, kenapa tidak? 

Terkait hal ini, aku mendapatkan informasi bahwa ruam sangat berbahaya dan berdampak panjang pada bayi dan ibu. Separah itu? Aku cukup kaget ketika mendapat penjelas. Nah, inilah fungsinya banyak bertanya, ilmu bertambah, si kecil juga bisa lebih sehat. 

Ketika membawa si kecil untuk imunisasi di rumah sakit, aku mendapat informasi bahwa MAKUKU memberikan layanan berkonsultasi secara gratis pada dokter. Kesempatan emas untuk menimba ilmu, pikirku saat itu. Ternyata layanan tanya dokter gratis ini bukan hanya berlaku di rumah sakit yang aku datangi lho

Konsultasi dokter gratis ini melayani 10 rumah sakit besar yang tersebar di Indonesia. Wah keren! Makuku bukan hanya memperkenalkan produk terbaik tetapi juga memberikan pelayanan edukasi sehingga si kecil aman dan bisa tumbuh dengan maksimal tanpa gangguan ruam popok. 

Kenali ruam popok

Berkaitan dengan ruam popok, berdasar konsultasi ibu anak yang aku lakukan, memang benar bisa terjadi pada semua bayi dan tidak menimbulkan kematian. Namun dapat mengganggu tumbuh kembangnya. Ini aku sudah alami dengan kondisi si kakak dulu yang berat badannya rendah dan mudah sakit. 

Penyebab ruampopok sering karena penggunaan popok yang kurang tepat sehingga menjadi sarang kuman penyakit dan iritasi sehingga kulit anak gatal dan kemerahan. Selain itu bisa juga karena bahannya kurang lembut, saat si kecil bergerak akan timbul gesekan dan lecet. 

Anak yang mengalami ruam akan rewel, susah tidur dan kurang nafsu makan. Karena itu daya tahan tubuhnya turun. Sedangkan bagi ibu, karena merasa khawatir bisa menyebabkan gangguan psikis. Apalagi jika hal tersebut terjadi cukup lama. Karena menjaga anak yang rewel, ibu juga kurang istirahat dan menjadi drop.

Dampaknya bisa panjang. Apalagi jika aku yang mengalami. Jika sakit, pasti tidak bisa mengasuh si sulung dengan baik. Dia pun bisa jadi ikut sakit. Belum lagi si kecil, jika ibunya sakit maka tidak bisa merawatnya dengan maksimal. Kualitas dan kuantitas ASI bisa menurun, asupan gizi adik terganggu. Panjangkan efeknya? 

Sesuai penjelasan dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit.

Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.”

Cara mengatasi ruam popok

Berbicara mengenai ruam popok ternyata seru karena dampaknya sangat panjang Bukan hanya untuk si kecil, tetapi juga bagi seluruh keluarga. Lalu bagaimana mengatasi ruampopok?  Ada beberapa cara: 

a. Segera ganti popok setelah pup

Pup dan pipis si kecil merupakan sarang kuman. Popok berfungsi untuk menarik cairan dan menyimpannya, namun tidak semua berfungsi baik. Tidak sedikit yang rembes dan menyebabkan bagian paha si kecil tetap basah sehingga mudah tumbuh kuman. Ekskresi berupa pup akan tertinggal di permukaan popok seharusnya tetap kering dan bersih.

Untuk mengatasinya, harus segera mengganti popok begitu si kecil pup. Jangan tunggu sampai kuman datang, berkembang dan membawa penyakit. Banyak yang menyarankan untuk mengganti popok setelah 4 jam. Namun jika  pup atau sudah penuh dengan cairan, harus segera menggantinya. 

b. Oleskan minyak jarak

Minyak jarak merupakan bahan alami yang menjadikan luka cepat kering dan tidak perih. Selain itu juga mengandung antibakteri. Dengan mengoleskan pada ruam akan membuat bagian ini tetap lembut sehingga tidak terasa sakit saat si kecil bergerak.

c. Pastikan sirkulasi udara di seluruh kulit lancar

Untuk mengatasi ruam bisa dengan memastikan sirkulasi udara di semua permukaan kulit lancar. Tidak sedikit ibu yang beranggapan bahwa jika si kecil memakai popok ukuran terlalu pas, akan membuat cairan tidak bocor. Padahal hal ini selain membuatnya tidak nyaman, juga menjebak udara dan tidak memberi kesempatan untuk terjadi pergantian. 

d. Hati-hati menggunakan antibiotik

Penggunaan antibiotik untuk menyembuhkan penyakit dengan tidak tepat, bisa berdampak buruk. Mikroorganisme baik dapat mati sehingga mengganggu kesehatan. Begitu juga pada kasus ruam. Karena mikroorganisme baik jumlahnya kurang, menjadikan ruam tidak cepat sembuh. 

e. Gunakan popok terbaik

Nah ini sangat penting, jangan asal menggunakan popok, namun pastikan berkualitas dan bisa menjaga kesehatan si kecil. Pastikan selain bahan lembut, daya serap tinggi juga tidak menggumpal. Gumpalan menyebabkan si kecil tidak nyaman bergerak. Selain itu, karena tidak rata bagian yang tipis mudah bocor. 

Belajar dari pengalaman dengan anak pertama, aku mantap memilih MAKUKU SAP Diapers Slim yang merupakan perbaikan dari produk sebelumnya. Keunggulan produk ini tidak aku ragukan lagi. Selama menggunakannya, aku tidak pernah menemukan popok bocor atau rembes. Si kecil juga tidak pernah bangun tengah malam karena popoknya basah. 

Hal ini karena MAKUKU mempunyai daya serap tinggi. Teknologi SAP atau Super Absorbent Polymer mampu membuatnya bekerja maksimal. Bahan di dalamnya bisa menyerap cairan dengan maksimal, jadi benar-benar aman. 

Kenapa MAKUKU SAP Diapers Slim Lebih Unggul dari Merek Lain?

Sejak pertama mendengar tentang MAKUKU, aku langsung yakin bahwa produk ini terbaik. Teknologi yang digunakan pertama di Indonesia dan didesain berdasarkan pengalaman serta perbaikan dari produk sebelumnya. Tentu sudah mempertimbangkan kekurangan dan mengganti dengan yang lebih baik. 

Pengalaman selama si kecil memakainya memang selalu positif. Selain tidak pernah rembes, juga tetap bisa aktif bergerak selama menggunakannya. Produk ini juga tersedia dalam berbagai ukuran dengan harga terjangkau. Untuk adik yang kini beratnya 10 kg, aku memilih ukuran L yang sesuai bagi anak dengan berat 9-14 kg. Pack yang aku pilih berisi 34 buah. 

Harga MAKUKU menurutku sebanding dengan kualitasnya. Aku membelinya dengan kisaran harga Rp60 an ribu. Untuk kualitas sebagus itu menurutku memang tepat sih. Apalagi untuk mendapatkanya juga mudah. Bisa membelinya di toko offline maupun supermarket.

Aku sendiri sering belanja MAKUKU SAP Diapers Slim secara online di https://shopee.co.id/makukustore?smtt=0.300996287-1671004547.3 dan https://tokopedia.link/DrkvvCEmKvb. 

Sebenarnya aku bukan tipe orang yang mudah tertarik dengan suatu produk sebelum mendapat informasi detail dan mencobanya sendiri. Sebelumnya aku sempat membaca banyak informasi tentang MAKUKU https://Makuku.co.id Aku juga mengunjungi Instagram @makuku.indonesia.official dan Tiktok @makukuindonesia.official.

Dari situ aku lebih banyak tahu keunggulan MAKUKU Diapers, termasuk komitmen menyediakan fasilitas tanya dokter gratis untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi mengenai pemakaian diapers.

Selain itu juga informasi yang berkaitan dengan ruam popok sehingga tidak perlu #TakutRuamDiapersUseMAKUKU .  Aku juga tidak khawatir dengan kesehatan dan kenyamanan si kecil karena sudah menggunakan produk yang #RUAMPOPOKEKSPERT. Berkaitan dengan keunggulan MAKUKU ini banyak sekali, yaitu: 

1. Daya serap kuat 

Dengan menggunakan MAKUKU, permukaan kulit akan tetap kering dan nyaman sehingga tidak lembab dan tidak khawatir muncul ruam. Kemampuan menampung cairan tinggi, sampai 500ml.  Jadi ketika si kecil tidur malam tidak akan terganggu karena popok basah atau rembes.

2. Ukuran tipis dan untuk NB mempunyai bentuk U

Pernah membandingkan ukuran popok? Rata-rata mempunyai ketebalan 2 mm atau lebih. Banyak ibu yang mengira bahwa semakin tebal bertambah bagus. Padahal tebal belum tentu mampu menampung banyak cairan. Justru karena terlalu tebal mengganggu gerak si kecil.

MAKUKU hadir dengan ukuran tipis, hanya 1,6mm saja. Jadi meski seharian mengenakannya, si kecil tetap merasa nyaman dan bisa aktif bergerak. Ini penting untuk tumbuh kembangnya. Meski tipis, karena daya serapnya tinggi tidak akan bocor atau rembes. 

Sebenarnya produk ini tersedia dalam dua bentuk, yaitu celana dan U. Untuk adik, aku pilihkan bentuk celana. Popok bentuk U memang disediakan untuk bayi new born agar memudahkan dalam pemakaian. 

3. Tidak menggumpal

Pernah menemukan popok belum terlalu penuh tapi bocor?  Itu bisa terjadi karena bagian dalamnya menggumpal sehingga pada sisi lain tidak dapat menyerap pipis dengan sempurna. Hal ini tidak akan terjadi jika memilih MAKUKU SAP karena menggunakan teknologi New Generation SAP Core Structure, pertama di Indonesia.

SAP  atau Super Absorbent Polymer  ini yang menjadikannya mempunyai daya serap tinggi. Teknologi modern dalam popok sekali pakai ini mampu menyerap cairan dengan maksimal.

4. Indikator cairan 

Untuk mengetahui popok sudah penuh atau belum, bisa dilakukan dengan mengeceknya langsung. Namun hal ini bisa mengganggu si kecil. Berbeda jika menggunakan MAKUKU, tidak perlu sering mengecek karena ada indikator yang menunjukkan volume pipis. Dengan Wet Indicator si kecil tidak perlu terganggu selama bermain atau tidur. 

5. Cairan terkunci

Bocor atau rembes pada popok terjadi bukan karena penuh, namun bahan yang tidak dapat menahan dengan sempurna. MAKUKU memperbaiki hal ini dengan mengunci cairan sehingga si kecil tetap nyaman. 

6. Lembut seperti tangan ibu

MAKUKU SAP Diapers Slim mempunyai desain berbentuk 3D untuk mempercepat penyerapan cairan sehingga minim kontak dengan kulit. Meski menggunakan popok, sirkulasi udaranya mencapai 60%, tanpa khawatir bocor. Bahannya yang lembut menjadikan sentuhan pada kulit terasa seperti tangan ibu, nyaman dan menenangkan. 

7. Heat-press side

Sering bermasalah ketika akan melepas popok yang dikenakan buah hati? MAKUKU SAP diaper dilengkapi dengan roll tape yang merupakan sistem untuk memudahkan membuang popok bekas. Bagian sambungan juga aman dan nyaman karena tidak menggunakan lem, tetapi  dengan heat press side. Ini bisa mengurangi gesekan pada pinggang yang menimbulkan iritasi. 

8. Sertifikat ISO

Keamanan dan kualitas MAKUKU SAP Diaper terbukti karena bersertifikat ISO. Hal ini menjadikan aku semakin yakin dan mantap memilihnya untuk buah hati. 

MAKUKU SAP Diapers Slim merupakan jawaban bagi kebutuhan popok yang bebas ruam. Kini aku dan ibu lainnya tidak perlu ragu dan khawatir dengan kesehatan serta keamanan si kecil. meski harus mengajaknya keluar rumah juga tidak perlu takut rembes atau bocor karena produk ini menggunakan teknologi modern. Jadi cuuss kepoin  https://Makuku.co.id yess buat info lengkapnyaa..

3 komentar

  1. Ternyata ruam popok berbahaya ya Mbak, untung ada popok Makuku. Desainnya manis, pas di anak dengan bahan lembut dan elastis. Bakalan nyaman buat bayi biar tidur di rumah atau di perjalanan karena ga mudah bocor.

    BalasHapus
  2. Popok Makuku emang bagus banget bu, dan yang paling aq seneng itu soalnya anti gumpal jadi anak bakal terus merasa nyaman

    BalasHapus
  3. Anak kalau udah kena ruam popok, efeknya emang bisa ke mana-mana ya Mbak. Soalnya dia ngerasa nggak nyaman banget.

    BalasHapus

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td