LAPTOP GAMING ASUS BERBASIS AI

Minggu, 24 Maret 2024




Siapa yang tak kenal ASUS dengan ROGnya? Republic of Gamers? Gak ada lawan deh pastinya. Nah, kali ini ASUS launching tiga laptop gaming yang sungguh keren. Yuk simak laptop apa aja ya..

Bertempat di hotel Sheraton Minggu lalu aku dan teman-teman blogger berkesempatan menghadiri acara ASUS yaitu untuk menyaksikan pemaparan product knowledge laptop gaming ASUS terbaru.



Sharing product knowledge itu sendiri disampaikan oleh Bapak Muhammad Firman selaku Head of Public Relation ASUS dibantu oleh Kak Nadia. Aku cuma terwow wow aja menyaksikan kecanggihan laptop gaming ASUS kali ini.

Yuk mari kita bahas satu persatu yaa

ROG ZEPHYRUS G16 (GU605)



1. Thinnest and Lightest

Ini adalah laptop 16-inci yang paling tipis, ringan, dan powerful di dunia gaess..
ROG Zephyrus G16 (GU605) hadir sebagai pelopor thin and light AI gaming laptop, yaitu tidak ada laptop gaming dengan layar 16-inci di dunia yang memiliki desain setipis dan seringan ROG Zephyrus G16 (GU605) ini gaes..
Ketebalan hanya 1,49 cm dan bobot hanya 1,85 Kg ckckck mantap nian..

2. Powered by AI

ROG Zephyrus G16 ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang telah dibekali oleh Intel® AI Boost untuk pemrosesan AI yang lebih optimal.

3. World’s 1st OLED Gaming Laptop with VRR

Mempunyai layar ROG Nebula Display yang menggunakan panel OLED, didukung teknologi G-SYNC® untuk kualitas visual dan pengalaman gaming terbaik.

4. Teknologi Audio dari Dolby Atmos 

ROG Zephyrus G16 (GU605) merupakan laptop gaming yang telah didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos. Tidak hanya itu, keduanya juga dibekali speaker yang ukurannya 25% lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan suara 40% lebih kencang. Bisa dikatakan sistem audio di ROG Zephyrus G16 *GU605) kali ini adalah yang terbaik di antara laptop gaming 16-inci lainnya.

5. AI Gaming Laptop 

ROG Zephyrus G16 (GU605) ini adalah AI gaming laptop, jadi bukan laptop gaming biasa. Ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI, fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI. Prosesor tersebut adalah komponen yang membuat ROG Zephyrus G16 (GU605) dikategorikan sebagai AI gaming laptop, yang lebih optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI.

Dalam prosesornya terdapat NPU Intel® AI Boost yang mampu mengakselerasi seluruh pemrosesan aplikasi berbasis AI. NPU tersebut adalah faktor utama mengapa ROG Zephyrus G16 (GU605) dapat menyandang gelar sebagai AI gaming laptop.


TUF GAMING A15




Ini adalah AI-powered gaming laptop paling terjangkau di Indonesia, yaitu TUF Gaming A15 (FA507U). Laptop gaming ini ditenagai oleh AMD Ryzen™ 8040 Series yang sudah dibekali Ryzen AI. Kehadiran Ryzen AI dapat membantu pengguna TUF Gaming A15 (FA507U) untuk menjalankan aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan efisien.

Kelebihannya antara lain :

1. Superior AI and Gaming Performance: Dibekali prosesor AMD Ryzen™ 8000 Series dengan Ryzen AI, chip grafis NVIDIA GeForce RTX 40 Series dengan max TGP, dan MUX switch.

2. Superior Durability: Satu-satunya laptop gaming entry-level dengan sertifikasi US Military Grade durability memastikan build quality terbaik.

3. Performance For All
Dirancang untuk semua gamers, ASUS TUF Gaming A15 terbaru hadir sebagai laptop gaming dengan harga terjangkau.

4. Prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang menjadi pusat performa TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan seri prosesor paling terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur ZEN 4 untuk CPU-nya dan RDNA™ 3 untuk GPU terintegrasinya. 

5. AI Gaming Laptop

Pada prosesor ini terdapat NPU berbasis XDNA™ yang mampu menghadirkan performa pemrosesan AI hingga 40% lebih tinggi. Dengan demikian, TUF Gaming A15 (FA507U) bukan hanya sekadar tampil sebagai laptop gaming biasa, tetapi merupakan AI gaming laptop yang sesungguhnya.

6. Sistem Pendingin yang cangguh

TUF Gaming A15 (FA507U) juga dibekali sistem pendingin canggih dengan dua kipas yang mampu menangani berbagai beban kerja, mulai dari gaming, content creation, hingga ekperimen AI. ASUS juga membekali TUF Gaming A15 (FA507U) dengan MUX Switch untuk memaksimalkan performa GPU dan memberikan fleksibilitas lebih kepada para pengguna AI gaming laptop ini.

ROG ZEPHYRUS G14

1. Ultra Thin and Light 

ROG Zephyrus G14 merupakan AI gaming laptop paling ringan dan paling tipis di dunia dengan bobot hanya 1,5 Kg dan ketebalan hanya 1,59 cm. 

2. Powered by AI

ROG Zephyrus G14 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang telah dibekali oleh Ryzen™ AI untuk pemrosesan AI yang lebih optimal. Prosesor tersebut adalah komponen yang membuat ROG Zephyrus G14 (GA403) dikategorikan sebagai AI gaming laptop. Berkat prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series, ROG Zephyrus G14 (GA403) tidak hanya tampil dengan performa yang lebih superior dibandingkan pendahulunya, tetapi juga lebih optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI.

Prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang menjadi komponen inti ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan seri prosesor paling terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur ZEN 4 untuk CPU-nya dan RDNA™ 3 untuk GPU terintegrasinya. Yang paling membedakan prosesor ini dengan seri sebelumnya adalah terdapatnya NPU berbasis XDNA™ yang mampu menghadirkan performa pemrosesan AI hingga 40% lebih tinggi.

3. World’s 1st OLED Gaming Laptop with VRR

Dibekali layar ROG Nebula Display yang menggunakan panel OLED, didukung teknologi G-SYNC® untuk kualitas visual dan pengalaman gaming terbaik.

Bukan sembarang OLED, panel layar yang digunakan di ROG Zephyrus G14 (GA403) sudah dibekali dengan teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC sehingga memastikan pengalaman gaming terbaik tanpa tearing atau stuttering. Ini adalah kali pertamanya sebuah laptop gaming hadir dengan layar OLED berteknologi VRR.

4. Edge to edge keyboard

Penggunaan CNC-machine chassis juga memungkinkan ROG Zephyrus G14 (GA403) memiliki ruang ekstra untuk keyboard serta sistem audio yang lebih baik. ROG Zephyrus G14 (GA403) hadir dengan desain edge-to-edge keyboard yang memiliki ukuran tombol lebih besar serta jarak antar tombol lebih rapat sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya. Keyboard tersebut juga ditemani oleh touchpad yang ukurannya lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga memungkinkan navigasi dan kontrol yang lebih baik.

5.  Teknologi Audio Dolby Atmos

ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan laptop gaming yang telah didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos. Tidak hanya itu, keduanya juga dibekali speaker yang ukurannya 25% lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan suara 40% lebih kencang. Speaker tersebut merupakan yang terbaik yang bisa ditemukan di laptop gaming thin and light seperti ROG Zephyrus G14 (GA403).

Nah tiga-tiganya punya kelebihan masing-masing nih, selamat memilih ya gaes... Oya ASUS juga menyediakan perlindungan berupa garansi internasional untuk service dan sparepart selama dua tahun. Sepanjang masa garansi, pengguna dapat melakukan perbaikan dan penggantian sparepart secara cuma-cuma selama kerusakannya bukan diakibatkan oleh kelalaian pengguna. Untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna, ASUS menyediakan perlindungan bernama ASUS Perfect Warranty di tahun pertama.

Duh kurang keren apalagi ASUS ini yaa, semua demi customer dipenuhin deh. So, grab it fast gaes.. Mau beli laptop, ya ASUS dooong...








Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td