Inovasi IDN Media Di Tahun 2023

Rabu, 25 Januari 2023



Banyak data dan riset yang menyebutkan bahwa tahun 2023 akan terjadi resesi, hal ini bisa terjadi karena kondisi ekonomi yang memang belum stabil. Resesi ini diprediksi akan terjadi beberapa waktu mendatang. Kendati demikian, setiap perusahaan haruslah menyusun strategi agar tetap bisa bertahan menghadapi resesi ini.

Demikian juga dengan IDN Media, prediksi resesi ini tidak menghalangi IDN Media untuk menyusun inovasi dan terobosan yang akan dilakukan pada tahun 2023 agar tetap bertahan. Inovasi dan terobosan itu antara lain :

1. IDN Media sebagai platform yang tech-driven


IDN Media sebagai perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia yang berdiri pada 8 Juni 2014 saat ini telah mempunyai sekira 80 juta Monthly Active Users (MAU) . Dengan visinya untuk mendemokrasi akses informasi dan memberi dampak positif untuk masyarakat, IDN Media terus berkembang menjadi media platform berbasis teknologi. 
IDN sendiri mempunyai berbagai macam unit bisnis, meliputi empat kategori, yaitu
1.   Content platform yaitu  IDN
2. Digital Media, diantaranya adalah IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, GGWP.ID, Duniaku.com, Yummy, FORTUNE Indonesia 
3.  Commercial, antara lain   IDN Creative, ICE, IDN Event, IDN Programmatic OOH
4. Entertainment, antara lain  IDN Pictures dan JKT48.

2. Memiliki Fundamental Bisnis yang Kuat


IDN Media pada tahun 2022 berhasil berinovasi dan berkembang menjadi perusahaan media yang memberi pengaruh positif bagi bangsa Indonesia, walaupun banyak dinamika makro yang terjadi. 

Satu hal yang penting adalah adanya fundamental bisnis yang kuat untuk bisa menghadapi faktor eksternal perusahaan, yaitu dengan cara membangun bisnis yang memiliki nilai tambah bagi seluruh stakeholders. Oleh karena itu, IDN Media selalu mengutamakan memberi konten hiburan dan berita yang relevan untuk target audiens-nya yaitu Millennial dan Gen Z. Dan akan fokus menumbuhkan bisnisnya.

3.Mengembangkan Konten Live Streaming

IDN Media menyadari bahwa format konten yang disukai anak muda saat ini adalah live streaming, oleh karena itu IDN Media akan mempunyai visi untuk menumbuhkan bisnis live streaming ini. 

Hasil riset Indonesia Gen-Z Report 2022 yang dibuat oleh Research Institute, menyebutkan bahwa Gen Z lebih m3nyukasi konten berbasis video seperti live streaming yang menduduki posisi kedua setelah vidoe (75%). Untuk mengakomodir hal ini, IDN Media telah memiliki IDN Live di platform IDN Media.

Dan pada awal tahun 2023, IDN media meluncurkan fitur baru di IDN Live yaitu UGC feature redemption dan referral untuk memberikan kesempatan semua orang agar bisa berkarya menjadi streamers di IDN Live.

Fitur baru ini diharapkan akan membantu masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan. IDN Media akan terus berinovasi demi memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya generasi Gen Z.

4. Mengembangkan Creator Economy

Creator economy adalah sebuah industri yang melibatkan content creator atau influencer untuk
memasarkan produk dan jasa dari brand ke konsumen. 
Creator economy saat ini berkembang pesat karena generasi Millennial dan Gen-Z masih menganggap bahwa hubungan kreator dengan suatu perusahaan adalah penting sebagai salah satu indikator dalam keputusan mereka membeli produk dan jasa.

Di tahun 2023, IDN Media akan mengembangkan ekonomi kreator baik dalam bentuk marketing maupun bentuk lainnya melalui ICE (Indonesia Creator Economy). 

ICE merupakan platform kreator terbesar di Indonesia, yang memiliki visi untuk mendemokratisasi “creators economy” di Indonesia melalui teknologi.
 
Berbagai layanan yang diberikan ICE antara lain yaitu : 
1. content creator marketing, 
2. content creator trading, 
3. content creator representation, 
4. financial technology solutions, 
5. brand & product development. 

Pada tahun 2023 ini ICE juga akan meluncurkan platform website yang menawarkan kolaborasi tanpa batas antara brand dan kreator.

5. Optimis bertumbuh di Tahun 2023.


Berdasarkan survei resesi dari Bloomberg, Indonesia dianggap memiliki potensi mengalami resesi cukup rendah dibandingkan negara lain, yaitu hanya 3% saja.

Walaupun begitu banyak perusahaan tetap mengantisipasi, termasuk IDN Media. Bagaimanpun perubahan roda perekonomian akan memberikan dampak pada sektor manapun. Apalagi IDN Media bergerak di bidang media yang salah satu pendapatan perusahaan adalah dengan mengandalkan iklan.

Biasanya klien cenderung melakukan efisiensi biaya di saat krisis, dan yang dipotong adalah biaya untuk pemasaran. Hal ini tentu akan berdampak pada Industri media
.
Tetapi dari berbagai proyeksi dan analisis, tahun 2023 Indonesia dipastikan masih akan terus bertumbuh dan berkembang. Hal ini tentu berpengaruh pada IDN Media yang akan berada
dalam mode berkembang, dan tetap berpegang teguh pada prinsip kehati-hatian. 

Satu hal lagi pada tahun 2023, IDN Media akan tetap fokus menciptakan nilai tambah bagi seluruh
stakeholder. Hal ini dilakukan agar IDN Media tetap dapat mencapai visinya untuk mendemokratisasi informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sukses terus IDN Media.







1 komentar

  1. IDN ini sudah tidak asing lagi pastinya, rasanya setiap mencari artikel yang dipilih untuk kdikunjungi pasti dari IDN. Media terbesar yang satu ini menarik banyak peminat, apalagi di era digital seperti ini banyak yang mulai beralih ke arikel dan berbagai konten di media. Mantep inovasi barunya, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td