MEMPERINGATI HARI KUSTA SEDUNIA 2024 BERSAMA KBR

Sabtu, 03 Februari 2024




Siapa yang tak kenal penyakit Kusta? Penyakit yang mudah tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Kusta mudah menyebar di daerah yang jumlah populasinya tinggi dan mempunyai sanitasi buruk. Dengan keadaan lingkungan seperti itu bisa mengakibatkan masyarakat dengan kekebalan imunitas yang lemah, dan akhirnya menyebabkan adanya penyakit Kusta.

Indonesia sendiri menduduki urutan ketiga dengan penderita Kusta tertinggi. Kusta, atau kadang lebih dikenal dengan lepra adalah penyakit menular yang bisa menyerang siapa saja, baik bayi sampai orang lanjut usia. Kusta disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit ini biasanya menyerang kulit dan saraf bahkan organ dalam.  Penularan Kusta bisa terjadi melalui percikan cairan dari saluran pernapasan yaitu ludah atau dahak.

Dalam rangka memperingati Hari Kusta Sedunia, maka pada tanggal 30 Januari kemarin, diadakan talkshow webinar online untuk memperingati Hari Kusta Sedunia 2024. Peringatan Hari Kusta Sedunia 2024 yang diadakan oleh ruang publik KBR bersama NLR ini mengambil tema Unity, Act, and Eliminate. Dengan narasumber ibu Hana Krismawati, M. Sc - Pegiat Kusta dan Analis Kebijakan (Pusat Sistem dan Strategi Kesehatan-Minister Office) dan Bapak Agus WIjayanto MMID selaku Direktur Eksekutif NLR Indonesia, dengan moerator Rizal Wijaya melalui kanal YouTube Publik KBR.

Dalam kesempatan kali ini Ibu Hana menyampaikan bahwa kita harus membuka diri, menjadikan program penanganan kusta sebagai sesuatu yang inklusif bukan eksklusif. Sehingga lebih mudah dalam pemberantasan kusta. Ibu Hana menyayangkan masih adanya stigma terhadap OYPMK. 

Semoga dengan semakin sadarnya masyarakat terhadap penyakit Kusta ini maka berbagai permasalahan tentang penyakit Kusta dapat diatasi dengan baik. 




Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td