RAHASIA SUKSES MIE MAPAN MEMBANGUN BISNIS KELUARGA

Kamis, 29 Februari 2024




Siapa yang tidak tahu Mie Mapan? Hampir semua orang mengenal dan pernah mencicipinya. Apalagi 26 cabangnya kini sudah tersebar di seluruh Indonesia. 

Mie Mapan awalnya berangkat dari sebuah bisnis rumahan yang dikelola oleh sepasang suami istri. Mulai berdiri di tahun 1992 dengan terseok-seok dan penuh tantangan akhirnya kini Mie Mapan sudah terkenal dan disukai banyak orang.

Tidak mudah memang merintis sebuah usaha kuliner, Mie Mapan sendiri akhirnya baru berhasil membuka cabang pertama mereka pada tahun 2007. Dan kemudian semakin berkembang hingga sekarang sudah memiliki banyak cabang.



Kemarin saya berkesempatan bertemu dengan empat bersaudara generasi pertama Mie Mapan yaitu Jang Nathalia, Jang Inggrid, Jang Steven dan Jang Bambang. Seru sekali mendengarkan kisah mereka menceritakan bagaimana awal mulanya Mie Mapan ini berdiri.

Jang Steven sebagai direktur utama Bisnis ini menyampaikannya bahwa banyak pesan dari orang tua mereka yang selalu mereka ingat dan mereka patuhi sehingga bisnis kuliner ini bisa sesukses sekarang ini.

Seperti kita ketahui membangun bisnis keluarga tentulah menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Menyamakan persepsi agar mempunyai tujuan yang sama adalah hal yang sulit.



Berikut adalah beberapa rahasia sukses mereka sehingga Mie Mapan ini bisa berkembang dengan pesat :

1. Telaten

Diawal berdirinya Mie Mapan mereka cukup susah payah karena belum mempunyai pangsa pasar yang pasti. Tetapi walaupun begitu, mereka tetap telaten berjualan terus. 

2. Mau Kerja Keras

Satu hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah  harus selalu mau bekerja keras dan tidak boleh patah semangat. Siap bekerja keras untuk mencapai tujuan.

3. Menjaga mutu

Mutu adalah nomer satu. Jangan sampai karena sudah merasa laris manis lalu dikurangi bumbunya demi meraih untung yang lebih banyak. Bila hal itu dilakukan maka pelanggan yang kecewa bisa meninggalkan kita. Jadi mutu harus tetaplah dijaga.

4. Non stop Inovasi

Zaman yang begitu cepat berkembang, dan teknologi yang terus berganti, memaksa kita harus mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu inovasi juga harus dilakukan, seperti maraknya penjualan online yang menggunakan aplikasi maka Mie Mapan tak mau kalah juga selalu berinovasi mengikuti perkembangan teknologi.

5. Perhatian terhadap pelanggan 

Dan yang paling penting adalah selalu perhatian kepada pelanggan. Segala macam komplain yang ada sebaiknya diperhatikan dan ditindak lanjuti agar mereka tetap setia kepada kita. Jangan sampai complain mereka justru membuat kita marah tetapi sebaiknya complain mereka adalah untuk kebaikan dan introspeksi kita demi kemajuan bisnis ini.

Lima prinsip inilah yang selalu dipegang oleh Mie Mapan sehingga menjadi seperti sekarang ini, semakin maju dan pesat.

Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td