Navya Arma, First Autonomous Vehicle

Minggu, 18 Desember 2022




Mendengar Nama Navya Arma, koq seperti bukan nama kendaraan ya, terdengar cantik, pasti dikira itu nama orang hihihi Padahal Nayva Arma adalah nama kendaraan listrik pertama alias First Autonomous vehicle yang kemarin bisa kita lihat di Green Office Park di BSD City. 

Ini adalah kendaraan listrik tanpa awak atau bisa disenut Bis otomatis yang pengoperasiannya menggunakan GPS dan juga  sensor Light Radar. Tentu saja kameranya beresolusi tinggi untuk big data analysis. Kendaraan ini sudah dipamerkan dalam Electric Vehicle Exhibition di Nusa Bali sebagai offocial side event G20 Summit yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan pada tanggal 11 sampai 16 November 2022 kemarin. Semua ini merupakan salah satu upaya Sinar Mas Land membantu melestarikan lingkungan dan menegaskan komitmen untuk terus berkontribusi dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 



Banyak inovasi yang telah dilakukan Sinar Mas Land untuk mengembangkan kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan ini. Salah satunya adalah pengoperasian autonomous electric vehicles (AV) pertama di Indonesia dalam kawasan BSD City. 

Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation, didukung pendanaan dari JICA, Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc. yang telah berhasil melakukan uji coba tahap pertama Navya Autonom® Shuttle di QBig BSD City pada bulan Mei hingga Juli lalu. 




Sayangnya tempat tinggalku jauh dari Green Office Park BSD City, coba kalau dekat aku pasti sudah kesana, saking penasarannya pengen bisa naik Navya Arma, autonomous vehicleautonomous vehicle ini. Beberapa hari yang lalu, ketika memesan Ojek Online, ternyata drivernya sudah memakai sepeda motor listrik. Aku excited banget, karena baru sekali ini mengetahui motor listrik. Suaranya halus banget dan kelihatan ringan gitu yaa.. 

Bapaknya juga menerangkan bahwa motor listrik ini motor sehat karena motornya bebas polusi. Dalam hatiku aku sudah pahamlah pak hahaha Itula mengapa aku terpesona melihatnya..

Ketika aku bertanya bagaimana cara menchargenya, ternyata si Bapak cerita kalau dia diberi dua baterry. Bapak itu bisa menchargernya sendiri di rumah atau dia bisa menukarkan battery kosongnya dengan yang penuh di Grab Longue yang sudah disediakan. Dan harganya murah bingit cuma 5000 rupiah. Satu battery itu bisa dipakai selama 6 jam. Wah bener-bener ekonomis yaa..

Rasanya lebih merasa aman ya melihat kendaraan listrik ini, karena ada keyakinan bahwa motor ini bebas polusi sehingga benar-benar bisa menjaga lingkungan kita. 

Oya buat kalian yang ingin mencoba naik AV ini, silakan naik dari Lobby Utama The Breeze. Cara nya hanya dengan memberikan pendapat mengenai AV melalui survei di aplikasi OneSmile. AV ini dapat di coba sampai tgl 21 December 2022. Selanjutnya AV akan dipamerkan di dalam area The Breeze mulai tanggal 22 Dec 2022 sampai tanggal 04 Jan 2023. Yuk ah, kapan lagi gitu lho.

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td